• Home
  • Sumut
  • SMA Negeri 8 Medan Kutip Uang Daftar Ulang Siswa Kelas XI & XII
Sabtu, 11 Juli 2020 | 16:42:13
* Tak Peduli Pademi Covid 19

SMA Negeri 8 Medan Kutip Uang Daftar Ulang Siswa Kelas XI & XII

BERITA TERKAIT:
aktualonline.com.MEDAN ||| Pademi Covid 19 telah melululantakkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat dunia termasuk juga bangsa Indonesia. Efek buruk ini juga begitu menggerogoti kondisi ekonomi masyarakat di Kota Medan terutama bagi bagi para orang tua yang anak-anaknya akan memasuki tahun ajaran baru disekolah pada bulan Juli ini.

Tentu ditengah krisis keuangan  akibat dampak covid 19 ini, para orang tua berharap beban pendidikan anak-anaknya dapat dipermudah dengan kebijakan pihak sekolah. Namun, harapan ini hanya pepesan kosong dan sepertinya tidak berlaku di Sekolah Menengah Negeri Atas �" Negeri 8 di Medan.

Betapa tidak, para pengelola pendidikan di sekolah yang dibiayai  pemerintah ini, justru menetapkan kebijakan daftar ulang bagi siswanya yang duduk di Kelas XI dan XII dengan dilabeli persyaratan harus dilakukan segera pembayaran uang sekolah sebesar Rp 150.000/siswa dibulan July ini.

Penelusuran Aktual di sela-sela pendaftaran ulang siswa disekolah ini, menemukan sejumlah siswa terpaksa gagal mendaftar ulang dikarenakan tidak membawa uang sekolah sebagaimana dipersyaratkan pimpinan sekolah.

2 orang siswa yang enggan disebutkan namanya kepada Aktual, pekan ini menyebutkan mereka sama sekali tidak diberitahu tentang adanya kewajiban harus membayar uang sekolah bulan Juli ketika diminta untuk melakukan daftar ulang. Padahal sebagai siswa yang sudah mengikuti pendidikan selama ini disekolah tersebut, seharusnya ketika mereka menerima raport diakhir tahun ajaran lalu, pihak sekolah sudah menyampaikan kebijakan tersebut dan hal-hal lainnya berkaitan dengan kewajiban sekolah.

“ Kami enggak tahu pak,  ada bayar-bayar disekolah karena hanya diinformasikan daftar ulang, namun begitu tiba disekolah ada pengumuman harus bayar semua kewajiban. Bila tidak, ya tidak bisa daftar ulang”, kata siswa tersebut seperti hampir menangis.

Ditambahkan siswa lainnya kepada Aktual, dirinya menjadi terbebani dengan adanya pengumuman dari pihak sekolah yang mengharuskan adanya pembayaran kewajiban siswa tersebut, mengingat saat ini kondisi ekonomi orang tuanya benar-benar sangat buruk.

“ Ngak tahulah Pak, mau kayak mana ngomongin ke mamak dirumah. Kami aja sudah pas-pas kali hidup dirumah. Belum lagi selama 3 bulan terakhir ini harus belajar online dirumah, habis biaya paket data..Ngak tahu lah pak..bisa ngak kami ini sekolah lagi kalau belum bayar biaya tersebut, “ kata si anak sambil terdiam sejenak.    

Berkaitan dengan kebijakan pihak sekolah ini, Aktual mendapatkan sejumlah selebaran perihal pengumuman daftar ulang bagi siswa kelas XI dan XII tahun ajaran 2020/2021 dengan sejumlah persyaratan pembayaran biaya-biaya sebagai kewajiban siswa kepada sekolah. Dimana untuk daftar ulang siswa Kelas XI dan XII tersebut, syarat syarat pendaftaran ulang salah satu poin di jelaskan siswa diminta menyelesaikan kewajiban sekolah.

