• Home
  • Sumut
  • Jalan Lintas Gunung Tua – Nabundong Rawan Longsor
Selasa, 17 April 2018 | 02:11:32

Jalan Lintas Gunung Tua – Nabundong Rawan Longsor

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Jalan Lintas Gunung Tua – Nabundong Rawan Longsor

aktualonline.com.PALUTA///Jalan lintas Gunung Tua Padang Sidempuan tepatnya di Kilometer 25'Nabundong,Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara rawan longsor.

 

Terlebih lagi sejak dua pecan terakhir ini kawasan tersebut diguyur hujan yang menyebabkan beberapa ruas jalan alternative tergenang air.

 

A.Abidin Hasibuan salah seorang warga Desa Siholbung kepada aktualonline.com, Senin (16/4/2018) mengatakan selain rawan longsor ruas jalan alternative dari Siholbung ke Aek Godang juga sangat rawan kecelakaan lalu lintas.

 

"Namun sampai saat ini tidak ada perbaikan yang dilakukan pemerintah daerah terhadap ruas jalan tersebut," ungkap A.Abidin Hasibuan.

 

Ditambahkan Abidin,terciptanya batang sungai diruas jalan tersebut  akibat dari pemeliharaan dan perawatan jalan sejak dua tahun terakhir ini tidak ada sama sekali sehingga parit jalan tertimbun tanah dan sampah dan mengakibatkan banyak ruas jalan berlobang dan rusak.

 

Memang aspal paling rentan oleh air. Maka jika air hujan tidak bisa langsung mengalir ke saluran air di sisi jalan raya dan tergenang untuk beberapa lama, aspal jalan akan terkelupas dan berlubang. 

 

Apakah pembangunan dan perawatan jalan sarat korupsi.atau memang anggaran perawatan nya memang tidak ada sama sekali kadang tidak ada saluran airnya. Sehingga sudah dapat dipastikan jalan- akan cepat hancur kala musim hujan datang.
Apa lagi melihat kondisi parit jalan ini,ungkap Abidin.


"Jika jalan berlubang atau rusak, idealnya segera dilakukan perbaikan," tegasnya. 

 

Sayangnya persoalan kewenangan memperbaiki jalan saja terkotak-kotak ini yang menjadi misteri Dalam satu wilayah tanggung jawab perawatan dan perbaikan jalan berbeda-beda. Ada yang harus dilakukan oleh Pemda setempat namun ada juga yang harus Pemerintah Pusat. Sangat membingungkan publik.ujarnya.

 

Apalagi jalan Lintas Gunung Tua - Padang Sidimpuan merupakan satu-satunya jalan alternatif yang menghubungkan beberapa propinsi dan kabupaten bila terjadi kerusakan longsor dan sampai terputus sangat merugikan masyarakat banyak.ujarnya.


Sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum (PU) No. 631 / KPTS / M / 2009 tentang Penetapan Ruas-ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Nasional Bukan Jalan Tol, jelas bahwa sebagian jalan di berbagai wilayah kota atau Kabupaten masih berstatus jalan Nasional. Tentunya semua biaya perawatan dan perbaikannya berada di Direktorat Jenderal bina marga propinsi.


Jadi jika publik merasa terganggu atau bahkan menjadi korban kerusakan jalan, sudah jelas siapa yang berwenang mengurus ruas jalan dimaksud. Apalagi jika ingin melakukan tuntutan hukum.


Kewenangan dan tanggung jawab penyelenggara jalan telah diatur pada Pasal 24 ayat (1) UU No. 22 tahun 2009, 

 

Menanggapi hal tersebut Kapolsek Padang Bolak AKP Maju Harahap SH melalu Kepala Unit Satuan Lalu Lintas (Kanitlantas) Polsek Padang Bolak IPTU M.Simanjuntak dalam penuturannya kepada wartawan mengatakan, berharap perbaikan jalan tersebut segera dilakukan karena melihat kondisi sekarang ini adalah musim hujan, tentu kita berharap pihak-pihak yang berwenang segera menanganinya.

 

Telah kita ketahui bersama bahwa jalan lintas gunung tua padang sidempuan adalah satu-satunya jalan alternatif yang menghubungkan beberapa daerah kabupaten kalau sampai terjadi longsor apa lagi sampai terputus.

 

Sementara salah satu pihak kontraktor dari PT Dalihan Natolu Group (DNG) yang di ketahui menangani Jalan Nasional Kota Pinang -:Palsabosal,Mukhtar Harahap.yang di hubungi wartawan melalui telepon selular, Senin (16/4) mengatakan, bahwa penanganannya telah dikerahkan kesana dan kita sebagai penanggungjawab akan berusaha secepat mungkin untuk memperbaiki terutama titik yang rawan, ujarnya//Sahnan Harahap

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Sabtu, 22 September 2018 | 13:23:41
Misman Kades Tembung Pengganti Antar Waktu
Sabtu, 22 September 2018 | 12:49:46
Kapolres Pelabuhan Belawan Lakukan Jumat Barokah
Jumat, 21 September 2018 | 21:25:50
Bupati Paluta Sambut Kedatangan Rombongan Jemaah Haji
Jumat, 21 September 2018 | 11:55:19
Wakil Wali Kota Hadiri Deklarasi Bersama Pemilu Damai
Kamis, 20 September 2018 | 17:02:04
Merasa Permintaannya Diabaikan !!! Istri Bunuh Suami
BERIKAN KOMENTAR
Top