• Home
  • Sumut
  • Dinas Lingkungan Hidup Paluta Gelar Penyuluhan Pengendalian Polusi dan Pencemaran Lingkungan
Sabtu, 21 April 2018 | 00:19:50

Dinas Lingkungan Hidup Paluta Gelar Penyuluhan Pengendalian Polusi dan Pencemaran Lingkungan

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Dinas Lingkungan Hidup Paluta Gelar Penyuluhan Pengendalian Polusi dan Pencemaran Lingkungan
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Seiringnya dengan semakin meningkatnya pertumbuhan penduduk dan peningkatan perekonomian kabupaten padang lawas utara tentu memiliki dampak yang luas termasuk pada kualitas lingkungan hidup yang identik dengan meningkatnya produksi limbah dan polusi di Paluta dan sekitarnya.

Dalam amanat Undang-Undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup maka instansi terkait yaitu Badan Lingkungan Hidup kabupaten padang lawas utara,Sumut.sebagai pelaksana teknis melakukan kegiatan penyuluhan pengendalian polusi dan pencemaran serta Sosialisa kerusakan lingkungan yang dilaksanakan hari.Rabu(18/4/2018) di aula Kantor Camat Kecamatan Batang Onang,Kabupaten Paluta.

 

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Padang Lawas Utara. Mara Hamid SP melalui Kepala Bidang Tata lingkungan hidup Almujaki dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan partisipasi  seluruh elemen,  baik masyarakat dan pemerintah yang peduli lingkungan. Meningkatkan kinerja pelayanan kerusakan lingkungan, peningkatan koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan lainnya yang diiringi peningkatan profesionalisme dalam pelayanan publik khususnya.

 

 Dengan sasaran utama adalah Meningkatkan.pemerhati lingkungan serta instansi maupun lembaga terkait untuk membangun komitmen bersama dalam pengendalian polusi dan pencemaran lingkungan di Kecamatan batang onang Khususnya kabupaten paluta.ujarnya.

Selanjutnya Almoprisesa siregar ST.MSi yang bertindak sebagai nara sumber kegiatan ini mengatakan bahwa pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan telah diupayakan untuk terus disebarluaskan dan diimplementasikan dalam tiga dekade terakhir. Kondisi lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah hak asasi setiap warga negara yang di jamin dalam UUD 1945. 

 

Namun setiap orang berkewajiban melindungi  dan mengelola lingkungan hidup. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah lingkungan sangat dibutuhkan kebersamaan dan komitmen langkah nyata oleh semua pihak. 

 

Dengan meningkatkan kesadaran  masyarakat atas kelestarian alam dan lingkungan yang baik dan sehat bagi masyarakat umum dan sekitarnya.


Pada kesempatan tersebut Almo juga mengingatkan tentang pidana dan denda bagi perusak lingkungan hidup.

 

Yaitu pidana penjara tiga tahun  dan paling lama 10 tahun dengan jumlah denda paling sedikit tiga miliyar dan paling banyak sepuluh miliyar rupiah sesuai UU no.32 tahun 2009 pasal 98 ayat 1 "setiap orang dengan sengaja melakukan perbuatan yang mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara ambien, baku mutu air, atau kriteria baku kerusakan lingkungan hidup" akan menerima pidana ini.

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh para pemerhati lingkungan, instansi/lembaga terkait dan masyarakat umum.

 

Almoprosesa Siregar juga memaparkan materi tentang pengendalian polusi dan pencemaran, kebijakan pengendalian polusi dan pencemaran lingkungan.

 

Dan Dinas Lingkungan Hidup akan mengadakan pembentukan pos pengaduan kerusakan lingkungan yang nantinya di bentuk di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Lawas Utara tutupnya.//Sahnan Harahap

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Rabu, 18 Juli 2018 | 00:02:47
PKH Jadi Polemik Warga Gunungsitoli
Senin, 16 Juli 2018 | 21:46:30
Kapal Jenis Roro Akan Beroperasi di Danau Toba
Senin, 16 Juli 2018 | 21:24:00
Wali Kota Resmikan Sekolah Medan Mulia
BERIKAN KOMENTAR
Top