• Home
  • Sumut
  • Sekda Paluta Buka Deklarasi BABS Desa Batang Pane
Senin, 12 Maret 2018 | 13:36:40

Sekda Paluta Buka Deklarasi BABS Desa Batang Pane

BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas Utara bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrpovsu) mendeklarasikan gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Lapangan Desa Batang Pane I Kecamatan Halongonan Timur,Kabupaten Padang Lawas Utara.

Deklarasi ini merupakan yang pertama untuk tingkat desa di seluruh Paluta yang di hadiri perwakilan Dinkes Sumut,Sekda Kab Paluta Burhan Harahap SH,Kadis Kesehatan Dr Sri Prihatin Harahap M.Kes, Kadis Pendidikan Umar Pohan,beberapa pegawai kantor Camat Halongonan Timur,beberapa kepala desa dan seluruh masyarakat Desa Batang Pane I.Rabu kemarin.

Sekda Kab Paluta Burhan Harahap SH dalam sambutannya mengatakan.syukur alhamdulillah atas keberhasilan Deklarasi Stop BABS sebagai pembukaan program pertama di Kabupaten Paluta tepatnya di Desa Batang Pane I ini untuk keinginan masyarakat dan pemerintah agar dapat meninggalkan perilaku berisiko melalui peningkatan sanitasi yang layak dalam kategori penyakit yang terkait dengan lingkungan.

Maka berkat dorongan masyarakat desa supaya  bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan melalui program deklarasi stop BABS ini ujarnya.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Paluta Dr Sri Prihatin Harahap M Kes.mengatakan,sebanyak 28% anak balita Indonesia mengalami stunting, menurut Studi Pemantauan Status Gizi Kemenkes 2017. Bukan hanya kurang makan, melainkan kesehatan lingkungan secara tidak langsung pun memunculkan stunting akibat munculnya penyakit cacingan dan kurang gizi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan  Paluta gerakan masyarakat sehat stop Buang air besar sembarangan ini bertujuan memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat  menyerukan komitmen bersama, khususnya jajaran instansi pemerintahan dan masyarakat desa dalam meningkatkan visi dan misi khususnya di bidang kesehatan dan kami dari dinas kesehatan kabupaten paluta berupaya semaksimal mungkin agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam meningkatkan program dalam bidang kesehatan dan kami sangat mengharapkan bantuan masyarakat agar bersama-sama meningkatkan kualitas kehidupan yang sehat terutama dalam lingkungan sekitar ujarnya.

 

Sementara Ketua PKK Desa Batang Pane I Krismiati mengatakan warga desanya begitu bersemangat baik dari muda mudi apalagi ibu-ibu PKK menyambut baik deklarasi ini melalui beberapa penampilan berupa tarian yang membuat acara deklarasi stop BABS ini sangat memukau dan berharap agar  Pemerintah kabupaten paluta ke depannya supaya dapat mendukung sepenuhnya masyarakat desa batang pane I  agar dapat memberikan pelayanan terbaik utamanya di bidang kesehatan tutupnya.///Sahnan Harahap

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 22 Juni 2018 | 18:36:31
Mendagri Lantik Eko Subowo Sebagai Penjabat Gubsu
Jumat, 15 Juni 2018 | 01:51:53
Kasus Sengketa Tanah Meningkat di Samosir
BERIKAN KOMENTAR
Top