• Home
  • Sumut
  • Panwaslih Paluta Gelar Rakor Kampanye dengan Wartawan dan LSM
Minggu, 13 Mei 2018 | 00:48:10
*Jelang Pilgubsu dan Pilkada Paluta

Panwaslih Paluta Gelar Rakor Kampanye dengan Wartawan dan LSM

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Panwaslih Paluta Gelar Rakor Kampanye dengan Wartawan dan LSM
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) serta Kepala Daerah bukan semata hanya tanggungjawab Panwaslu tetapi juga tanggungjawab seluruh pemangku kepentingan/steakholder.

 

Dalam rangka mengoptimalkan peran lembaga-lembaga terkait,Panwas Kabupaten Paluta menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan mengusung thema "Kerjasama Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Sumut serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Paluta Tahun 2018.yang dilaksanakan di Aula Hotel Mitra Indah Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak, Sabtu (12/5/2018).


Peserta rakor adalah para wartawan dan LSM se-Kabupaten Paluta dengan menghadirkan nara sumber dari beberapa senior wartawan dan LSM yang mengambil point tentang "Netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sumut dan Kepala Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara.

 

Ketua Panwaslih Kabupaten Padang Lawas Utara,Marakali Harahap S.pd.i dalam sambutannya mengatakan,kesiapan tahapan kampanye pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Sumut serta Bupati dan Wakil Bupati Paluta  diharapkan peran serta pengawasan wartawan dan LSM dalam rangka sukses Pilkada.

 

Tujuan rakor ini adalah untuk menegaskan peran masing-masin agar terjadi kesepahaman tentang agenda besar Kabupaten paluta yaitu mensukseskan di setiap pengawasan Proses Pilkada, sehingga tidak terjadi overlaping peran serta kerja sama sebagai institusi independent tetap berpegang pada tugas pengawasan atau sosial kontrol khususnya Wilayah Kabupaten Paluta, jelasMarakali Harahap.


Marakali menambahkan,kehadiran wartawan, dan LSM diharapkan dapat memberikan informasi yang berimbang kepada masyarakat sebagai bagian pendidikan kepada masyarakat, sedang tokoh masyarakat dan agama diharapkan dapat menjadi motivator bagaimana masyarakat memiliki keberanian untuk menyampaikan segala bentuk pelanggaran dan kecurangan dalam proses Pilkada ini, ujarnya seraya menambahkan,
siap menampung semua masukan dan keritikan

 

Sementara nara sumber Firdaus Harahap.SH, Wapemred Media Bidik Kasus. Mengatakan, jika Panwas Paluta memberikan pelayanan serta saling berbagi informasi tentunya peran-peran tersebut dapat difungsikan dengan baik, maka kita semua yakin dapat meweujudkan Pemilihan kepala daerah yang beradab dan berkeadaban" imbuh Firdaus Harahap.


Sebagai tugas jurnalis.wartawan juga LSM sebagai sosial kontrol bukan hanya mengawasi proses pilkada tapi disemua agenda lain yaitu ingin melihat langsung jalannya acara kampanye dan juga jajaran terkait pilkada baik KPU dan Panwaslu serta pemerintah dan semua unsur yang terjadi ditengah masyarakat untuk mengetahui perkembangan pengawasan dan kendala yang dihadapi dan isu-isu terkini baik dan buruknya.ujarnya

 

Hal yang sama di uraikan nara sumber wartawan Metrotvnews Sulaiman Siregar dan Wartawan Harian Waspada Pak Lubis.

 

Sementara Ketua LPP TIPIKOR Paluta Akhiruddin Siregar yang juga tampil sebagai narasumber mengatakan, potensi pelanggaran dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Paluta,yang disinyalir melibatkan kelembagaan Panwas.

 

 "Panwas Kabupaten paluta segera mengambil langkah tegas tapi tepat, sebab masalah yang tengah ditangani adalah masalah yang erat dengan masalah politis. Perlu sikap yang bijak dalam pengambilan keputusan baik di pihak paslon tunggal maupun kolom kosong karena keduanya memiliki kekuatan yang sah untuk dipilih ujarnya.

 

Begitu pula wartawan dan LSM agar tidak gamang dalam melakukan penanganan dalam mengawasi Pemilu di tengah-tengah masyarakat yang bertugas sebagai independen tanpa memihak kepada hal-hal tertentu, diharapkan bila ada kekurangan dan kekeliruan di tengah-tengah masyarakat dalam PILKADA dapat diselesaikan melalui pencerahan dan pemahaman yang positif dengan kordinasi yang baik jelas Akhiruddin.///Sahnan Harahap

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 15 November 2018 | 17:12:59
Kejatisu Gelar In House Training
Rabu, 14 November 2018 | 13:11:10
Jajaran Poldasu Ungkap 15 Kasus Narkoba
Senin, 12 November 2018 | 14:00:39
Polres Pelabuhan Belawan Basmi Pekat dengan Ops K2YD
Senin, 12 November 2018 | 13:58:34
Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top