• Home
  • Sumut
  • Program Presiden RI Sertifikat Tanah Gratis…di Labusel Dikenakan Biaya Administrasi Rp. 250 Ribu
Senin, 16 Oktober 2017 | 00:26:50

Program Presiden RI Sertifikat Tanah Gratis…di Labusel Dikenakan Biaya Administrasi Rp. 250 Ribu

iLLUSTRASI
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.LABUSEL///Program sertifikat tanah tanah gratis yang telah dicanangkan Presiden Jokowi untuk mengurangi konflik tanah ditengah-tengah masyarakat sudah mulai terealisasi di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

 

Mengenai pengadaan sertifikat tanah gratis ini Kabag Administrasi Sengketa Tanah Labuhanbatu Selatan H.Hasian Harahap kepada wartawan,Sabtu (14/12) mengatakan bahwa program sertifikat tanah gratis di Kabupaten Labuhanbatu Selatan sudah dilaksanakan meskipun dilakukan dengan bertahap dan untuk tahap ini hanya dilaksanakan di dua wilayah yaitu di wilayah Kelurahan Kota Pinang dan Sosopan dengan biaya administrasi Rp. 250.0000 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dan dikhusus untuk lahan pertapakan rumah saja bukan lahan perkebunan .

 

Selain dari pada itu Kabag.Administrasi Sengketa Tanah Labuhanbatu Selatan H.Hasian Harahap mengatakan akan lebih fokus juga pada pembuatan sertifikat tanah pada lahan tanah wakaf dan tanah hibah lainnya mengingat banyaknya persoalan yang terjadi dimasyarakat terlebih adalah tanah wakaf baik yang telah diwakafkan oleh pribadi maupun keluarga atau kelompok .

 

Ada beberapa kesulitan yang menjadi kendala dimasyarakat sehingga memperlambat penyelesaian pengurusan sertifikat.sebelum pengajuan kepada pihak BPN pemilik lahan terlebih dahulu melengkapi beberapa persyaratan seperti pembuatan surat asal tanah. Apakah tanah warisan atau bukan kalau tanah warisan harus melalui notaris atau surat jual beli atau surat ganti rugi selain daripada itu juga pemilik harus menunjukkan bukti terakhir pembayaran pajak (PBB)kalau tidak pernah dibayar maka harus melunasi pajak lima tahun terakhir.

 

Kepala Tim BPN Labuhanbatu Selatan  D.Sitorus mengatakan bahwa untuk tahun ini program sertifikat tanah gratis masih dilaksanakan Pinang dan Sosopan dengan kuota sebanyak mungkin.

 

Dan adapun mengenai isu yang beredar bahwa  ada masyarakat desa lain yang sudah melaksanakan pungutan berkas dan administrasi berkaitan pengurusan sertifikat tanah gratis maka itu diluar daripada kapasitas kami, ujar Kabag Administrasi sengketa tanah H.Hasian Harahap didampingi kepala tim BPN D.Sitorus, Sabtu kemarin.

 

Menanggapi tentang pengadaan program sertifikat gratis oleh Pemerintah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kepala Desa Gantoan Siregar mengungkapkan bahwa sangat mengapresiasi dan mendukung program sertifikat tanah gratis ini karena akan lebih membantu masyarakat demi kenyamanan atas hak milik lahan tanah yang telah mereka kuasai selama ini dan kepemilikan sertifikat akan meminimalis kerancauan sengketa tanah ditengah masyarakat baik antar masyarakat ataupun penguasa dengan masyarakat.///Haryan Harahap

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 20 September 2018 | 17:02:04
Merasa Permintaannya Diabaikan !!! Istri Bunuh Suami
Rabu, 19 September 2018 | 00:21:47
Wali Kota Hadiri Olahraga Bersama TNI-Polri
Selasa, 18 September 2018 | 13:04:20
Polisi Ungkap Modus Pungli Oknum Kepling Medan Johor
Selasa, 18 September 2018 | 00:45:13
BNNP Sumut Ungkap Jaringan Narkoba di Lapas Tanjung Gusta
BERIKAN KOMENTAR
Top