• Home
  • Sumut
  • APISI Samosir Gelar Lomba dan Seminar Aksara Batak Toba
Jumat, 1 Juni 2018 | 01:13:14

APISI Samosir Gelar Lomba dan Seminar Aksara Batak Toba

Foto/Ist
APISI Samosir Gelar Lomba dan Seminar Aksara Batak Toba
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SAMOSIR///Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (Apisi) Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Samosir menggelar lomba aksara Batak Toba bagi siswa tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan seminar aksara Batak Toba bagi tenaga pendidik/guru, Kamis, 31 Mei 2018.

Acara yang diselenggarakan di lingkungan SMA N 1 Pangururan ini dilakukan untuk mendekatkan aksara Batak secara dini melalui lomba aksara Batak antar pelajar SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Samosir yang diikuti oleh berbagai siswa.

Hal itu dikatakan ketua panitia saat menyampaikan laporannya. Pembiayaan kegiatan ini terlaksana atas dana dari iuran anggota Apisi juga sumbangan donatur.

Batakolog dan Kepala Pusat Dokumentasi dan Pengkajian Kebudayaan Batak, Manguji Nababan yang turut hadir, lewat sambutannya menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini. Karena merupakan salah satu cara dalam pelestarian budaya Batak.

"Aksara Batak adalah warisan leluhur Bangsa Batak. Ini merupakan harta yang sangat berharga, peninggalan nenek moyang suku Batak dan harus dilestarikan," katanya.

Lanjutnya, ada ribuan naskah Batak Kuno yang masih dapat dilihat sekarang ini, seperti di museum, di kalangan masyarakat yang masih ada menyimpan dan menjaganya dan di luar negeri seperti di Jerman dan Belanda.

"Untuk itu, para orang tua utamanya para guru harus menjadi virus menularkan aksara Batak kepada generasi muda agar tetap lestari," katanya.

Manguji mengajak generasi muda khususnya para pelajar untuk menghargai dan melestarikan aksara Batak dengan mempelajari penulisannya dan cara membacanya. Dia berharap, sosialisasi dan lomba penulisan Aksara Batak ini semakin menarik minat generasi muda untuk mengetahui dan memahaminya.

Sementara itu, Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga saat membuka acara mengatakan aksara Batak merupakan kekayaan budaya Batak yang patut dibanggakan. Sejak dahulu kala nenek moyang suku Batak sudah menggunakan bahasa sendiri dan huruf sendiri untuk berkomunikasi, diantaranya menuliskan silsilah, bahan obat obatan, sejarah tempat, korespondensi dan lainnya.

Menurut Juang, saat ini tidak banyak lagi yang memahami aksara Batak, baik menulis maupun membaca. Untuk itu, Pemkab Samosir menyambut baik pelaksanaan sosialisasi dan lomba penulisan Aksara Batak antar Pelajar se Kabupaten Samosir yang dilaksanakan Apisi bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Samosir.

"Kami berharap agar kegiatan seperti ini senantiasa diadakan tiap tahun agar generasi muda bisa mempelajari aksara Batak. Dan sebagai rasa syukur, kami pemerintah kabupaten Samosir memberikan sumbangan sebesar Rp 10 juta. Yang mana 5 juta dari Bupati dan Wakil Bupati Samosir serta 5 juta dari Pemerintah Kabupaten Samosir," kata Juang Sinaga.

Disela-sela kegiatan, Ketua umum Apisi, Hanna Chaterina George yang diwakilkan wakil Bupati Samosir menyematkan ulos kepada ketua Apisi Kabupaten Samosir yang sekaligus kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Samosir, Lastuana Simbolon sebagai apresiasi terlaksananya kegiatan lomba tersebut.

Turut mendampingi Wabup Samosir saat membuka acara, Kadis Budpora, Gomgom Naibaho, Camat Pangururan, Dumosh Pandiangan. Dan dihadiri Ketua FKTM, A. Siska Naibaho dan Ketua FKDM Samosir, Jabarang Simbolon serta bank Mandiri Cabang Samosir.///ParjoN

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Jumat, 22 Juni 2018 | 18:36:31
Mendagri Lantik Eko Subowo Sebagai Penjabat Gubsu
Jumat, 15 Juni 2018 | 01:51:53
Kasus Sengketa Tanah Meningkat di Samosir
BERIKAN KOMENTAR
Top