Kamis, 23 Juli 2020 | 11:53:15

BI Sumut dan Kapoldasu Teken MoU

Foto/Ist
BI Sumut dan Kapoldasu Teken MoU
BERITA TERKAIT:
aktualonline.com.MEDAN || Guna menindaklanjuti kerja sama antara Bank Indonesia dan Polri, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Wiwiek Sisto Widayat bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, melakukan Penandatanganan Pedoman Kerja Sama, Selasa (21/7/2020) di Gedung Tribrata, Mapoldasu.

"Nota Kesepahaman ini kemudian diturunkan di tingkat daerah dalam bentuk empat Pedoman Kerja yang hari ini antara BI Sumatera Utara dan Kapoldasu menadatangani secara bersama," ujar Wiwiek Sisto Widayat dalam sambutannya.

Selain Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut dan Kapoldasu, penandatangan  Pedoman Kerja Sama tersebut juga dihadiri Wakapoldasu, Brigjen Pol Dr. Dadang Hartanto, Direktur BI Andi Wiyana, Irwasda Polda Sumut, dan pejabat Bank Indonesia Sumut lainnya.

Dikatakan Wiwiek Sisto Widayat, adapun empat pedoman kerja tersebut adalah tata cara Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan terhadap Badan Usaha Jasa Pengamanan yang Melakukan Kegiatan Usaha Kawal Angkut Uang dan Pengelolaan Uang Rupiah.

Kedua, pelaksanaan dan Penanganan Tindak Pidana Terkait Sistem Pembayaran dan Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB).

Ketiga, tata Cara Pelaksanaan Penanganan Dugaan Tindak Pidana terhadap Uang Rupiah, Tindak Pidana dan atau Pelanggaran terhadap Kewajiban Penggunaan Uang Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Keempat, Pelaksanaan Pengamanan Bank Indonesia dan Pengawalan Barang Berharga Milik Negara.

Secara umum, ujar Wiwiek, ruang lingkup kerjasama dan koordinasi dalam rangka pelaksanaan tugas dan kewenangan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera dengan Polda Sumatera Utara tersebut mencakup, Tukar menukar data dan atau informasi, pengamanan dan pengawalan, pengawasan, penegakan hukum dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Jangka waktu pedoman kerja ini merujuk pada jangka waktu Nota Kesepahaman antara Gubernur Bank Indonesia dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu sampai tanggal 30 Agustus 2024," kata Wiwiek.

Sebelumnya Gubernur BI dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia telah menandatangani Nota Kesepahaman Nomor 21/7/NK/ GBI/ 2019 dan No.B/105/VIII/2019 tanggal 30 Agustus 2019 tentang kerja sama dalam rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan Bank Indonesia dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Sementara itu, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin dalam sambutannya mengatakan, diminta atau tidak diminta, Polri dalam hal ini Poldasu selalu siap mengamankan seluruh aset vital milik negara, termasuk kemitraan dengan Bank Indonesia Sumut.

Kapoldasu mengingatkan saat terjadi kerusuhan Mei 1998 lalu, saat itu dia masih menjabat sebagai Kapolsek Metro Gambir, Jakarta.
"Saya dan anggota Polri, langsung mengamankan Kantor BI Pusat yang berdekatan dengan Kantor Polsek Metro Gambir. Tak bisa saya bayangkan saat kerusuhan itu, bila saja uang yang ada di Kantor BI Pusat dijarah massa. Sebelum kejadian itu, Polsek Metro Gambir memberikan sembako kepada masyarakat sekitar, sehingga masyarakat dan massa bisa kita kordinasi tak rusuh," ujar Kapoldasu.

"Kedepannya, dengan adanya kemitraan ini, saya akan kordinasikan ke Pimpinan Brimobdasu dan Bagian Pengawasan Objek Vital Poldasu, untuk siaga menjaga dan mengamankan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Bank Indonesia Sumut," ujar Kapoldasu.

Usai penandatanganan Pedoman Kerja Sama antara Bank Indonesia Sumut dengan Kapoldasu, kedua pihak saling menukar cideramata dan foto bersama diakhiri dengan makan bersama serta manortor bersama antara jajaran pejabat BI Sumut dengan jajaran pejabat Poldasu.||| Samsidar Saragih





Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Selasa, 11 Agustus 2020 | 14:55:22
Kapolda Sumut Terima Audensi DPP-FKIB
Senin, 10 Agustus 2020 | 13:38:32
Rumah 3 Lantai Ludes Dilalap Si jago Merah
Senin, 10 Agustus 2020 | 13:02:32
Kajari Medan Jadi Asintel Kejati Sumut
Senin, 10 Agustus 2020 | 13:02:32
Kajari Medan Jadi Asintel Kejati Sumut
Senin, 10 Agustus 2020 | 00:18:38
Indosat Ooredoo Lounching Model Digital Baru
Minggu, 9 Agustus 2020 | 23:28:13
Pemko Gunungsitoli Serahkan Hewan Qurban
Minggu, 9 Agustus 2020 | 00:04:35
Polresta Deliserdang Kembali Gelar Bhaksos
BERIKAN KOMENTAR
Top