• Home
  • Sumut
  • Bupati Tobasa Minta Pengembangan System Informasi Berbasis Teknologi Informasi
Kamis, 5 Mei 2016 | 14:12:15

Bupati Tobasa Minta Pengembangan System Informasi Berbasis Teknologi Informasi

aktualonline.com.BALIGE--Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir. Darwin Siagian meminta seluruh kepala SKPD dan para camat se-Kabupaten Tobasa agar secara bersama-sama membangun sinergitas untuk melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memberikan pelayanan publik bagi masyarakat berbasis  teknologi  informasi.

"Penerapan e-government menjadi gerbang/gateway dunia international sekaligus sebagai induk informasi segala aktifitas kelembagaan yang akan diintegrasikan ke seluruh SKPD, Kecamatan/Kelurahan dan desa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tobasa," kata Bupati Ir. Darwin Siagian dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekrearis Daerah Tobasa  Drs. Audi Murphy Sitorus, SH., M.Si pada acara Paparan Pengembangan System Informasi E-Government di Balai Data Kantor Bupati, Selasa (3/5).

Bupati Tobasa mengatakan, penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di dalam pemerintahan, pada beberapa kasus dapat memberikan banyak nilai positif yang menggembirakan, dengan menjadikan pelayanan menjadi lebih cepat dan mudah, sehingga tercipta  aktivitas pemerintah yang lebih efisien dan efektif.

Dikatakan, implementasi e-government bukan saja membangun infratruktur komunikasi data dan informasi tetapi juga berarti membangun infrastruktur sistem aplikasi standarisasi data, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan prosedur, kebijakan dan peraturan di lingkungan pemerintah dalam kerangka eksistensi Kabupaten Toba Samosir sebagai salah satu pintu gerbang pengembangan kawasan pariwisata nasional Danau Toba di Sumatera Utara  menuju masyarakat yang semakin berbudaya, berdaya saing, dan sejahtera.

Penerapan dan pemanfaatan e-government akan mempersingkat alur birokrasi yang selama ini dianggap menjadi suatu penghambat bagi percepatan pelayanan dan menghilangkan kesenjangan antara pemerintah dan masyarakat dalam hal keterlibatan dalam pembangunan.

"Ketersediaan data yang up to date juga merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sehingga mengurangi program-program yang tidak tepat sasaran yang hanya menyebabkan pemborosan anggaran," katanya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Tobasa Ir. Pargaulan Sianipar dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan penyeragaman perencanaan pengembangan aplikasi system informasi kepemerintahan daerah Kabupaten Tobasa di seluruh wilayah Kabupaten Tobasa.

Tujuannya, membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi kerja dan merupakan salah satu strategi di dalam melaksanakan pengembangan E-Government secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur agar masyarakat dengan mudah memperoleh akses informasi dan layanan pemerintah serta ikut berpartisipasi dalam pengembangan demokrasi melalui penggunaan media internet.

Turut hadir pada kegiatan ini para SKPD, para Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tobasa dan narasumber Deny Lumbantoruan Wakil Rektor IT Del Sitoluama, Mohammad. Reza Purba Vice Manager PT. Iconplus Regional II Sumatera.--Sudirman Siahaan/mct--

 


BERITA LAINNYA
Rabu, 17 Oktober 2018 | 23:20:13
Kapolrestabes Sambut Jamaah Haji Kota Medan
Rabu, 17 Oktober 2018 | 13:28:18
PKS Rombak Susunan Pengurus Wilayah Sumatera Utara
BERIKAN KOMENTAR
Top