• Home
  • Sumut
  • Ada 5 Tempat Prioritas Destinasi Pariwisata Salah Satunya Danau Toba
Rabu, 11 Desember 2019 | 20:28:51
*Gubsu Edy Rahmayadi Buka Festival Danau Toba ke 7

Ada 5 Tempat Prioritas Destinasi Pariwisata Salah Satunya Danau Toba

Foto/Ist

aktualonline.com.MEDAN ||| Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membuka secara resmi Festival Danau Toba ke-7 di Open Stage Pagoga, Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Senin (9/12/2019).

 

Acara berlangsung selama 4 hari hingga 12 Desember 2019 mendatang.

 

Pembukaan Festival Danau Toba (FDT) ke-7 ditandai dengan pemukulan gondang oleh Gubernur Edy Rahmayadi didampingi Bupati Simalungun JR Saragih, Walikota Siantar Hefriyansah, Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Opungsunggu, Forkopimda Sumut dan Simalungun.

 

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dr Ria Telaumbanua selaku ketua panitia menyampaikan, FDT merupakan event tetap tahunan yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut dengan masa pelaksanaan selama 4 hari.

 

“FDT 2019 ditetapkan di Open Stage Pagoda Parapat. Ada pun maksud dan tujuan dari event ini, yaitu memperkenalkan serta mempromosikan Danau Toba sebagai kawasan pariwisata nasional di Indonesia. Menyatukan budaya bangsa dan memperkuat persatuan bangsa, sekaligus mengenalkan keajaiban Danau Toba ke seluruh dunia dan menambah jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara yang datang ke Danau Toba ini,” katanya.

 

Ria merinci, rangkaian kegiatan yang telah dilakukan menyambut FDT yaitu Festival Tradisional di Kabupaten Toba Samosir, penanaman pohon di seputar Danau Toba dan pembersihan kawasan Danau Toba.

 

“Selain itu, tari kolosal multi etnis, kegiatan seni serta rekor muri juga telah dilaksanakan sebelumnya,” terang Ria.

 

Sementara itu, Walikota Pematangsiantar Hefriansyah sekaligus mewakili Bupati Simalungun JR Saragih, menyambut baik kegiatan festival yang dilaksanakan di Danau Toba.

 

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara yang telah membuka FDT. Kami tetap berupaya memberi yang terbaik, mulai dari pelayanan spirituality kepada tamu yang berkunjung ke Danau Toba,” katanya.

 

Gubernur Sumut, Edy Ramahyadi mengatakan, masyarakat Sumatera Utara layak bersyukur karena bisa menikmati alam yang begitu indah di dunia, yaitu Danau Toba.

 

“Di Indonesia ada lima tempat yang menjadi prioritas destinasi pariwisata, termasuk Danau Toba,” ungkap Edy.

 

“Yang masuk Destinasi di Indonesia ada lima, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, kedua adalah di Jawa Tengah, ketiga di Sulawesi Utara, ke empat adalah di NTT dan Bali. Oleh karena itu, kepada seluruh bupati/walikota serta masyarakat di pinggiran Danau Toba supaya tetap menjaga kelestarian alam Danau Toba ini,” imbuhnya.

 

Amatan di lokasi, setelah acara pembukaan, Gubernur selanjutnya melakukan penandataganan prasasti yang kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan berupa tari-tarian beberapa etnis.Acara FDT juga dihadiri Direktur Badan Otorita Danau Toba, Arie Prasetio. ||| Samsidar Saragih

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 28 Januari 2020 | 00:09:08
PD Pasar Milik Pemko Medan Bukan Milik Pribadi
Senin, 27 Januari 2020 | 14:47:40
MTQ tingkat Kecamatan Padang Bolak Meriah
Minggu, 26 Januari 2020 | 13:33:41
Polsek Medan Kota Tembak Pelaku Pencurian Sepeda Motor
BERIKAN KOMENTAR
Top