• Home
  • Sumut
  • Kejari Nisel Perkenalkan Hukum Sejak Dini
Jumat, 23 Februari 2018 | 23:16:06

Kejari Nisel Perkenalkan Hukum Sejak Dini

aktualonline.com/prediaro zebua
Kejari Nisel Perkenalkan Hukum Sejak Dini
BERITA TERKAIT:

aktualonline.cm.TELUK DALAM///Kejaksaan Negeri Nias Selatan (Nisel) Teluk Dalam mengadakan kegiatan pengenalan hukum kepada masyarakat Nias Selatan khususnya anak-anak Rabu kemarin di TK.Bintang Laut Teluk Dalam Nias Selatan-Sumatera Utara.

Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya yaitu Jaksa Masuk Sekolah yang mengenalkan hukum kepada anak siswa SMA/SMK dan SMP, karena pesertanya dalam kegiatan ini para siswa-siswi TK Bintang Laut, Teluk Dalam Nias Selatan. 

Kegiatan yang diberinama Jaksa Sabahat Anak  ini memberikan pengenalan norma-norma dalam kehidupan sehari-hari seperti kejujuran, keberanian dan beretika yang merupakan norma dasar kehidupan sehari-hari menyesuaikan kemampuan daya nalar anak-anak siswa Taman Kanak- kanak (TK).

Menurut Puryaman Harefa, SH Kepala seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Nias Selatan, kegiatan di tahun 2018 ini Kejari Nisel mencoba untuk memperkenalkan hukum secara sederhana kepada generasi kita khususnya yang masih anak usia dini agar mengenal hukum tetapi bukan hukum positif seperti UU atau peraturan-peraturan lainnya. 

"Kita perkenalkan kepada mereka tentang arti kejujuran, keberanian bertindak untuk kebenaran dan etika kehidupan sehari-hari baik kepada orang tua, guru dan teman sekolah"Ucap Harefa.

Menurutnya, dari hal yang sederhana tersebut apabila sudah tertanam sejak dini niscaya nanti mereka menjadi remaja yang sudah mempunyai karakter yang baik, dan tentu saja akan selalu menghindari perbuatan yang melanggar hukum.

Kegiatan tersebut diikuti 150 siswa/siswi merupakan kerjasama Kejaksaan Negeri Nias Selatan dan Tenaga Kesehatan nusantara sehat dengan Rangkaian acara dimulai dengan pemutaran film kartun Sahabat Pemberani yang di buat  Komisi Pemberantasan Korupsi yang berisi tentang arti persahabatan dan keberanian untuk melakukan kebenaran.

 

Selanjutnya pengenalan tentang arti Kejujuran, keberanian dan etika oleh Jaksa Dame Rasita Bangun, SH yang dilakukan secara komunikatif dan bersahabat dengan anak-anak agar anak-anak mudah mencerna.

Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan dongen anak tentang Kancil dan Buaya oleh Markus Purap tenaga Kesehatan Nusantara Sehat yang ditempatkan di Puskesmas Aramo, Kabupaten Nias Selatan.

intinya dari dongen tersebut memberi pelajaran bahwa keberhasilan bukan ditentukan oleh otot atau tenaga yang besar akan tetapi dipengaruhi oleh kerja otak atau berfikir secara cerdas, selanjutnya ditutup dengan pembagian buku-buku komik dan bacaan tentang arti kejujuran, keberanian yang merupakan bahan pengenalan kepada anak-anak untuk menanamkan kejujuran dan keberanian dan juga dibagian gantungan kunci yang bertema kejujuran.

Senada dengan itu Kepala Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Riyono, SH,Mhum, menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan kepada anak-anak sejak dini tentang kejujuran, keberanian bertindak  benar dan etika kehidupan sehari-hari agar tertanam sejak dini dan juga memperkenalkan lembaga Kejaksaan kepada masyarakat luas. 

Menurut Riyono, apabila 3 norma dasar kehidupan sehari-hari seperti tersebut telah tertanam sejak dini maka niscaya akan lahirlah generasi yang berkarakter dan tentu saja akan menjadi genarasi yang akan selalu mentaati hukum.

"Kami berharap dengan kegiatan ini maka anak-anak yang merupakan calon-calon generasi penerus akan menjadi generasi yang berkarakter tangguh dan taat hukum"ujar Riyono yang mantan penyidik KPK ini.///P.Zebua

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 14 Agustus 2018 | 23:10:33
Dinas PU Perbaiki Tanggul Jebol di Medan Labuhan
Selasa, 14 Agustus 2018 | 22:53:51
6 Hari Menghilang..Kusor Haharap Ditemukan Gantung Diri
Selasa, 14 Agustus 2018 | 01:35:53
Siswa MAPN 4 Medan Desak Kepsek Mundur
BERIKAN KOMENTAR
Top