• Home
  • Sumut
  • Pemkab Samosir Pantau Gerbang Masuk Melalui Jalur Darat dan Danau
Kamis, 26 Maret 2020 | 11:44:15
*Cegah Pandemi Covid -19

Pemkab Samosir Pantau Gerbang Masuk Melalui Jalur Darat dan Danau

aktualonline.com/Parjo N
Pemkab Samosir Pantau Gerbang Masuk Melalui Jalur Darat dan Danau
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com SAMOSIR ||| Pemerintah Kabupaten Samosir tetap pantau gerbang-gerbang masuk ke Samosir melalui jalur darat dan danau untuk pencegahan dan penanganan pandemi COVID-19. Bupati Samosir, Rapidin Simbolon didampingi tim dari SKPD terkait didukung oleh TNI/Polri monitoring langsung pada spot-spot gerbang masuk ke Samosir. “Kita jangan lengah, satu orang pun jangan ada yang tidak terpantau melalui gerbang masuk ke Samosir,” ungkapnya bersemangat pada saat memberikan arahan kepada para petugas di lapangan.

Bupati Samosir didampingi oleh Sekdakab Samosir, pimpinan OPD terkait, anggota DPRD Samosir, Camat Simanindo, dan TNI/Polri meninjau langsung pengukuran suhu tubuh dengan thermoscanner dan penyemprotan disinfektan di pelabuhan Simanindo, Ambarita, dan Tomok. Pada saat yang sama, Dinas Kominfo Samosir juga menempelkan himbauan dan informasi terkait COVID-19 di beberapa kedai di sekitar pelabuhan.

Rapidin Simbolon menekankan agar petugas di lapangan melakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan terhadap orang-orang yang masuk ke Samosir. Dalam arahannya kepada petugas dan pemilik kapal di lapangan, dia menekankan agar pemilik kapal melakukan penyemprotan disinfektan sebelum memasukkan penumpang ke kapal mereka sehingga tercipta rasa nyaman bagi para penumpang.

Ketika ditanya terkait upaya yang telah dilakukan di gerbang masuk ke Samosir, Nimpan Karokaro, Kepala Dinas Kesehatan, menyatakan hal dasar telah dilakukan untuk pengendalian pandemi COVID-19. “Ketika kita telah beraktivitas di luar rumah, sebaiknya hal pertama yang kita lakukan di rumah adalah mandi dan mencuci pakaian yang telah dipakai,” paparnya. Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Samosir tengah menunggu alat Rapid Test untuk deteksi COVID-19 secara dini. “Hal efektif yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah tinggal di rumah sambil menunggu batas hari yang ditetapkan,” harapnya terkait pandemi COVID-19.

Malam ini (Selasa, 24/3/2020), Bupati Samosir akan memimpin rapat evaluasi terkait upaya-upaya yang telah dilakukan dalam pengendalian COVID-19 di Kabupaten Samosir. Rapat ini akan membahas secara komprehensif untuk pencegahan dan penanganan COVID-19 melalui kordinasi lintas SKPD untuk langkah-langkah yang efektif dalam bentuk kebijakan yang akan dikeluarkan.

Anggota DPRD Samosir, Parluhutan Samosir, menyampaikan terima kasih atas nama rakyat Samosir kepada Bupati Samosir dan para petugas di lapangan atas upaya-upaya nyata yang telah dilakukan dalam mencegah masuknya COVID-19 ke Samosir. Dia juga meminta agar Pemkab Samosir mempersiapkan kelengkapan peralatan standar bagi para petugas di lapangan dalam menangani pengukuran suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Pada kesempatan itu, Parluhutan Samosir memberi usulan agar jadwal pengoperasian kapal paling lama pukul 18.00 WIB setiap harinya selama pandemi COVID-19.

Di tengah-tengah pengukuran suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan, seorang supir truk pengangkut bahan bangunan menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Samosir atas layanan yang diberikan di dermaga pelabuhan Tomok dan mereka mengapresiasinya.

Di akhir monitoring, Rapidin Simbolon memberikan pemahaman kepada para awak kapal untuk memberikan penjelasan kepada para penumpang tentang SOP yang akan dijalankan ketika menurunkan mereka di dermaga tujuan Samosir dan mengikuti prosedur yang dilakukan para petugas dengan tenang.||| ParjoN

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 29 Maret 2020 | 00:01:11
Pemkab Samosir Optimalkan Penyemprotan Disinfektan
BERIKAN KOMENTAR
Top