• Home
  • Sumut
  • Panwaslu Paluta Gelar Rakor Bersama Stakeholder
Rabu, 16 Mei 2018 | 12:05:29

Panwaslu Paluta Gelar Rakor Bersama Stakeholder

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Panwaslu Paluta Gelar Rakor Bersama Stakeholder
BERITA TERKAIT:

aktualonline.Com.PALUTA//Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten padang lawas utara menggelar rapat koordinasi stakeholder dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2018.


Rapat koordinasi yang berlangsung di Hotel Mitra Indah Gunung Tua,Kecamatan Padang Bolak,Kabupaten Paluta yang dihadiri Ketua Panwaslu Paluta Marakali Harahap S.Pdi dan Komisioner Panwaslu lainnya, Komisioner KPU Paluta Herisal Lubis, Asisten III Pemkab Paluta Drs H Anwar Benny MM.Kadis Komunikasi dan Informatika Paluta Anwar Sadat Siregar SE M.Si,Kapolsek Padang Bolak AKP Maju Harahap SH.Danramil. 05 Gunung Tua, mahasiswa.tokoh pemuda.Okp.tokoh masyarakat, tokoh agama se-Kabupaten Paluta,LSM serta wartawan, Selasa (15/5/2018).


Sebagai narasumber Rakor tersebut Komisioner KPU Herisal Lubis mengatakan sukses pemilu bukan hanya sukses pada penyelenggaranya saja, namun seluruh komponen masyarakat harus ikut terlibat bersinergi untuk menciptakan pemilu yang demokratis.

Kita semua, kata Herisal, memiliki tugas untuk mencerdaskan pemilih pemula. Seperti contoh anak yang sudah berumur 17 tahun akan melakukan pemilihan umum untuk pertama kali. Maka, berilah pemahaman yang baik kepada mereka agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas.

 

"Lima menit di tempat pemungutan suara (TPS) akan berpengaruh pada 5 tahun ke depan masa depan negara kita baik tingkat provinsi maupun kabupaten,kecamataan maupun desa pada umumnya adalah tergantung kita" ungkap sosok Komisioner KPU ini.

 

Dalam pemilhan bupati paluta terdapat satu calon yang mendaftarkan diri ke KPU yang memenuhi syarat sebagai calon bupati dan wakil bupati maka terjadi kemunculan kolom kosong.yang akan menjadi lawan tanding dan menjadi pilihan yang sah dalam undang-undang

 

Namun tak satupun uu yang mengatur di dalam peraturan KPU yang bisa mengkampanyekan kolom kosong akan tetapi dapat di sosialisasikan dan menjadi pilihan yang sah maka semua masyarakat paluta yang telah ikut dan terdaftar dalam daftar pemilih pillih calon dan kolom kosong itu sama saja sah di dalam UU KPU ujarnya.dan mari sama-sama Hari Rabu, 27 Juni 2018 datang ke TPS dan bawa KTP Elektronik atau surat keterangan dari Dukcapil beritakan suara untuk pemimpin dan perubahan Kabupaten Paluta 5 tahun ke depan tutupnya..


Sementara Asisten III Pemkab paluta Drs Anwar Benny MM mengatakan, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN harus bersikap netral. Pada pasal 9 ayat 2 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara sudah jelas disebutkan bahwa pengawai ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik.

Dalam pasal 87 ayat 4 huruf C UU ASN dijelaskan PNS diberhentikan tidak dengan hormat karena menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

 

"Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sudah mewarning dengan tegas bahwa ASN harus tetap netral", tegas Benny.


Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Paluta Anwar Sadat Siregar SE M SI.Mengatakan dalam rangka sukses Pilkada 2018 maka kita harus menyamakan persepsi antara KPU, Bawaslu, Pemerintah. partai politik, ormas, tokoh masyarakat, akademisi, media massa serta masyarakat dalam koordinasi pelaksanaan pemilihan.

Kemudian, mari kita ciptakan stabilitas politik yang kondusif dalam pelaksanaan pemilihan, ciptakan rasa aman bagi masyarakat dalam pelaksanaan pemilihan. "Kemudian, berikan dukungan kelancaran pemilihan", pungkas Anwar.///Sahnan Harahap

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 21 Mei 2018 | 00:24:40
Wagubsu Buka Pofam Cup I se-Sumut
BERIKAN KOMENTAR
Top