• Home
  • Sumut
  • Bupati Samosir Lakukan Penaburan Restocking Ikan Tawar
Jumat, 1 Juni 2018 | 00:54:26

Bupati Samosir Lakukan Penaburan Restocking Ikan Tawar

aktualonline.com/Parjo N
Bupati Samosir Lakukan Penaburan Restocking Ikan Tawar
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SAMOSIR///Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Kepala Dinas Pertanian Erkanus Simbolon, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tombor Simbolon, SH, MM, Kepala Dinas PERA dan KPP Marang Situmorang, Camat Ronggur Nihuta Sitor Silalahi serta Kepala Bagian Humas Sekdakab Siswanto Sinambela melakukan penaburan bibit Restocking Ikan di Pea Aek Tawar Desa Ronggur Nihuta, Kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir, Kamis 31 Mei 2018.

Camat Ronggur Nihuta Sitor Silalahi, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Samosir atas perhatiannya setelah embung diperbaiki langsung ditabur ikan dan ini adalah yang kedua kalinya dilakukan penaburan ikan di Pea Aek Tawar ini. Kami bersama warga masyarakat Ronggur Nihuta akan menjaga embung Pea Aek Tawar ini serta bibit ikan ini, untuk dipanen pada saatnya nanti untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat Ronggur Nihuta.

Tokoh masyarakat Ronggur Nihuta Erikson Sitanggang (Op. Elsa) menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Samosir, khususnya kepada Bupati Samosir karena sudah banyak memberikan perhatian dengan melakukan penaburan ikan di Pea Aek Tawar ini, mudah-mudahan dapat berkembangbiak sehingga bisa dipancing atau dipanen di kemudian hari. "Masih banyak embung-embung di wilayah Kecamatan Ronggur Nihuta yang masih bisa dibenahi. Semoga Bupati Samosir tetap memperhatikannya walaupun secara bertahap", ujarnya.
Sebenarnya kebanyakan daerah Ronggur Nihuta adalah petani, kami lebih banyak bertani, untuk itu kami juga bermohon agar kami diberikan bibit kopi atau bibit pertanian yang lain yang dapat kami manfaatkan dengan baik, besar harapan kami bibit tersebut dapat kami terima pada tahun ini.

Kadis Pertanian Erkhanus Simbolon, dalam laporannya menyampaikan bahwa bibit yang ditabur berjumlah 30.000 ekor yang terdiri dari ikan Nila 20.000 dan ikan Tawes 5.000 ekor, serta ikan Nilam 5.000 ekor yang bersumber dari PUSPIK (Pusat Pembenihan Ikan) Ambarita, Kabupaten Samosir binaan Provinsi Sumatera Utara. Kadis Pertanian menyampaikan agar masyarakat menjaga bibit tersebut tunggu beberapa bulan dulu baru dipancing ikannya.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, dalam arahannya menyampaikan agar masyarakat menjaga dengan baik bibit yang ditabur. "Jangan langsung dipancing apalagi menangkap dengan penangkap ikan massal. Pea Aek Tawar ini akan dikembangkan menjadi tempat Wisata Pancing, hasil panennya juga bisa dikelola oleh BUMDes, hasilnya juga untuk masyarakat, akan dibentuk untuk mengelola tempat wisata tersebut, kita pagar dan dikarcisi. Ini akan terwujud bila masyarakat peduli."

Bupati Samosir juga menyampaikan agar pemilik lahan yang ada disamping Pea Aek Tawar ini dapat melakukan pembenahan dan pematangan lahan sehingga tidak kelihatan kumuh dan banyak rumput liar dan tinggi. Jika lahan sekitar embung ini sudah rapi dan bersih maka masyarakat bisa membuat Gazebo pemandangannya akan semakin indah maka wisatawan pun akan berdatangan untuk memancing ucapnya.///ParjoN

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 22 Juni 2018 | 18:36:31
Mendagri Lantik Eko Subowo Sebagai Penjabat Gubsu
Jumat, 15 Juni 2018 | 01:51:53
Kasus Sengketa Tanah Meningkat di Samosir
BERIKAN KOMENTAR
Top