• Home
  • Sumut
  • Bawa 10 Pengacara.. Sofyan Nasution-Jamilah Laporkan Sengketa Pemilhan ke Panwaslih Deli Serdang
Rabu, 24 Januari 2018 | 00:12:36

Bawa 10 Pengacara.. Sofyan Nasution-Jamilah Laporkan Sengketa Pemilhan ke Panwaslih Deli Serdang

Foto/Ist
Pasangan Independent Sofyan - Jamilah
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.LUBUK PAKAM/// Dua pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Deliserdang 2018-2023, Mion Tarigan-Zainal Abidin dan Sofyan Nasution-Jamilah, dinyatakan gagal memenuhi syarat administrasi.

Hasil tersebut didapat setelah KPU Deliserdang melakukan verifikasi dukungan KTP. Kedua pasangan tersebut pun dinyatakan gagal memenuhi syarat dukungan KTP.

 

Lantas,kedua pasangan cabub dan wabup yang maju melalui  jalur independen (perseorangan) Sofyan Nasution dengan Hj. Jamilah serta Mion Tarigan yang berpasangan dengan Zainal Arifin langsung mengajukan (melaporkan) sengketa pemilihan karena dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang menyatakan persyaratan pencalonan formulir BI KWK tidak dapat memenuhi jumlah kekurangan perbaikan dukungan yang telah ditentukan oleh KPU.

 

Saat tiba di Gedung Panwaslih Deli Serdang di Jalan STM Desa Pagar Merbau III Kecamatan Lubuk Pakam, Selasa (23/1) pasangan Sofyan Nasution dan Hj. Jamilah  yang didampingi kuasa hukum dan sejumlah simpatisan dan relawan mengajukan (melaporkan) sengketa pemilihan yang merugikan pihaknya yang diterima, Ketua  Panita Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kab. Deliserdang, Asman Siagian dan sejumlah Komisioner Panwaslih Kab. Deliserdang.

 

Usai mengajukan sengketa bakal calon Sofyan Nasution,mengatakan atas keputusan KPU Deliserdang tersebut pihaknya menduga adanya ketidak netralan di KPU Deliserdang.

 

" Kami menduga tidak ada netralitas dan profesional Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di KPU yang menjadi operator silon," katanya.

 

Menurutnya, pada saat pemeriksaan persyaratan pasangan bakal calon pihak KPU Deliserdang tidak ada melibatkan dari pihak jalur independen, padahal mestinya yang sesuai aturan arus ada pendamping dari pihak jalur independen.

 

" Tidak itu saja ada dua hand copy lampiran formulir B.1 KWK dari Kec. Sibolangit dan Kec. Labuhan Deli yang tertinggal. Sementara hasil pleno sudah diumumkan untuk dua kecamatan ini tidak dilakukan verifikasi

 

" Ini kami lihat tercecer di KPU, kami menduga ini belum dihitung," sebutnya.

 

Sedangkan Kuasa Hukum Sofyan-Jamilah, Suryadi, mengatakan datang ke Panwaslih untuk mengajukan permohonan sengketa terhadap keputusan berita acara KPU No 16/PL/03-2-BA/1207/KPU-Kab-1/2018 tanggal 21 Januari 2018 tentang hasil verifikasi pemenuhan jumlah minimal dan sebaran dukungan perbaikan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kab. Deliserdang 2018.

 

" Yang kita persoalkan disini ada beberapa hal pertama ada keputusan dalam berita acara KPU itu ada yang menyatakan hard copy Sofyan Nasution-Jamilah dinyatakan kurang. Sementara di softcopy itu dinyatakan cukup pada saat kita mengajukan ke tim verifikator dan data juga sama," katanya.

 

Dijelaskan Suryadi, berdasarkan alasan-alasan tersebut, maka mereka meminta pertama mengabulkan permohonan-pemohon dalam hal ini Sofyan Nasution untuk seluruhnya. Yakni. membatalkan berita acara  KPU No 16/PL/03-2-BA/1207/KPU-Kab-1/2018 tanggal 21 Januari 2018 tentang hasil verifikasi pemenuhan jumlah minimal dan sebaran dukungan perbaikan dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kab. Deliserdang 2018.

 

Kepada KPU Kab. Deliserdang diminta untuk melakukan proses ulang verifikasi ulang terhadap jumlah dukungan dan persebaran dukungan yang terdapat didalam dokumen asli hard copy  B.1-KWK perseorangan secara transparan dengan langsung disaksikan oleh pemohon.

 

Sementara Ketua Panwaslih Asman Siagian mengakui kalau Sofyan-Jamilah sudah secara resmi menyampaikan permohonan keberatan dalam bentuk sengketa pemilihan dan sudah diterima.

 

" Permohonan ini sudah lengkap, sudah ada juga berita acara keberatan. Kalau mengajukan sengketa pemilihan itu dapat disampaikan paling lambat tiga hari sejak diumumkan dan hasil keputusan kita baru dapat diumumkan setelah 12 hari melakukan registrasi pendaftaran sengketa pemilihan.///Ade

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 21 Oktober 2018 | 23:55:31
Wanita Tua Tewas Diatas Sofa
BERIKAN KOMENTAR
Top