Minggu, 12 Januari 2020 | 23:41:48
*Peringati Hari Sejuta Pohon

Polres Belawan Peduli Penghijauan

Foto/Ist
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Polres Pelabuhan Belawan menggelar apel bersama sekaligus peringatan hari sejuta pohon serta program Kapolri peduli.

Apel bersama dengan intansi terkait itu dilaksanakan di Lapangan Apel Polres Pelabuhan Belawan, Jalan Pelabuhan Raya No. 1 Belawan, Sumatera Utara, Jumat (10/01/2020) pagi sekira pukul 08.30.

Dalam apel hadir juga Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP M. Rahmani Dayan, Wakapolres Kompol Zonni Aroma Siregar, Kabag Ops M. Nasution, Kabag Sumda AKP Waskita Sheena Sari, Kasat Lantas AKP M.H Sitorus, Kasat Intelkam AKP Syarial Siregar, Kasat Shabara AKP Hendri Sihotang, KBO BInmas Iptu M, mewakili Danyonmarhanlan I Belawan Kapten Robby Barus beserta Prajurit YonmarhanlanI I, mewakili Dan Lantamal Mayor Priatno, mewakili Danpomal Belawan, Koramil 09 Belawan, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan hidup, Dinas Pertanaman, Pramuka dan para pelajar.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan, peringatan hari sejuta pohon serta program Polri peduli penghijauan merupakan bentuk kecintaan, dan kepedulian Pilri terhadap bumi.

“Di mana kita hidup secara umum, dan kita menyadari bahwa penanaman pohon berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus menyediakan hasil hutan kayu, kebutuhan pangan, ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk oksigen, rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati,” ungkap Kapolres.

Dirinya mengakui, saat ini dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak, pencemaran udara yang mengakibatkan langit di atas kurang cerah, dikarenakan penuh dengan gas polusi.

“Sedangkan lahan di sekitar kita sering terlihat gersang dan banyaknya hutan yang dirusak, sehingga pada musim hujan kita mengalami bencana banjir dan sebaliknya pada musim kemarau kita mengalami kekeringan. Hal ini merupakan pertanda bahwa kondisi lingkungan kita mulai rusak, sehingga tidak berfungsi secara pptimal,” pungkas Kapolres.

Melalui peringatan dan penanaman sekitar 1.200 pohon ini diharapkan dapat mencegah banjir, tanahnya longsor serta mengurangi polusi udara, sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

“Gerakan Polri peduli penghijauan merupakan salah satu aksi konkrit dan upaya nyata yang dilaksanakam secara serentak dan berkesinambungan di seluruh Indonesia untuk memulihkan kondisi alam yang tandus dan kering sekaligus membangun Kesadaran masyarakat untuk menanam pohon,” tandasnya.

Usai apel bersama, seluruh hadir dibagi beberapa kelompok wilayah untuk penanaman pohon yakni di arena Tugu Buaya Kampung Salam, di depan SMA Hangtuah Belawan, di depan Mako Polres Pelabuhan Belawan dan beberapa tempat lainnya.||| Samsidar Saragih

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 24 Januari 2020 | 13:23:01
Maret Mendatang Raja Belanda Ke Danau Toba
Kamis, 23 Januari 2020 | 11:07:27
Pendawa Sumut Akan Gelar Silaturrahmi Akbar
BERIKAN KOMENTAR
Top