* Lando Rajagukguk : Saya meneruskan kebijakan lama

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMAN 8 Medan, Lando Rajagukguk S.Pd, yang ditemui Aktual diruang kerjanya hanya menuturkan pernyataaan bahwa berkaitan dengan hal tersebut dirinya sebatas menjalankan meneruskan program kerja Kepala Sekolah yang lama. Lando  mengaku dirinya baru menjabat 2 bulan sebagai Kepala Sekolah SMAN 8 Medan.

Selain menyebutkan dirinya hanya meneruskan kebijakan Kepsek yang lama, Lando juga menambahkan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban yang harus dibayarkan siswa merupakan suatu kesepakatan bersama yang disepakati ketika dirinya belu menjabat sehingga bagi dirinya hal dimaksud bukan suatu masalah yang penting untuk dipersoalkan.  

“Segala bentuk sumbangan dan kewajiban disekolah ini merupakan hasil kesepakatan setahun yang lalu dan saya hanya meneruskan melaksanakan kebijakan tersebut. “ kata Lando.

Berkaitan dengan keluhan ortu siswa didik di situasi pademi Covid 19 ini, Lando menjabarkan bahwa cukup banyak orang tua siswa didik yang kurang mampu membayar kewajibannya data ke sekolah dan dari hasil rapat diputuskan dibebaskan dan tidak dipaksakan dari kewajiban sumbangan dimaksud.

Berkaitan adanya Surat Edaran ( SE ) Dinas Pendidikan Sumut tentang larangan kutipan kewajiban  daftar ulang siswa, Lando menegaskan pihaknya tetap mematuhi SE tersebut tanpa ada paksaan bagi siswa membayar kewajiban dan tetap menjalankan kewajiban bagi siswa belajar secara online di rumah.

Lando juga mengungkapkan kepada Aktual, bahwa sampa saat ini ada tunggakan sekitar Rp 250 juta uang Komite Sekolah yang belum dilunasi siswa dan hampir 900 orang siswa disekolah yang dipimpinnya ini masih memiliki tunggakan uang sekolah dengan variasi siswa yang menunggak ada sampai 4 bulan.   

*GARDASI Nilai Kepsek SMAN 8 Tak Profesional

Menyikapi pernyataan Kepala Sekolah SMAN 8 Medan Lando Rajagukguk yang hanya meneruskan kebijakan mantan Kepala Sekolah terdahulu, Direktur GARDASI Eddy Simatupang, di Medan, ketika ditemui Aktual, Jumat, pekan ini menyebutkan bahwa Lando bukan sosok yang professional dan layak sebagai Kepala Sekolah.

Disebutkan Eddy, sebagai pimpinan yang mengelola sekolah yang sudah cukup lama berdiri di Medan terlebih dalam memasuki tahun ajaran baru, Kepala Sekolah harus mempunyai program dan rencana kerja yang matang dan bukan meneruskan kebijakan Kepala Sekolah yang terdahulu.

Seharusnya, dipaparkan Eddy, program dan rencana kerja harus disusun Kepsek untuk dimusyawarahkan bersama Komite Sekolah dan dirembuk disesuaikan dengan hasil-hasil putusan musyawarah Kepala Sekolah. Hasil ini menjadi acuan dan pijakan Kepala Sekolah dalam memasuki dan menjalani tahun ajaran baru terutama saat ini disituasi Covid 19 jelas berbeda dengan waktu-waktu lalu. Kalau hanya meneruskan kebijakan Kepsek yang lama ini namanya tidak professional.||| Sahat MT Sirait




Editor : Sahat Sirait

BERITA LAINNYA
Rabu, 5 Agustus 2020 | 12:03:49
Peresmian Penginapan Pandora Residen Di Kota Medan
Senin, 3 Agustus 2020 | 23:55:34
Moda Transportasi Danau Toba Kembali Menggeliat
BERIKAN KOMENTAR
Top