• Home
  • Sumut
  • Desak Sengketa Lahan Diselesaikan !!! Massa FBR Geruduk BPN Sumut
Jumat, 13 April 2018 | 00:49:43

Desak Sengketa Lahan Diselesaikan !!! Massa FBR Geruduk BPN Sumut

Foto/Ist
Massa FBR Geruduk BPN Sumut
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN///Ratusan Massa yang menamakan diri sebagai Forum Rakyat Bersatu (FBR) Sumatera Utara menggelar unjuk rasa ke Kantor Wilayah Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jalan Brigjen Katamso, Medan, Kamis (12/4).

 

Massa yang terdiri dari para petani tersebut menuntut agar BPN Sumut dapat menyelesaikan konflik sengketa lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II. Konflik sengketa lahan itu sendiri bermula saat para petani tak lagi dapat menggarap di tanah eks PTPN II karena digusur oleh PTPN II pada beberapa waktu silam.

 

Sebelum tiba di kantor BPN Sumatera Utara, massa sempat berkumpul di Lapangan Merdeka Medan. Dari titik tersebut, massa kemudian melakukan jalan bersama (long march) menuju BPN.

 

Dalam orasinya di BPN Sumatera Utara, Ketua FBR Sumut Rabualam Syahputra mendesak agar BPN dapat menyelesaikan konflik sengketa lahan tersebut.

 

"BPN harus menyelesaikan rekonstruksi kasus Eks HGU PTPN II. Kalau tidak, kepala BPN harus mundur," ujar Rabualam saat berorasi di depan kantor BPN Sumut (12/4).

 

Menurut Rabualam, pembagian sertifikat tanah yang dibagikan Jokowi juga tidak berpengengaruh kepada para petani. Sebab, kata dia, para petani tak lagi dapat bercocok tanam di tanah eks PTPN II.

 

"Bagi petani yang penting mereka bisa bercocok tanam," teriak Rabualam di hadapan demonstran lainnya.

 

Dalam aksi tersebut, tampak para pengunjuk rasa memegang poster dan spanduk yang bertuliskan agar BPN menyelesaikan rekonstruksi tanah agar segera didistribusikan ke warga. Tak hanya itu, para pengunjuk rasa juga meminta agar PTPN II melakukan ganti rugi atas penggusuran yang pernah dilakukan kepada petani.

 

Sementara itu, massa yang berkumpul di kantor BPN Sumut menyebabkan kemacetan panjang di wilayah Istana Maimun dan sekitarnya. Hal itu akibat satu ruas Jalan Brigjend Katamso diblokir akibat adanya unjuk rasa tersebut.

 

Dalam unjuk rasa kali ini, sejumlah aparat kepolisian mengamankan lokasi. Dua mobil water canon disiagakan.///Zul

 

 

 

 

Editor : Zul

 


BERITA LAINNYA
Senin, 17 Desember 2018 | 15:54:42
Kapolda Sumut Siap Bantu Perayaan Natal PWI 2018
Senin, 17 Desember 2018 | 14:48:06
Kapolda Ajak Goweser Ciptakan Pemilu Damai
BERIKAN KOMENTAR
Top