• Home
  • Sumut
  • Penyaluran Sembako di Kelurahan Binjai Berkerumun,Dinilai Langgar Karantina Kesehatan
Rabu, 20 Mei 2020 | 14:37:29
* Dibagi Hingga Tengah Malam

Penyaluran Sembako di Kelurahan Binjai Berkerumun,Dinilai Langgar Karantina Kesehatan

Foto/Ist
Penyaluran Sembako di Kelurahan Binjai Berkerumun,Dinilai Langgar Karantina Kesehatan
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN ||| Warga Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai yang hadir di penyaluran sembako dari Pemerintah Kota (Pemko)  tahap Ke-2 terlihat mengabaikan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Karantina Kesehatan  dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. Penyaluran Sembako digelar di Kantor Kelurahan Binjai,Jalan Raya Medan Tenggara No.276,Kecamatan Medan Denai,Medan,Selasa (19/5/2020) Malam. 

 

Pasalnya, penyaluran pembagian beras itu, dihadiri mencapai ratusan warga hingga tidak lagi mengindahkan phyisical distancing satu sama lain.Akibatnya, ditengarai rawan menyebabkan penyebaran Covid-19 ditengah- tengah warga yang hadir.

 

Menurut salah satu warga Kelurahan Binjai yang tidak mau menyebutkan namanya kepada media AKTUAL ONLINE mengatakan, Ia mendapat informasi dari Kepala Lingkungan (Keeling) bahwa sudah ada penyaluran beras bantuan dari Pemko Medan. 

 

"Saya dapat informasi dari Kepling, bahwa sudah ada pembagian beras di Kelurahan Binjai. Namun, Penyalurannya dilakukan di Kantor Kelurahan Binjai mulai pukul 19.00 Wib malam ini. Padahal, penyaluran sembako dari Pemko Tahap pertama dilakukan di rumah kepling setempat, " ujarnya. 

 

Menurutnya, Pembagian sembako tersebut berupa beras 20 Kg dan Gula 2 Kg dapat menimbulkan penyebaran Virus Covid-19 dimana warga berkerumun mendatangin Kantor Kelurahan Binjai sejak Pukul 19.00 Wib malam. 

 

"Khawatir juga saya mengambil sembakonya bang, karena warga membludak mendatangin kantor lurah dan pembagiannya dilakukan pada malam hari,dimana wabah Virus Covid-19 rentan timbul dimalam hari dengan cuaca dingin sesuai informasi yang pernah saya dengar. Kalau ada warga yang berdampak Virus Covid-19 pasti bisa menular bagi warga lain, Mudah-mudahan aja tidak ada warga yang datang terkena Virus Covid-19, " Ucapnya saat ditemui awak media aktualonline.com di Kantor Lurah Binjai. 

 

Sementara Lurah Binjai, Dartaswin mengatakan penyaluran sembako tahap Ke-2 dari Pemko Medan baru tiba di Kantor Kelurahan Binjai,Selasa (19/5/2020) sebanyak 2000 Paket Sembako. 

 

"Bantuan sembako untuk tahap I dari Pemko Medan berupa beras 20 Kg dan Gula 2 Kg baru tiba hari ini sebanyak 2000 paket, dimana kita langsung membagikannya kepada warga, saya langsung intruksikan kepling supaya memberikan informasi kepada setiap warganya yang sudah didata sebelumnya supaya datang ke Kantor Kelurahan untuk mengambil Sembako, " Ujar Dartaswin saat ditemui di Kantor Kelurahan Binjai, Selasa (19/5/2020)  Malam. 

 

Menurutnya, Warga Kelurahan Binjai ,Kecamatan Medan Denai mendapat sembako sebanyak 4873 Paket, sesuai pendataan kepling dilingkungannya masing-masing. 

 

"Gelombang pertama, Kelurahan Binjai baru dapat 2000 paket sembako dari 4873 KK yang sudah didata. Malam ini, Kelurahan Binjai membagikan untuk 8 Lingkungan dari 20 lingkungan yang ada di Kelurahan Binjai. Adapun warga yang dapat sembako dari Lingkungan 1,4,19,15,13,17,8 dan 18.Adapun cara pembagiannya dilakukan oleh kepala Lingkungan (Kepling_red) masing-masing dan tidak melibatkan staff Kelurahan Binjai, " Ujar Dartaswin saat memantau pembagian sembako di Kantor Kelurahan Binjai. 

 

Saat ditanya awak media Mengapa pembagian Sembako dilakukan di Kantor Kelurahan Binjai dengan banyaknya warga yang datang berkerumun sehingga dapat menimbulkan penyebaran Virus Covid-19 , Dartaswin menjelaskan, Bahwa hal tersebut sesuai intruksi Camat Medan Denai. 

 

"Saya dapat intruksi dari Camat Medan Denai, Agar segera menyalurkan sembako kepada warga dan dilakukan di Kantor Kelurahan Binjai, " Ucapnya. 

 

Lebih lanjut, Dartaswin mengatakan,Ia tidak menyangka warga datang membludak dan memenuhi pekarangan Kantor Kelurahan Binjai. 

 

"Saya tidak menyangka membludaknya warga datang, sehingga pihak Kelurahan dan Kepling tidak dapat membendung nya. Kami memaklumi dengan situasi dampak Covid-19, karena warga sudah lapar dan sebentar lagi umat muslim akan merayakan Idul Fitri, " Ujarnya mengakhiri. 

 

Pantauan aktualonline.com.di lokasi, pembagian sembako di Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai masih berlangsung hingga pukul 23.00 Wib. Warga datang berkerumun dan ada juga warga yang tidak menggunakan masker serta tanpa adanya pemeriksaan suhu badan buat warga yang datang ke Kantor Kelurahan untuk mengambil Sembako, Sehingga terindikasi dapat menimbulkan penyebaran Virus Covid-19.||| Antoni Pakpahan

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Sabtu, 30 Mei 2020 | 23:04:55
Akhyar Kunjungi Anak Kurang Gizi
Kamis, 28 Mei 2020 | 23:55:33
Polsek Patumbak Ringkus Bolot Pelaku Curanmor
BERIKAN KOMENTAR
Top