• Home
  • Sumut
  • Pemkab Tapsel Dinilai Gagal Lindungi Kelestarian Hutan
Rabu, 29 Maret 2017 | 00:52:49

Pemkab Tapsel Dinilai Gagal Lindungi Kelestarian Hutan

Foto/Ist
Jembatan Payabaion Kecamatan Marancar rubuh diterjang banjir
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.TAPSEL///Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dipandang tidak sanggup menjaga kelestarian hutan negara di kawasan Penggunaan Sibio – bio, Kecamatan Marancar dari perambah hutan dan pengalih fungsian lahan hutan menjadi perkebunan maupun areal usaha rekreasi.

 

Hal itu dikatakan Aktivis LSM Socpade,Masaruddin Panggabean kepada wartawan di Padangsidimpuan,Selasa (28/3/2017)

 

" Itu Kawasan pegunungan Sibio bio. Disana banyak orang berduit merambah Hutan untuk kebun dan tempat Rekreasi. Yang kita sayangkan adalah Bupati Kabupaten Tapsel tidak menindak Perambah Hutan di Daerah Sibio bio,"  tegas Masaruddin Panggabean .

 

Dikatakannya, kawasan Sibio - bio Kec Marancar Kabupaten merupakan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Aek Batang Ayumi yang mengalir hingga ke kota Padangsidimpuan.

 

Dengan kerusakan hutan itu maka ketika musim hujan dapat menyebabkan Sungai Batang Ayumi meluap tumpah ruah ke permukiman warga khususnya yang tinggal dibantaran sungai.

 

Terbukti,kerusakan banjir bandang yang terjadi pada, Minggu (26/3) lalu mampu menghayut kan Jembatan Payabaion sepanjang panjang 7 meter dan lebar 3 meter yang merupakan penghubung Sibio-bio Kecamatan Marancar ke Pargarutan Kecamatan Angkola Timur.

 

" Keberadaan daerah tangkapan air DAS Batang Ayumi itu harusnya terjaga dan terpelihara sehingga tidak menimbulkan bencana yang mengancam nyawa masyarakat dialirkan sungai Aek Batang Ayumi, " pungkasnya.

 

Untuk mengatasi permasalahan pasca banjir, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat maupun instansi vertikal melakukan investigasi penyebab banjir bandang DAS Batang Ayumi tersebut,kata Panggabean seraya menambahkan,stop perambahan hutan, bila pemerintah cintai rakyatnya.--Victor/str--

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 22 April 2018 | 01:22:12
Warga Diminta Sikapi Pilgubsu dengan Cerdas
Minggu, 22 April 2018 | 01:00:05
Walikota Tebing Tinggi Sampaikan LKPJ Tahun 2017
Kamis, 19 April 2018 | 22:45:18
GETAR dan IFAC Gelar Seminar Nasional
Kamis, 19 April 2018 | 14:57:39
Wali Lantik Pengurus Dekranasda & GOW Kota Medan
BERIKAN KOMENTAR
Top