• Home
  • Sumut
  • Pemkab Labusel Gelar HKSN Ke 1 Tahun 2017
Kamis, 21 Desember 2017 | 11:54:26

Pemkab Labusel Gelar HKSN Ke 1 Tahun 2017

aktualonline.com/haryan harahap
Pemkab Labusel Gelar HKSN Ke 1 Tahun 2017
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.LABUSEL//Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Selatan gelar Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

Acara yang bertemakan Kesetiakawanan Sosial Perekat Keberagaman tingkat Kab. Labusel Ke 1 Tahun 2017 tersebut diadakan di Convention Hall Grand Suma Yang Blok Songo, Desa Sisumut, Rabu, (20/12/2017).

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu semua hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars HKSN yang dipandu oleh petugas PKH Labusel, serta pembacaan do'a yang dibawakan oleh Ketua MUI Kab. Labusel.

Dalam laporannya, panitia pelaksana HKSN yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Labusel Marasakti mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada hadirin semua yang telah datang pada hari peringatan HKSN tersebut.

Marasakti mengatakan, dasar kegiatan tersebut sesuai Undang-undang No 22 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kab. Labusel di Prov. Sumut, UU No 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial.

Dikatakan Marasakti, tujuan kegiatan tersebut bahwa peringatan HKSN untuk menggugah perasaan terhadap kesulitan orang lain, secara bersama-sama melalui aksi nyata.

Marasakti juga menyampaikan, sebagai stimulan berbagi gerakan peduli aksi sosial kepada masyarakat, serta mengurangi kesenjangan sosial dan mencipatakan kedaulatan sosial di Kab. Labusel di bumi Santun Berkata Bijak Berkarya.

Bupati  Labusel yang diwakilkan oleh Wakilnya Kholil Jufri Harahap dalam kata arahannya menyampaikan, bahwa peringatan HKSN adalah sebagai sarana untuk mengkonstruksi untuk memberikan arah, alternatif, aktifitas dan menunjukkan sebagai peluang masyarakat untuk berpastisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan beragam yang dipersembahkan dari oleh dan untuk seluruh warga masyarakat dan para penyelenggara kesejahteraan sosial dalam usaha untuk pengembangan nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang disesuaikan dengan situasi, kondisi, dan toleransi serta kearifan lokal masyarakat Labusel.

Kholil juga mengatakan, momentum tersebut menjadi wadah aktualisasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial untuk merintis jalan kearah terciptanya interaksi sosial masyarakat dengan semangat peduli dan berbagi menjadi gerakan masyarakat yang melibatkan 3 tungku utama yaitu pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat penempatan masyarakat dan dunia usaha sebagai pelaku utama kegiatan, sedangkan pemerintah daerah adalah sebagai fasilitator, harus dimaknai sebagai bentuk sinergitas, sebagai satu kesatuan dalam bingkai kesetiakawanan sosial.

Kholil juga berharap, agar peringatan HKSN tersebut kedepannya dapat lebih baik, lebih konstruktif, dan terstruktur, menjadi motivasi gerakan kesetiakawanan sosial guna mencapai pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju keadilan sosial bagi seluruh warga Kab. Labusel.

Ditempat terpisah, Kepala atau Koordinator keluarga Program Keluarga Harapan (PKH) Kab. Labusel Rido Hamdani Lubis, S.Sos.I ketika selesai acara tersebut menuturkan, bahwa acara tersebut memang berbagi untuk sesama warga sesuai dengan themanya Kesetiakawanan Sosial Perekat Keberagaman.

"Melalui peringatan HKSN ini, dengan menampilkan berbagai bantuan-bantuan sosial, diantaranya bantuan PKH dengan langsung memperlihatkan proses penyaluran melalui mesin EDC BRI," ucap Rido.

"Kami berharap, agar seluruh elemen memahami proses penyaluran bantuan PKH dimana penerima mencairkan dana bantuan langsung menggunakan kartu dan bebas mencairkan dimanapun di agen brilink dan Atm, dan satu hal lagi ingin kami jelaskan bahwa pendamping PKH bukan bertugas mendata namun mendampingi dan pembinaan terhadap keluarga penerima manfaat (KPM) PKH," jelas Rido.

Dalam kerangka acara tersebut, turut juga diadakan penyerahan bakti sosial kepada masyarakat penyandang cacat disabilitas, penyerahan uang tunai, dan penyerahan kunci untuk bedah rumah bagi masyarakat yang layak.///Haryan Harahap

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 20 September 2018 | 17:02:04
Merasa Permintaannya Diabaikan !!! Istri Bunuh Suami
Rabu, 19 September 2018 | 00:21:47
Wali Kota Hadiri Olahraga Bersama TNI-Polri
Selasa, 18 September 2018 | 13:04:20
Polisi Ungkap Modus Pungli Oknum Kepling Medan Johor
Selasa, 18 September 2018 | 00:45:13
BNNP Sumut Ungkap Jaringan Narkoba di Lapas Tanjung Gusta
BERIKAN KOMENTAR
Top