• Home
  • Sumut
  • Proyek Pembangunan Jembatan Aek Batang Galoga Rusak Jembatan Rabin
Senin, 16 Oktober 2017 | 00:03:14

Proyek Pembangunan Jembatan Aek Batang Galoga Rusak Jembatan Rabin

aktualonline.com/haryan harahap
Proyek Pembangunan Jembatan Aek Batang Galoga Rusak Jembatan Rabin
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com. PALUTA///Proyek pembangunan jembatan Aek Batang Galoga di desa Sigala-gala,Kecamatan Halongonan telah merusakkan jembatan rabin yang selama ini menjadi urat nadi warga setempat untuk lintas mengangkut sawit dan getah.

Informasi diperoleh Koresponden aktualonline.com,Minggu (15/10) bahwa Pembangunan Jembatan Aek Batang galoga di Desa Sigala-gala Kecamatan Halongan menelan anggaran Rp.7.129 613. 000 (tujuh miliyar seratus dua puluh sembilan juta enam ratus tiga belas ribu rupiah)  dari sumber dana / Ta DAU 2017, volume proyek satu tahun Anggaran dengan pelaksana proyek PT Gashabat Sukses Mandiri dan pengerjaan proyek dimulai bulan Agustus-Desember 2017.

Meski akan dijadikan jembatan untuk semakin memperlancar proses aktivitas warga sehari-hari namun proyek ini juga dikesalkan warga karena pihak pemborong atau rekanan yang mengerjakan dinilai kurang memperhatikan aspek lainnya sehingga jembatan rabin yang selama ini digunakan warga rusak.

Dalam pengerjaannya jarak pembangunan pondasi tiang jembatan dengan pondasi tiang
jembatan rambain berkisar 2 meter.

Korekan pondasi tiang jembatan lebih dalam dairi jembatan rambin berakibat longsor sewaktu Sungai Batang Galoga banjir terbawa erosi tiang jembatan rambin roboh mengakibatkan jembatan rambinpun terpaksa dibongkar bukannya diperbaiki.

Sehingga saat ini masyarakat yang berkendaraan sepeda motor mau menyeberang
sungai batang galoga sangat sulit melintas tampa bantuan warga yang kebetulan berada dilokasi pembangunan jembatan.

"Mestinya menjadi tanggung jawab pelaksana pembangunan jembatan untuk membangun jembatan pengalihan yang bisa dilewati. Ini jembatan darurat dibangun dari bekas papan jembatan rambin yang bisa hanya dilalui dengan berjalan kaki. Kenderaan seperti sepeda motor tidak bisa lewat tampa bantuan warga, ujar salah Asrul warga Peken Minggu.

Akibatnyabila warga yang ingin mendapat bantuan menyeberangkan sepeda motor melewati jembatan darurat yang dibuat, terpaksa mengeluarkan uang sebesar Rp 10 Ribu, tambah Asrul.

Ditambahkan Asrul,karena kelalaian pelaksana proyek mengakibat jembatan Rabin yang dibangun tahun 2014 lalu menjadi rusak dan terpaksa dibongkar habis. Sementara pihak pemborong membuat alternative dengan membangun jembatan pengalihan yang menggunakan papan bekas dan sulit untuk dilintasi warga terlebih lagi yang menggunakan sepeda motor.

Pantauan aktualonline.com, di saat berlangsungnya pekerjaan tidak terlihat adanya pengawas di lapangan dari pihak PUPR Padang Lawas Utara.

Warga berharap pada PUPR Padanglawas Utara dan Pelaksana pembangunan jembatan PT Gashabat Sukses Mandiri bertanggungjawab atas rusaknya jembatan Rabin tersebut dan segera membuat jembatan pengalihan yang lebih aman dan bisa dilintasi warga khususnya yang menggunakan  sepeda Motor.///Haryan Harahap

 

 

 

 

Editor : Zul

 


BERITA LAINNYA
Rabu, 17 Oktober 2018 | 23:20:13
Kapolrestabes Sambut Jamaah Haji Kota Medan
Rabu, 17 Oktober 2018 | 13:28:18
PKS Rombak Susunan Pengurus Wilayah Sumatera Utara
Senin, 15 Oktober 2018 | 23:17:20
Poldasu Kirim Tim Dokter dan Psikologi ke Madina
Senin, 15 Oktober 2018 | 01:51:58
Pemkab Sergai Peringati Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top