• Home
  • Sumut
  • Tim Pegasus Reskrim Polsek Patumbak & Sat Reskrim Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Pembunuh Herman
Jumat, 15 Juni 2018 | 01:29:57

Tim Pegasus Reskrim Polsek Patumbak & Sat Reskrim Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Pembunuh Herman

aktualonline.com/Benni Simamora
Petugas gabungan Unit Reskrim Polsek Patumbak dan tim penanganan gangguan khusus (Pegasus) Sat Reskrim Polrestabes Medan meringkus Dian Prasetya alias Brewok (28) pelaku pembunuh Herman karyawan PT Sumber Kayu Getah Nusantara
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN///Petugas gabungan Unit Reskrim Polsek Patumbak dan tim penanganan gangguan khusus (Pegasus) Sat Reskrim Polrestabes Medan meringkus Dian Prasetya alias Brewok (28), warga Jalan Pertahanan, Patumbak, Kabupaten Deliserdang yang telah membunuh dan merampok temannya sendiri bernama Herman. Herman dibunuh dengan tragis, ia dihujani tikaman lalu hartanya diambil.

Motif pembunuhan ini sementara diduga karena perampokan. Tersangka yang pecandu sabu tergiur dengan harta benda temannya itu.

Hal ini terungkap dalam ekspose kasus pembunuhan ini di Mapolrestabes Medan yang pemaparannya dipimpin langsung Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto didampingi Kasat Reskrim,AKBP Putu Yudha serta Kapolsek Patumbak, Kompol Yasir.

Dadang mengatakan, pembunuhan dan perampokan ini berawal ketika tersangka Dian datang ke pabrik PT Sumber Kayu Getah Nusantara, di Patumbak pada Minggu (10/6/2018).

Ketika itu, Dian yang kuli pabrik karet itu datang untuk menanyakan apakah dirinya bekerja pada hari itu. Ia pun duduk di kantin pabrik.

Tak lama berselang, datang Herman (24) sesama kuli pabrik. Dian lalu memanggil warga Jalan Saudara No 18 Kelurahan Timbang Deli, Amplas ini.

"Tersangka ini kemudian menyuruh korban membelikan rokok lalu tersangka masuk ke dalam parit kering untuk menggunakan sabu yang sudah dipersiapkan," kata Dadang.

Tak berapa lama, korban kembali dengan membawa rokok yang diminta tersangka. Korban pun ikut turun ke dalam parit menemui tersangka. "Lalu saat itu, tersangka menyinggung tentang utang lama korban," sebutnya.

Merasa tak punya utang, korban bermaksud meninggalkan tersangka. Saat berbalik badan hendak pergi, tiba-tiba dari arah belakang tersangka menusuk korban dengan pisau. Pisau itu sudah disiapkan tersangka. "Melihat korban belum tewas, tersangka kembali menikami korban hingga belasan tikaman," jelas Dadang.

Melihat korbannya benar-benar tewas, tersangka kemudian mengambil HP Samsung J1 korban. Tak lupa, ia juga membawa motor Honda Supra warna hitam milik korban.

*Pelaku Dihadiahi Timah Panas

Terungkapnya kasus pembunuhan sadis ini berkat keterangan saksi-saksi diantaranya Bambang Wahyono (30) Security Pabrik serta Legiman (51) ayah korban.

Dari keterangan saksi terungkap bahwa terakhir kali korban bersama Dian Prasetya alias Brewok.

Tak sampai 2 jam Tim Pegasus berhasil membekuk Dian Prasetya tak jauh dari rumahnya.

Saat diintrogasi tersangka mengakui telah membunuh korban.Saat digeledah dari saku celana tersangka diamankan HP milik korban.Petugas selanjutnya melakukan pengembangan dan mengamankan pisau dapur yang digunakan tersangka menghabisi korban yang dibuang Dian Prasetya alias Bewok ke dalam kolam ikan di Jalan Pertahanan.

Dilanjutkan Dadang,dari pengakuan tersangka sepeda motor Supra warna hitam milik korban dijualnya kepada rekannya berinisial D (DPO) warga Desa Sei Mencirim,Kecama tan Sunggal,Deli Serdang seharga Rp 1,4 Juta.

Petugas membawa tersangka untuk menunjukkan rumah D. Saat tiba di kawasan Desa Sei Mencirim tersangka menghempaskan tubuh salah seorang petugas hingga terjatuh dan angsung kabur.

Tim Pegasus langsung mengejar tersangka sembari melepaskan tembakan peringatan ke udara namun Dian Prasetya alias brewok tak mengindahkannya.

Petugas memberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kedua kaki tersangka hingga rubuh," tegas Kapolrestabes Medan.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 365 Ayat 3 Subs Pasal 338 dari KUHP Pidana dengan ancaman penjara diatas 15 tahun.///Benny Simamora

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 15 November 2018 | 17:12:59
Kejatisu Gelar In House Training
Rabu, 14 November 2018 | 13:11:10
Jajaran Poldasu Ungkap 15 Kasus Narkoba
Senin, 12 November 2018 | 14:00:39
Polres Pelabuhan Belawan Basmi Pekat dengan Ops K2YD
Senin, 12 November 2018 | 13:58:34
Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top