• Home
  • Sumut
  • Butuh Perhatian Pemkab Paluta….Ruas Jalan Lintas Gunung Tua – Binanga Semakin Rusak
Selasa, 15 Mei 2018 | 01:51:00

Butuh Perhatian Pemkab Paluta….Ruas Jalan Lintas Gunung Tua – Binanga Semakin Rusak

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Butuh Perhatian Pemkab Paluta….Ruas Jalan Lintas Gunung Tua – Binanga Semakin Rusak
BERITA TERKAIT:

 

aktualonline.com.PALUTA///Kondisi ruas jalan provinsi yang berada di Kabupaten Padang tepatnya di jalan lintas penghubung Gunung Tua ke Binanga dan juga digunakan sebagai jalan lintas ke Pekanbaru - Riau kini kondisinya semakin parah.

 

Pantauan Koresponden aktualonline.com,Senin (14/5) bahkan sepanjang badan jalan lintas Gunung Tua menuju Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas (Palas) tepatnya di depan Asrama TNI Kompi 123 Gunung Tua,Kecamatan Padang Bolak hingga Desa Sitopayan,Kecamatan Portibi tidak terhitung jumlah kerusakan dengan kondisi jalan berlubang yang mengangga.

 

Bahkan,jika musim penghujan, ruas jalan menjadi berlumpur dan rawan menimbulkan kecelakaan. Musim kemarau, jalan berdebu dan membahayakan kesehatan dan keselamatan warga.


Sartika Siregar salah seorang warga Padang Lawas Utara kepada aktualonline.com mengatakan, bahwa belum lama ini salah seorang pengendara sepeda motor Darmawan Saputra warga Pekanbaru-Riau mengalami kecelakan dimana sepeda motor yang dikenderainya terperosok ke dalam lobang jalan yang menganga sehingga dirinya mengalami luka-luka dan sepeda motor yang dikenderainya luka paah, ungkap Sartika yang menyebutkan peristiwa itu terjadi pada tanggal 12 Mei 2015 kemarin.

 

Kata Sartika saat itu kondisi jalan yang berlubang dipenuhi dengan air hujan akibatnya pengendara sepeda motor tersebut tidak tahu dan akhirnya terperosok ke dalam lobang jalan yang menganga lebar tersebut, ungkap Sartika yang merasa malu dengan kondisi jalan lintas sumatera itu.

 

Bahkan tak hanya pengendara sepeda motor itu saja yang telah menjadi korban tetapi Sartika juga telah menjadi korban yang mengakibatkan mobil miliknya rusak karena menghantantam jalan berlobang tersebut.

 

Satika berharap agar Pemkab setempat segera memperhatikan dan memperbaiki ruas jalan tersebut apalagi jelang Perayaan Idul Fitri  1439 H yang mana jalan itu akan menjadi jalan alternatff yang akan dilintasi pengendara bermotor. Kalau tidak segera diperbaiki dipastikan bakal akan banyak menelan korban akibat kondisi jalan yang rusak dan buruk tersebut.

 

Hal senada juga disampaikan Masrun Siregar Warga Portibi,Kecamatan Paluta.Menurut Masrun Siregar selain Pemkab Paluta yang bertanggung jawab atas hal ini juga Dinas Bina Marga  PU Propinsi dan tentunya ada biaya perawatan sampai kondisi jalan lintas seperti ini tidak bisa diperbaiki termasuk pembuatan parit jalannya tidak ada terlihat sama sekali atau jangan jangan biaya perawatannya sudah ludes di kantongi,ujar Masrun bernada kesal karena anak sulungnya telah menjadi korban kerusakan jalan itu yang hingga kini anaknya menderita cacat pada kepala dan kaki akibat sepeda motor yang di kemudikannya terperosok ke jalan yang berlobang tersebut.


"Heran kita, entah apa pertimbangan pemerintah daerah untuk mengusulkan status jalan ini, padahal ini jalan Provinsi kapan ya perbaikan akan segera dilakukan, ungkap Masrun.


Bahkan tak hanya persoalan jalan rusak yang menjadi problem krusial di daerah ini tetapi kondisi saluran drainase kerusakan gorong-gorong jalan di Desa Aek Haruaya Kecamatan Portibi yang telah lama hampir terputus sampai sekarang belum ada tanda-tanda perbaikan membuat pengguna jalan sangat rawan terjadinya kecelakaan jika tidak segera diperbaiki.


"Kita berharap pemerintah untuk segera memperbaiki. Entah bagaimana caranya ," Harap masrun siregar.///Sahnan Harahap

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 21 Mei 2018 | 00:24:40
Wagubsu Buka Pofam Cup I se-Sumut
BERIKAN KOMENTAR
Top