• Home
  • Sumut
  • KMP Tao Toba II Sukses Launching dan Segera Berlayar di Danau Toba
Selasa, 22 September 2020 | 02:41:13
* Putu dan Rapidin Sampaikan Ucapan Selamat

KMP Tao Toba II Sukses Launching dan Segera Berlayar di Danau Toba

aktualonline.com/Jes Sihotang
Suasana acara Louncing di Docking KMP Tao Toba Tomok, Samosir
BERITA TERKAIT:
aktualonline.com.SAMOSIR ||| KMP Tao Toba II yang naik Docking  sejak 1 Agustus 2019 di dekat Pelabuhan Fery (KMP)  Tao Toba I, di Desa Tomok,  Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir sukses louncing disaksikan Bupati Samosir Rapidin Simbolon diwakili Plt Kadishub Samosir didampingi Uspika Camat Simanindo Hans Sidabutar,  DAN Ramil Pelda Marudut Aidabutar, Kasat Airud Safey SH, Pendeta Resort Tomok Pdt Tampubolon Sth dan ratusan warga bersama tokoh masyarakat setempat,Senin (21/9'2020).

Walau ditengah terpaan pandemi Covid-19,  pihak Management KMP Tao Toba II tetap mengupayakan Launchingnya sebaik mungkin,  launching KMP Tao Toba II berjalan sukses dan diawasi pihak Badan Klasifikasi Indonesia (BKI)  Belawan bersama Kadishub Samosir dan Kapos Dishub Tomok Riduan Manalu di Tomok. 

Pada kesempatan itu,  Bupati Samosir Rapidin Simbolon juga menyampaikan selamat dan sukses,  dan berharap supaya KMP TAO TOBA II meningkatkan pelayanannya, jadi dengan berlayarnya kembali KMP Tao Toba II ini tentu kunjungan wisatawan ke Kabupaten Samosir akan semakin meningkat serta dapat tiba lebih awal dengan penambahan layanan Ajibata-Samosir, karena KMP Tao Toba yang baru ini juga meningkatkan kecepatannya, menambah ruangan penumpang yang lebih baik dan memadai, saya senang dan bangga juga,  Ujarnya. 

Kepala BPTD Wilayah II Provsu, Putu Sumar Jaya saat dimintai keterangannya via Telepon selulernya menyampaikan, dalam hal ini Pelaksanaan Docking KMP Tao Toba II dilakukan di Tomok Kabupaten Samosir dengan menggunakan metode Slipway Dock berupa balon airbag.  

Secara khusus kita mengapresiasi apa yang saat ini dilakukan operator/pengusaha KMP Tao Toba II yang mulai menyadari arti pentingnya keselamatan kapal serta menjaga agar kapal tetap laik laut serta diharapkan docking  dilakukan secara rutin dan berkala. 

Selanjutnya setelah docking dilaksanakakan dilakukan beberapa pemenuhan dokumen diantaranya Sertifikat Keselamatan Kapal Penumpang (SKKP), pemenuhan dokumen loadline berupa pelaksanaan plimsoll mark/marka garis muat pada lambung kapal dan dokumen lainnya.

Dalam hal terkait minimnya fasilitas docking saat ini di KSPN Danau Toba bahwa Pemerintah pada tahun ini akan memulai proses pembangunan fasilitas docking tersebut guna peningkatan dan pemenuhan aspek keselamatan kapal di KSPN Danau Toba. 

Saat ini terdapat 5 lintasan penyeberangan/ferry di KSPN Danau Toba yang sistem penjadwalannya rutin kita lakukan komunikasi dan publikasi secara berkala bersama masing masing operator guna kepastian pengguna jasa/wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba serta melampirkan Contact Person operator guna mendapat informasi.

Dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru saat pandemi bahwa pelayanan SDP di KSPN Danau Toba mulai berjalan normal terlebih sejak dibukanya kunjungan ke pulau Samosir pada 1 agustus 2020 sesuai surat Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir tertanggal 22 Juli 2020 yang pelaksanaannya wajib mengikuti protokol kesehatan sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 11 tahun 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Penggunaan Transportasi Darat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Mencegah Penyebaran Covid 19 Ujarnya.

Sementara itu Management KMPNTao Toba I dan II yang bernaung dibawah bendera PT Gunung Hijau Megah (GHM)  Marisi Sitanggang didampingi Pak Nanda Parasian Malau menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas KMP Tao Toba II ini dengan kecepatan 35-40 Menit dari Ajibata ke Tomok dan sebaliknya , daya angkut kenderaan 40-42 unit sejenis inova, penumpang 150-200 orang dan dilengkapi dengan  ruangan VIV dan kelas Ekonomi, Katanya.

Marisi menambahkan,  saat ini  kami akan melanjutkan tahapan selanjutnya dan dalam minggu ini setelah dinyatakan fix KMP Tao Toba II segera melayanai rute Danau Toba Ajibata (Toba)  - Tomok (Samosir), Ujarnya. ||| JESS. 






Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Rabu, 28 Oktober 2020 | 13:55:02
Polsek Batang Kuis Ringkus Penikmat Sabu
Senin, 26 Oktober 2020 | 23:45:32
Ditlantas Polda Sumut Tilang 338 Kendaraan
Senin, 26 Oktober 2020 | 15:06:17
Kapolrestabes Medan Hadiri Muscab Granat Kota Medan
BERIKAN KOMENTAR
Top