• Home
  • Sumut
  • MKKS SMP Samosir Gelar Lomba Mata Pelajaran Antar Sekolah se Kabupaten Samosir
Kamis, 24 Mei 2018 | 13:57:25

MKKS SMP Samosir Gelar Lomba Mata Pelajaran Antar Sekolah se Kabupaten Samosir

aktualonline.com/Parjo N
MKKS SMP Samosir Gelar Lomba Mata Pelajaran Antar Sekolah se Kabupaten Samosir
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SAMOSIR///Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMP Se-Kabupaten Samosir,gelar Lomba Lima Mata Pelajaran Sekolah sekabupaten Samosir kelas VII dan VIII, Kamis (24/05), bertempat di SMP Negeri 1 Pangururan, Samosir Sumatera Utara.

Hal ini disampaikan Sekretaris MKKS SMP Kabupaten Samosir, Saut Marasi Manihuruk S.Pd, kepada aktualonline.com,Kamis (24/05) diacara lomba mata pelajaran tingkat SMP sekabupaten Samosir.

Diterangkannya, bahwa Kegiatan lomba ini akan diikuti oleh 340 peserta kelas VII dan VIII, dari 34 SMP Swasta/Negeri di Kabupaten Samosir, memperlombakan lima mata pelajaran, yakni :1. Bahasa Indonesia, 2. Bahasa Inggris,3. Matematika,4. IPA, dan
5. IPS.

Lanjut Saut, Lomba ini akan mengukur keberhasilan para pihak,Pertama, Kepala sekolah : dengan program di sekolah sesuai visi dan misi yang ditetapkan bersama dengan warga sekolah yaitu berprestasi, baik secara akademis maupun non akademis.

Kedua, Guru : seberapa jauh strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan telah membuat para peserta didik dapat menguasai standar isi dan kompetensi lulusan dalam ukuran kuantitatif dan kualitatif.

Ketiga, Siswa : seberapa jauh penguasaan materi yang dibelajarkan dalam kelas dengan rentang waktu yang telah ditetapkan, diukur dalam bentuk soal-soal valid dan reliabel dengan keterampilan pengerjaan soal, jelasnya.

Jadi, dengan lomba ini akan terukur seluruh keberhasilan dari para pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dengan indikator pencapaian yang telah ditetapkan, katanya.

Lomba ini juga akan menjadi cikal bakal persiapan untuk segala lomba yang diseleng garakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia setiap tahunnya-, sepert OSN, O2SN, FL2SN, LME, OPSI, dan lain-lain.

Beliau juga mengatakan, Fakta lapangan sesungguhnya menunjukkan bahwa para siswa belum dapat berbuat banyak dalam beberapa kancah lomba tingkat provinsi, namun demikian, dengan mengusung optimisme, konsistensi, dan determinasi yang tinggi, pintu-pintu prestasi akan terbuka lebar dalam beberapa waktu yang akan datang.

Dan Lomba ini merupakan inisiasi MKKS SMP Kabupaten Samosir sejak beberapa tahun sebelumnya, dan tetap eksis di tengah-tengah dinamika pengelolaan sekolah yang menyita energi, waktu, dan pikiran.

Harapannya pada tahun depan, lomba ini menjadi agenda tetap yang akan didanai oleh APBD Kabupaten Samosir dan diharapkan menjadi sarana untuk melihat prestasi akademik dan non akademik yang dapat dipersembahkan oleh masing-masing sekolah.

Ditambahkannya, Sebagaimana dalam olah raga sepak bola, ada liga 1, 2, dan liga para juara, demikianlah lomba ini mencapai bentuknya yang utuh sebagai manisfestasi olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga sesuai tuntutan Penguatan Pendidikan Karakter yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Jika dikaitkan dengan visi Kabupaten Samosir, "terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri, dan berdaya saing," maka lomba ini dapat dilihat sebagai upaya-upaya mendasar untuk mempersiapkan sejahtera, mandiri, dan daya saing dalam kurun waktu tertentu pada waktu yang akan datang, harapnya.

Lomba ini adalah perwujudan praktis untuk melihat apakah upaya kolektif dari para pihak telah selaras dengan visi Kabupaten Samosir.

Mari berlomba untuk prestasi adalah ungkapan menyemangati para talenta muda terbimbing di sekolah dalam hari-hari kalender akademik yang diukur dengan alat ukur yang sahih dan ajeg.

Mari kita berlomba dengan menjunjung tinggi prinsip yang terbaik adalah yang teruji dengan segala tes uji dengan kemampuan yang optimal. Sekali lagi mari berlomba untuk prestasi dan Samosir yang lebih baik melalui pendidikan, ajaknya.// ParjoN

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 19 Agustus 2018 | 00:51:45
Perayaan HUT RI ke 73 di Blok V Martubung Meriah
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00:30:10
Wali Kota Serahkan Penghargaan 12 ASN Pemko Medan
BERIKAN KOMENTAR
Top