• Home
  • Sumut
  • Darwin Siagian Hadiri Pesta Parolop-Olopon 135 Tahun HKBP Balige
Rabu, 20 Juli 2016 | 11:34:03

Darwin Siagian Hadiri Pesta Parolop-Olopon 135 Tahun HKBP Balige

foto/ist
Darwin Siagian Hadiri Pesta Parolop-Olopon 135 Tahun HKBP Balige

aktualonline.com.BALIGE--Ribuan Jemaat dan Parhalado Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Balige secara bersama-sama melaksanakan Pesta Parolop-Olopon (red: Syukuran) 135 Tahun HKBP Balige di Halaman Gereja  HKBP Balige Kecamatan Balige Toba Samosir, Minggu (17/7).

Kegiatan tersebut merupakan puncak acara Syukuran Parolop-Olopon dan Parheheon (red: Syukuran Kebangkitan) Remaja dan Pemuda Gereja yang diselenggarakan oleh HKBP Balige Resort Balige Distrik XI Toba Hasundutan Kabupaten Toba Samosir.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian, Anggota DPR RI Dr. Anton Sihombing, beberapa Kepala SKPD, Kapolsek Balige AKP M. Simarmata, para tamu undangan dari Jakarta, Paduan Suara HKBP Tambunan, Tim Festival Paduan Suara Tahun Keluarga HKBP Balige, Anak Sekolah Minggu, Guru-guru Sekolah Minggu, Pemuda, Remaja, Jemaat HKBP Balige dan tamu undangan lainnya.

Acara syukuran diawali dengan Kebaktian Bersama dipimpin Pendeta Resort HKBP Balige Pdt. Julson Pasaribu, S.Th, dan sebagai Pengkotbah Ketua Komisi Theologi HKBP Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, MA.

Dalam Kotbahnya yang diambil dari Injil Lukas 2 : 10 mengajak ribuan jemaat yang hadir untuk meluangkan waktu mendekatkan diri kepada Tuhan. Sebab dengan kita sering berbicara beribadah kepadanya maka kita semakin dekat, semakin erat hubungan dengan Tuhan.

Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, juga menjelaskan pengalamannya ketika tahun 2009 s.d. 2013  diutus oleh Ephorus HKBP bertugas di Jerman. Para jemaat melakukan kegiatan pembinaan dan pembelajaran iman di suatu Gereja tua. Melakukan kegiatan budaya dan peningkatan mental spiritual dan tatanan kekerabatan yang cukup baik. Hendaklah kita mementingkan pendekatan diri kepada Tuhan, meluangkan waktu setiap saat. Dahulukanlah mencari kebutuhan primer dari pada mencari kebutuhan sekunder".

anpa kita sadar lanjutnya, Tuhan telah memberikan kepada warga HKBP Balige 135 tahun berkat berlimpah. Kehidupan terang dari Allah melalui kedatangan Pdt. Phill Gram dan para misionaris lainnya dari Jerman ke daerah ini untuk membawa injil kehidupan".

Pada akhir kotbahnya Pdt. Dr. Robinson juga mengajak seluruh hadirin, agar melakukan perubahan sikap dan perilaku untuk menyambut dan mendukung Program Pemerintahan Presiden Jokowi  yakni terkait dengan Pembentukan Badan Otorita Pengelolaan  Kawasan Pariwisata Danau Toba. Secara khusus kepada Pemuda dan Remaja untuk menjauhkan diri dari penyakit HIV AIDS, Narkoba dan Seks Bebas.

Sementara Anggota DPR RI Dr. Anton Sihombing dalam sambutan singkatnya mengajak kembali seluruh warga jemaat berbenah dan mengubah mental dan pola pikir untuk membangun daerah Toba Samosir mulai dari diri sendiri, dan keluarga, sehingga para wisatawan yang akan datang ke daerah ini betah untuk datang melihat Danau Toba yang cukup Indah oleh berkat Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam kesempatan itu Bupati Toba Samosir Ir. Darwin Siagian mengajak  masyarakat Toba Samosir umumnya dan khususnya kepada ribuan Warga HKBP Balige yang memadati acara agar mendukung dan mensukseskan Program Kerja Pemerintah melalui peningkatan iman dalam melakukan perubahan revolusi mental.

Presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 tentang Badan Otorita. Oleh karena itu lanjut bupati hasil pilkada serentak September 2015 lalu menegaskan, sudah selayaknya warga di 7 kawasan Danau Toba, dan warga Toba Samosir khususnya untuk mendukung penuh pembentukan Badan Otorita dimaksud.

"Mudah-mudahan ini menjadi awal pembenahan Danau Toba sebagai destinasi wisata yang bertaraf internasional. Dimana target wisatawan  yang akan datang ke daerah ini tahun 2017 sebanyak 1 juta orang tercapai" imbuhnya.

Usai acara kebaktian, dilanjutkan dengan acara manortor (red: tari) diiringi dengan musik gondang dimana warga jemaat dari beberapa wyik membawa silua (red: berkat) untuk digunakan membangun Pusat Kegiatan Remaja dan Pemuda HKBP Balige di Komplek Makam Pdt. Phil Gram Siahaan Balige.--S.Siahaan/mct--


BERITA LAINNYA
Rabu, 17 Oktober 2018 | 23:20:13
Kapolrestabes Sambut Jamaah Haji Kota Medan
Rabu, 17 Oktober 2018 | 13:28:18
PKS Rombak Susunan Pengurus Wilayah Sumatera Utara
BERIKAN KOMENTAR
Top