Kamis, 24 Mei 2018 | 23:15:24

MPA Kabupaten Samosir Terbentuk

aktualonline.com/Parjo N
MPA Kabupaten Samosir Terbentuk
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SAMOSIR///Bertempat di aula hotel Saulina Kecamatan Pangururan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan pembentukan masyarakat peduli api di Kabupaten Samosir pada tanggal 24 Mei 2018.

Hadir pada kesempatan ini Direktur pengendalian kebakatan hutan dan lahan Rafles B Panjaitan,anggota dewan Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan, Kasubbid Kemitraan Pengendalian Kebakaran hutan dan lahan Afrizal,

Kapolres Samosir agus Darojat, Asisiten tata praja dan kesejahteraan rakyat Pemerintah Kabupaten Samosir Mangihut Sinaga, para Staf ahli Bupati Samosir, Kadis Kominfo Kitman Malau, Kabag Humas Siswanto Sinambela, Camat Harian Roberton Manik Camat sianjurmulamula Rudi Sitorus, Camat Pangururan Dumosh Pandiangan, Ketua komunitas rumah hela Hendrik Naibaho dan para pesrta yang berjumlah 60 orang.

Ketua Panitia Parasian Sinaga dalam laporannya menyampaikan pembentukan masyarakat peduli api dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 24 s/d 25 Mei 2018. Peserta berjumlah 60 orang yang berasal dari perwakilan beberapa desa di Kabupaten Samosir yang dana pembentukan masyarakat peduli api ini berasal dari DIPA Direktorat PKHL (Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan).

Lebih lanjut disampaikan agar pembentukan MPA tidak hanya sebatas pelatihan saja tetapi ke depannya dapat menjadikan Kabupaten Samosir bebas asap atau kebakaran dan anggota MPA yang terbentuk tidak hanya bergerak dibidang dalkarhutla tetapi diharapkan di segala bidang kegiatan.

Direktur PKHL Rafles Panjaitan dalam sambutannya  menyampaikan kebakaran sudah menjadi issu internasional dimana Sumut  masuk dalam prioritas pencegahan kebakaran. Dalam usaha pencegahan kebakaran masyarakat dilibatkan dalam pengendaliannya, oleh karenanya 60 orang peserta merupakan masyarakat yang berasal dari desa di Kabupaten Samosir. Lebih lanjut disampaikan bagi 60 orang peserta mari melakukan tugas bukan hanya untuk mencari sertifikat namun marilah bekerja demi membangun bangsa dan negara.

Dalam sambutannya Asisten Tata Praja dan kesejahteraan rakyat Mangihut Sinaga yang mewakili Bupati Samosir menyampaikan terima kasih pada Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan yang sudah peduli terhadap Kabupaten Samosir yang telah melaksanakan pembentukan masyarakat peduli api. Sebagaimana yang terjadi sekitar 2 tahun yang lalu kondisi Samosir memprihatinkan terkait bahaya kebakaran, dengan adanya pembentukan masyarakat peduli api diharapkan Kabupaten Samosir semakin bangkit dan dan terhindar dari bahaya kebakaran.

Sosialisasi Pembentukan masyarakat peduli api dirangkai dengan penyerahan peralatan oleh Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan yang akan digunakan bagi para peserta.//ParjoN

 

Editor : Zul

BERITA LAINNYA
Rabu, 17 Oktober 2018 | 23:20:13
Kapolrestabes Sambut Jamaah Haji Kota Medan
Rabu, 17 Oktober 2018 | 13:28:18
PKS Rombak Susunan Pengurus Wilayah Sumatera Utara
BERIKAN KOMENTAR
Top