• Home
  • Sumut
  • Pemkab Samosir Bekerjasama dengan BPJS Beri Jaminan Kecelakaan dan JKT Pada THL
Selasa, 5 Juni 2018 | 00:36:08

Pemkab Samosir Bekerjasama dengan BPJS Beri Jaminan Kecelakaan dan JKT Pada THL

aktualonline.com/Parjo N
Pemkab Samosir Bekerjasama dengan BPJS Beri Jaminan Kecelakaan dan JKT Pada THL

aktualonline.com.SAMOSIR///Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Drs. Jabiat Sagala, M. Hum, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenaga Kerjaan yang diwakili Kepala Cabang BPJS Ketenaga Kerjaan Pematang Siantar Normansyah terkait Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) Tenaga Harian Lepas (THL) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir yang dilaksanakan disela-sela Apel Gabungan Pemerintah Kabupaten Samosir di halaman Kantor Bupati Samosir, Senin 04 Juni 2018.

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga yang menjadi Pembina Apel Gabungan pada acara tersebut juga turut menyaksikan penandatangan Perjanjian Kerjasama yang dilakukan seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir dengan BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Pematang Siantar. Hal ini dilakukan karena Pimpinan OPD lah yang melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenaga Kerjaan seluruh THL yang ada di Kantornya.

Wakil Bupati Samosir sangat berterima kasih kepada Pimpinan BPJS Ketenaga Kerjaan karena sudah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Samosir perihal Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian masyarakat Samosir pada umumnya serta para Tenaga Harian Lepas (THL) pada khususnya.

Ada baiknya juga BPJS Ketenaga Kerjaan juga memberikan keterangan atau penjelasan sampai sejauh mana tanggung jawab BPJS dalam melindungi peserta BPJS Ketenaga Kerjaan jika sudah menjadi anggotanya. Untuk itu kami mengharapkan BPJS Ketenaga Kerjaan melakukan sosialisasi tersebut dengan secepatnya sehingga masyarakat dan para THL melalui OPD masing-masing dapat melakukan apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Tenaga Kerja Cabang Pematang Siantar mengadakan sosialisasi ikatan kerjasama BPJS Ketenaga Kerjaan Tenaga Harian Lepas (THL) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir Tahun 2018. Bupati Samosir yang diwakili oleh Kepala Bagian Humas Siswanto MT Sinambela membuka acara sosialisasi secara resmi yang bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Senin 04 Juni 2018.

Peserta yang hadir pada acara sosialisasi BPJS Ketenaga Kerjaan ini adalah Sekretaris dan Bendahara seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk seluruh Camat  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir. Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari ikatan kerjasama atau Memory of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Samosir dengan BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Pematang Siantar beberapa waktu yang lalu.

Bupati Samosir melalui Kepala Bagian Humas Sekdakab Samosir Siswanto Sinambela menjelaskan bahwa ikatan kerjasama ini dilakukan adalah sebagai wujud tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Samosir dalam melindungi dan menjamin seluruh Tenaga Harian Lepas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir dalam melaksanakan seluruh aktivitas pekerjaan yang dilakukan setiap hari di tempat masing-masing bekerja.

Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di masa depan, namun upaya melindungi dan menjamin kelangsungan hidup dan pekerjaan kita lakukan semaksimal mungkin. Untuk itu kita melakukan ikatan kerjasama dengan BPJS Ketenaga Kerjaan dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) serta Jaminan Kematian (JKM), sehingga jika kedua hal tersebut terjadi maka semua biaya dalam suatu kecelakaan kerja, pengobatan sampai tuntas dan yang mengakibatkan kematian peserta akan ditanggung oleh BPJS Ketanaga Kerjaan. Maka kita sangat berterima kasih kepada pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir yang sudah mengakomodir perlindungan bagi seluruh Tenaga Harian Lepas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir sebanyak 847 orang.

Kepala Cabang BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Pematang Siantar Normansyah mengatakan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir dengan ikatan kerjasama yang sudah dijalin, dan kami akan dengan sangat antusias untuk memenuhi segala bentuk perwujudan dari ikatan kerjasama ini.

Segala klaim akan kejadian kecelakaan maupun biaya perawatan sampai tuntas akan kami penuhi dan semua akan ditanggung oleh BPJS Ketenaga Kerjaan termasuk Jaminan Kematian akan kami berikan klaimnya, tetapi dengan syarat pembayaran iuran BPJS Ketenaga Kerjaan peserta harus dibayar secara rutin.

Kepala Bidang Promosi BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Pematang Siantar Boy Tobing memaparkan bagaimana tugas yang dilakukan oleh BPJS Ketenaga Kerjaan jika terjadi Kecelakaan Kerja maupun Kematian peserta BPJS. BPJS bertanggung jawab melakukan pembiayaan pengobatan kepada peserta jika terjadi kecelakaan, baik itu biaya pengobatan, patah tulang, operasi , cacat yang dikaibatkan kecelakaan maupun biaya pengangkutan peserta jika terjadi rujukan keluar kota maupun keluar Provinsi, semua ditanggung oleh BPJS Ketenaga Kerjaan . Termasuk juga biaya Kematian peserta semua ditanggung oleh BPJS Ketenaga Kerjaan. BPJS juga memberikan santunan maupun beasiswa sekolah sampai Sarjana kepada anak yang ditinggalkan oleh peserta BPJS Ketenaga Kerjaan jika terjadi Kematian Kerja.

Diakhir acara, Bupati Samosir melalui Kepala Bagian Humas Sekdakab Samosir menegaskan agar seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir segera menyerahkan memberikan serta melengkapi berkas administrasi maupun data Tenaga Harian Lepas untuk diserahkan dan didaftarkan kepada BPJS Ketenaga Kerjaan, karena sejak tanggal 1 Juni 2018 ikatan kerjasama Pemerintah Kabupaten Samosir dengan BPJS Ketenaga Kerjaan Cabang Pematang Siantar untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) para Tenaga Harian Lepas sudah berlaku.///ParjoN

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Minggu, 21 Oktober 2018 | 23:55:31
Wanita Tua Tewas Diatas Sofa
BERIKAN KOMENTAR
Top