• Home
  • Sumut
  • BPD Motung Bantu Pengebumian NS Korban DBD Dikebumikan Mengikuti Protokoler Kesehatan Covid-19
Selasa, 2 Juni 2020 | 15:19:48
* Polres Toba Turun Tangan

BPD Motung Bantu Pengebumian NS Korban DBD Dikebumikan Mengikuti Protokoler Kesehatan Covid-19

aktualonline.com/Jes Sihotang
BPD Motung Bantu Pengebumian NS Korban DBD Dikebumikan Mengikuti Protokoler Kesehatan Covid-19
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com. AJIBATA ||| Salahseorang warga Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba diserang penyakit Demam Berdarah (DBD), namun telah dikebumikan di Motung ala' Protokler Standart Kesehatan Covid19' karena tidak ada warga sekampung yang bersedia menguburkannya, Senin (1/6/2020) dibantu tim relawan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD Motung) sekitar pukul 18.30 Wib.

 

Saat hal ini dikonfirmasi kepada Camat Ajibata Tigor Sirait, Selasa (2/6/2020) membenarkan warganya itu dikebumikan secara protokelr Covid19,  dibantu tim relawan dan warga, pengebumian itu langsung ditangani Tim dari Polres Toba memakai Alat Pelindung Diri, Ujar Tigor.

 

Camat juga menyampaikan bahwa alm NS tidak pernah bepergian kemana-mana, hanya keladang dan kerumahnya, saat dia mengalami DBD, dia dibawa ke rumah Bidan Desa, namun demamnya tidak turun-turun, selanjutnya dibawa ke Puskesmas Ajibata, lalu dirujuk ke RSU IGD Parapat.

 

Malam itu juga (Minggu malam,red) pihak medis melakukan Rapid test, dan dinyatakan reaktif, bisa saja karena panasnya tidak turun-turun, namun sebelum hasil Swab nya keluar, yang bersangkutan telah meninggal dunia.

 

Mungkin faktor rapidtest inilah membuat warga takut untuk mengebumikannya tanpa APD,  lalu saya hubungi Pak Asisten I, selanjutnya menghubungi Tim Gugus Toba, Tim Gugus menghubungi Polres Toba hingga akhirnya NS dikebumikan Senin sekitar pukul 19.00 Wib, sebab pihak RSU Parapat menyampaikan hanya 4 jam mayat bisa ditunggu di Instalasi Jenazah RSU Parapat, Ujarnya.

 

TIM POLRES BANTU PENGUBURAN

 

Dari kronologi sebelumnya, Kabag Ops Polres Tobasa Kompol Efendi Sinaga mendapatkan informasi dari Gugus Tugas Covid-19 bahwa ada jenazah yang enggan dikuburkan oleh masyarakat sekitar, karena diduga sebagai Pasien Covid-19.

 

Kemudian Kabag Ops melaporkan peristiwa tersebut kepada Kapolres Tobasa AKBP Akala Fikta Jaya, S.I.K. Selanjutnya, Kapolres  mengambil inisiatif dan memerintahkan Kabag Ops Kompol Efendi Sinaga agar segera melakukan bantuan dalam pelaksanaan Pengebumian melalui Kapolsek setempat, dalam hal ini Polsek Lumban Julu.

 

Setelah menerima arahan, Kapolsek Lumban Julu AKP R. Sembiring bersama anggota dan tim petugas kesehatan juga Kepala Desa dan Camat Ajibata akhirnya terjun langsung turun tangan melaksanakan proses pengebumian jenazah, dengan mengikuti Protokoler Kesehatan Covid-19, juga dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Kapolsek beserta tim melaksanakan tugas ini dengan penuh ikhlas hati sebagai amal ibadah dan berharap rasa nyaman dan kondusif tetap terpelihara khususnya untuk masyarakat di wilayah Hukum Polsek Yang turut hadir Kapolsek Lumbanjulu AKP Robinson Sembiring ,Camat Ajibata Tigor Sirait,Team Medis,Aiptu Sudung  Siringoringo didampingi warga dari pihak keluarga.||| Jess

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Rabu, 5 Agustus 2020 | 12:03:49
Peresmian Penginapan Pandora Residen Di Kota Medan
Senin, 3 Agustus 2020 | 23:55:34
Moda Transportasi Danau Toba Kembali Menggeliat
BERIKAN KOMENTAR
Top