• Home
  • Sumut
  • Tragis !!! Saat Persalinan Kepala Bayi Terputus, Badan Tertinggal Dirahim
Selasa, 12 Januari 2016 | 00:46:20

Tragis !!! Saat Persalinan Kepala Bayi Terputus, Badan Tertinggal Dirahim

foto/illustrasi

aktualonline.com,ASAHAN--Jika saja pihak keluarga tidak langsung membersihkan kain habis persalinan yang dikenakan Farida Hanum yang didalamnya terdapat kepala bayi mungkin saja kasus putusnya kepala bayi saat persalinan akan lamban mencuat kepermukaan.

Peristiwa tragis dan memilukan sekaligus mengerikan itu terjadi saat Farida Hanum tengah me lakukan persalinan di Desa Aek Tarum, Kecamatan Bandar Pulau, Asahan Pada Minggu (10/1/2016)malam.

Saat persalinan tersebut, Kepala bayi yang hendak ditarik keluar dari rahim tersebut terputus dan badannya tertinggal di dalam rahim sang ibu.

Farida melakukan persalinan dengan dibantu oleh seorang Bidang berinisial DS. Entah bagaimana, Bayi yang hendak ditarik oleh bidan tersebut meninggal secara mengenaskan akibat kepala yang terputus, hingga kemudian sang ibu tersebut terpaksa harus dibawa ke RSU Abdul Manan Simatupang guna mengeluarkan tubuh bayi tersebut yang tertinggal di dalam rahimnya.

Menurut pengakuan dari salah seorang anggota Keluarga bernama Amiruddin, dirinya mengetahui kejadian tersebut lantaran saat ketika hendak mencuci pakaian bekas persalinan, dia menemukan sebuah kepala bayi didalamnya.

Keluarga awalnya tidak mengetahui proses persalinan itu. Mereka baru menyadari kepala bayi terlepas saat membersihkan kain yang digunakan. Di kain itu didapati kepala bayi, ungkap Amiruddin adik Farida Senin (11/1).

"Awalnya kami tidak diberitahu akan hal itu, malah kami disuruh menunggu oleh bidannya karena masih dalam proses." Kata Amiruddin.

Setelah mengetahui putusnya kepala bayi saat persalinan sementara badannya masih tertinggal didalam Rahim, Farida langsung dirujuk ke RSUD Abdul Manan Simatupang, Kisaran dan Senin (11/1) dini hari setelah ditangani, tubuh bayi perempuan tersebut akhirnya dapat dikeluarkan dengan cara normal sekira Pukul 07.30 Wib.

Polres Asahan yang mendapat informasi itu segera melakukan penyelidikan dan memeriksa 4 orang saksi serta melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Kita memerksa 4 orang saksi termasuk bidan berinisial DS dan Boy Suami Farida serta dua tetangga mereka yang turut terlibat dalam persalinan itu," ujar Kapolres Asahan AKBP Tatan Dirsan Atmaja.

Selain itu, Tatan juga mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), guna untuk mengetahui lebih lanjut mengenai standar prosedural dalam melakukan persalinan.

"Kita sudah menghubungi IDI, untuk mengetahui lebih lanjut apakah proses persalinan yang dilakukan terhadap ibu Farida sesuai prosedur atau tidak, karena memang mereka yang lebih kompeten." Terang Tatan.

Saat ini, Farida Hanum tengah dirawat di RSU Abdul Manan untuk menjalani perawatan lebih lanjut, dan pihak kepolisian pun tengah menunggu hasil visum dari bayi yang meninggal tersebut untuk dijadikan bukti.--Zul/pss--

Editor : Naen


BERITA LAINNYA
Rabu, 17 Oktober 2018 | 23:20:13
Kapolrestabes Sambut Jamaah Haji Kota Medan
Rabu, 17 Oktober 2018 | 13:28:18
PKS Rombak Susunan Pengurus Wilayah Sumatera Utara
BERIKAN KOMENTAR
Top