• Home
  • Sumut
  • 11 Rumah Warga Desa Lumban Manurung Hangus Dilalap si Jago Merah
Selasa, 14 Juni 2016 | 12:36:33

11 Rumah Warga Desa Lumban Manurung Hangus Dilalap si Jago Merah

Foto/Istimewa
11 Rumah Warga Desa Lumban Manurung Hanguskan Dilalap si Jago Merah
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.TOBASA--Musibah kebakaran terjadi di Dusun Tanjung Pasir Desa Lumban Manurung Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (11/6) sekitar pukul 04.00 pagi, dan sempat menghanguskan 11 unit rumah warga, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Api yang menghanguskan rumah, yang terbuat dari papan dan telah mempunyai umur puluhan tahun tersebut, sangat cepat merambat ke rumah sebelahnya dalam tempo 30 menit.

Dua unit mobil Damkar Pemkab Toba Samosir dan 1 unit Damkar TPL sekitar 15 menit kemudian tiba di lokasi kebakaran, dan langsung berusaha memadamkan api, sehingga keadaan dengan cepat dapat diatasi.

Saksi mata Santi Pane mengatakan, dirinya kaget mendengar teriakan warga dan langsung bangkit dari tempat tidurnya dan bahkan lupa anaknya masih di dalam rumah. Beruntung mertuanya kembali ke dalam dan bergegas menyelamatkan cucunya dari kobaran api.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah Kab. Toba Samosir Espon Simanjuntak, SH., MM mengatakan bahwa tindakan pertama yang dilakukan adalah mendirikan tenda besar  sebanyak 2 unit yang bisa menampung seratus orang, dan membangun dapur umum  untuk kebutuhan warga.

"Sementara masih itu yang bisa kita upayakan. Namun demikian, akan ada bantuan lainnya dari pemerintah kepada keluarga korban," ungkapnya sambari menyatakan turut prihatin atas kejadian itu.

Camat Parmaksian Janji Situngkir mengatakan semua rumah hangus rata dengan tanah, tak banyak barang-barang warga yang bisa diselamatkan. Sebab, api cepat membesar. Belum lagi saat itu warga sedang tidur nyenyak.

penyebab kejadian itu. Dugaan sementara, akibat arus pendek atau korsleting arus listrik, kata Camat Janji.

Terkait kronologis kejadian, Kapolres menerangkan, meski warga sekitar berupaya melakukan pemadaman secara manual, namun tidak berhasil maksimal untuk memadamkan api.

Sebab, api cepat membesar akibat rumah warga yang terbuat dari kayu. Kebakaran tersebut baru dapat dipadamkan sekitar pukul 06.30 WIB setelah beberapa menit 2 unit Damkar Pemkab Tobasa dan 1 unit Damkar TPL turun kelokasi kejadian.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Toba Samosir Ir. Hulman Sitorus langsung tiba di lokasi untuk memberikan bantuan kepada korban, di antaranya selimut, tikar, tenda dan kebutuhan lain.--S.Siahaan/Mct)


BERITA LAINNYA
Minggu, 22 April 2018 | 01:22:12
Warga Diminta Sikapi Pilgubsu dengan Cerdas
Minggu, 22 April 2018 | 01:00:05
Walikota Tebing Tinggi Sampaikan LKPJ Tahun 2017
Kamis, 19 April 2018 | 22:45:18
GETAR dan IFAC Gelar Seminar Nasional
Kamis, 19 April 2018 | 14:57:39
Wali Lantik Pengurus Dekranasda & GOW Kota Medan
BERIKAN KOMENTAR
Top