• Home
  • Sumut
  • Sembilan Hari Sartika Br Sinaga Hilang di Kaki Gunung Ulu Darat Samosir Belum Ditemukan
Senin, 11 Januari 2021 | 17:04:32

Sembilan Hari Sartika Br Sinaga Hilang di Kaki Gunung Ulu Darat Samosir Belum Ditemukan

* Kapolres Samosir AKBP Josua: Kami Sudah Bentuk Tim Khusus
aktualonline.com/ZEZ
Foto Sartika dan upaya pencarian, tampak Wakapolres Kompol Rachmad Affandi, Kabag Ops Kompol Monang Sitanggang, Kasatreskrim AKP Suhartono SH, Kasat Sabhara Iptu Tito Juardi, Kapolsek Palipi Iptu Tona Simanjuntak,dan Rori Ginting dari Basarnas Sumut.
aktualonline.com.SAMOSIR ||| Sudah Sembilan (9) hari Sejak Sartika Sinaga (30) warga Siambalo, Pangururan, Kabupaten Samosir (Sumut) dinyatakan hilang saat akan turun Gunung dari Ulu Darat, Tim khusus gabungan Polres Samosir dan Polsek serta tim Basarnas Bersama Babinsa Koramil setempat telah melakukan upaya pencarian sejak dikabarkan hilang, Selasa (5/1/2021) di kaki Pegunungan Ulu Darat, Desa Janji Maria Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir, Selasa (5/1/2021) minggu lalu di ketinggian 2.155 dpl.

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon yang dikonfirmasi Senin (11/1/2021) terkait hasil pencarian, ternyata masih nihil walau pihaknya sudah bekerjasama dengan berbagai element masyarakat, termasuk membentuk Posko Khusus pencarian Sartika.

“Mohon Doanya agar tim kita dapat menemukan Sartika walau dengan kondisi apapun, dan mudah-mudahan bisa kita temukan dengan sehat walafiat." Demikian disampaikan Kapolres Samosir AKBP Josua via pesan WhatsAppnya,  terkait kejadian tersebut.

Sementara itu menurut Kasatreskrim Polres Samosir AKP Suhartono SH, pada hari Minggu (10/1/2021) pihaknya juga melakukan kegiatan dalam tim Personel Polres Samosir perihal orang hilang atas nama Sartika Riana Sinaga. Dimana rapat tim ini langsung dipimpin oleh Wakapolres Samosir KOMPOL RACHMAD AFFANDI, S.E didampingi Kabag Ops Polres Samosir KOMPOL MONANG SITANGGANG, Kasat Sabhara Polres Samosir IPTU TITO JUARDI, Kapolsek Palipi IPTU TONA SIMANJUNTAK dan diikuti Tim Basarnas Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Rori Ginting serta Tim Relawan HBN (Horas Batak Nauli) yang dipimpin Boy Siagian.

Pada kesempatan itu, Wakapolres Samosir Polres Samosir Kompol  Rachmad Affandi, S.E beserta Kabag Ops, Kasat Reskrim dan Kasat Sabhara melakukan pengecekan ke Posko Pencarian Orang hilang Sartika Riana Br Sinaga namun sampai saat ini Team yang tergabung dalam pencarian masih melakukan pencarian terhadap Sartika Br Sinaga, di Ulu Darat Desa Janji Maria Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir.

Dari kronologis yang dihimpun, hilangnya Sartika Sinaga di pegunungan Ulu Darat, dimana misteri dan alkisah Ulu Darat ini konon katanya pegunungan ini dihuni Siboru Saroding keturunan Raja Pandiangan, dari Ulu Darat hamparan Danau Toba terlihat sangat indah dan sebelum hilang, berdasarkan informasi Sartika ini dijemput dari rumah orang tuanya oleh rombongan kawan-kawannya dari 'Rumah Hela' pada tanggal 30 Desember 2020 lalu, tepatnya jelang malam hari untuk pergi ke perbukitan Ulu Darat yang kini jadi tempat kejadian (TKP) namun saat hendak kembali, tangal 2 Januari, Sartika diketahui tidak bersama rombongan lagi dan bahkan sampai saat ini Sartika belum ditemukan.

Informasi dari pasukan Basarnas yang berada di lokasi juga menyampaikan mereka telah mempersiapkan Truck Personil 1 unit, truck Personil Cabbin, Peralatan Mountenering 1 Set, Emergency Lamp, Alkom/HT 4 unit, GPS 1 unit, Kantong Mayat 2 set, serta unsur yang terlibat terdiri dari KPP Medan (tujuh) 7 orang, Pos SAR Parapat (dua) 2 orang, JSI (satu) 1 Orang, dibantu Polsek Palipi (empat) 4 orang, Babinsa Polres Samosir (dua) 2 orang, Babinkamtibnas Polres Samasir (dua) 2 Orang, Pemerintahan desa (enam) 6 Orang, Warga 10 orang, Keluarga korban (lima) 5 orang, tim Horas Batak Nauli (sembilan) 9 Orang, Rindala (tiga) 3 orang, tim Ruma Hela (satu) 1 orang. 

Jadi sejak dinyatakan hilang pada Jumat 2 Januari 2021 lalu, hingga hari ini (Senin,red)  pencarian kesejumlah arah sudah dilakukan dengan berbagai cara termasuk dari sisi 'orang pintar' (spiritual) dan metode pencarian manual dengan cara menelusuri goa dan aliran sungai, rawa serta pepohonan di kiri-kanan lintas Ulu Darat itu.

Warga sekitar bermarga Sinaga juga menyampaikan bahwa Sartika bersama rombongan sejumlah 26 orang bersama-sama naik ke Bukit Hutan Ulu Darat tanpa pemandu dan hal inipun dibenarkan Ridwan Sinaga, saudara kandung Sartika Sinaga.

Informasi lain terkait Sartika, ternyata Sartika memiliki penyakit yang sudah menahun, pihak keluarga Sartika juga kerab membawa Sartika berobat alternatif, karena secara medis tak sanggup mengobati Sartika, dan setelah Sartika dikabarkan hilang sejak tanggal 2 Januari, tetapi diberitahukan kepada pihak keluarga baru tanggal 5 Januari, itulah yang membuat keluarga Sartika semakin sedih, dan berharap Sartika segera ditemukan walau dalam kondisi apapun. Kata salah seorang pihak keluarganya, R Sinaga. ||| ZEZ






Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 17 Januari 2021 | 00:35:09
Wakil Bupati Nias Khenoki Waruwu Hadiri Panen Raya
Minggu, 17 Januari 2021 | 00:10:17
Pemkab Nias Barat Gelar Rapat Awal Tahun 2021
Sabtu, 16 Januari 2021 | 12:57:18
Pasien Covid -19 Bertambah 3 Orang di Gunungsitoli
Sabtu, 16 Januari 2021 | 12:51:36
Pasien Covid -19 Terus Bertambah di Kota Gunungsitoli
Sabtu, 16 Januari 2021 | 12:40:49
Kapolresta Orang Pertama Divaksin di Deli Serdang
Sabtu, 16 Januari 2021 | 12:36:46
Polsek Hamparan Perak Ciduk Dua Pelaku Pencuri Emas
BERIKAN KOMENTAR
Top