• Home
  • Sumut
  • Tim Terpadu Paluta Nyatakan: Belum Ada Warga Terpapar
Jumat, 20 Maret 2020 | 20:23:44
* Terkait Penanganan Percepatan Penanganan Covid-19

Tim Terpadu Paluta Nyatakan: Belum Ada Warga Terpapar

aktualonline.com/Sahnan Harahap
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA ||| Tim Terpadu Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui juru bicara yang ditunjuk yakni Lairar Rusdi Nasution SSTP menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada warga yang diketahui terpapar oleh Covid-19 di daerah kabupaten Paluta.

 

Hal tersebut disampaikannya kepada sejumlah awak media saat melakukan konferensi pers di posko tim terpadu, kantor Bupati Paluta, Jum'at (20/3) pada pukul 11.00 WIB.

 

Namun, ia menyampaikan bahwa ada 40 orang yang masuk dalam status orang sehat dalam pengawasan (OSDP) di Paluta.

 

"Ke 40 orang tersebut sudah dilakukan penanganan dengan melakukan wawancara langsung dan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis. Dan untuk saat ini seluruhnya masih dinyatakan negatif," sebut Lairar Rusdi didampingi Kepala BPBD Paluta Khairul Harahap beserta anggota tim terpadu lainnya.

 

Meski begitu, ke 40 OSDP  tersebut masih terus dilakukan pemantauan minimal selama 14 hari kedepan sejak yang bersangkutan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Sebab katanya, 40 OSDP tersebut diketahui pernah melakukan perjalanan ke daerah yang terdeteksi merupakan daerah yang terpapar Covid-19. Dan bahkan beberapa diantaranya diketahui pernah melakukan perjalan ke luar negeri.

 

“Kita akan terus melakukan pengawasan selama 14 hari kedepan sesuai dengan SOP yang ditetapkan,” ujarnya.

Meski begitu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Paluta ini mengimbau kepada masyarakat Paluta untuk menjaga kesehatan dan tidak panik dalam menghadapi situasi sekarang ini. Dan bila ada keluhan atas gejala seperti ciri-ciri Covid-19 agar segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas kesehatan atau Puskesmas terdekat.

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada para kepala desa agar menyampaikan kepada warga untuk mengurangi dan meminimalisir kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa.

 

"Dan kepada rekan-rekan pers diharap untuk tidak membuat kalimat-kalimat teknis yang kurang dipahami masyarakat dan tidak membuat bahasa yang dapat menimbulkan kecemasan dan kepanikan ditengah warga," harapnya.

 

Iairar," juga menyampaikan bahwa setelah dibentuknya tim terpadu percepatan penanganan Covid-19 yang dipimpin oleh Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, sudah dilakukan sejumlah dangkah dan upaya seperti pendirian posko-posko terpadu, penyuluhan dan penyampaian informasi kepada masyarakat dan langkah-langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

 

Ia juga menyebutkan bahwa hingga hari ini belum ada warga atau pasien yang diketahui positif mengidap atau terpapar Covid-19 di daerah kabupaten Paluta. Untuk itu, masyarakat dihimbau agar warga tidak terlalu panik dan resah.

“Ada 9 posko yang didirikan selain posko utama ini, yakni 8 puskesmas dan 1 posko di bandara Aek Godang yang dilengkapi dengan petugas medis dan alat pelindung diri. Dan sampai saat ini belum ada warga atau masyarakat yang diketahui terpapar Covid-19,” pungkasnya.||| Sahnan Harahap

 

 

 

 

Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Minggu, 29 Maret 2020 | 00:01:11
Pemkab Samosir Optimalkan Penyemprotan Disinfektan
BERIKAN KOMENTAR
Top