• Home
  • Sumut
  • Awasi Penyelidikan Dugaan Korupsi Mantan Dirut RSUD Paluta… LSM Lemkira Datang Kejari Paluta
Jumat, 6 Juli 2018 | 00:23:00

Awasi Penyelidikan Dugaan Korupsi Mantan Dirut RSUD Paluta… LSM Lemkira Datang Kejari Paluta

Foto/Ist
Ketua LSM Lemkira Sumut Wil Paluta Sartika Siregar SE
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lemkira Sumatera Utara Wilayah Padang Lawas Utara (Paluta) Sartika Siregar SE mendatangi Gedung Kejaksaan Negeri Gunung Tua Paluta atas laporannya  sendiri serta mengawasi penyelidikan atas dugaan korupsi mantan Dirut RS dalam penyalahgunaan 3 Item Proyek Pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) yakni mesin Anestesi, SIM RS dan proyek Sumur Bor untuk kelengkapan Rumah Sakit Umum Daerah Paluta yang disinyali fiktif.

Kasus yang menghabiskan biaya ratusan juta rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2016 itu saat ini sedang ditangani Kejari Paluta.

Ketua LSM Lemkira Sumut Wil Paluta Sartika Siregar SE, Rabu (04/07/2018) menjelas kan,penanganan kasus itu saya belum tau apakah sudah masuk tahap penyidikan sementara laporan saya sudah lebih dari satu bulan ujarnya.

Sartika Siregar dalam lanjutan penuturannya mengungkapkan atas kekecewaannya atas kedatangan oknum dari salah satu organisasi kepemudaan.(OKP) dI Paluta yang langsung mendatangi rumahnya di Lingkungan 7 Pasar Gunungtua dan berkata supaya menarik laporannya dari Kejari Gunungtua agar didamaikan.

Namun hal ini di tanggapi Sartika Siregar dengan pernyataan oknum OKP yang mengatakan kalau pihak Kejari Gunungtua telah menangani dugaan kasus proyek pengadaan Alkes  mesin (Anestesi) RSUD,SIM RS dan pengadaan sumur bor.Namun tidak ditemukan bukti penyimpangan didalamnya, dan telah meluncurkan surat ke pihak RSUD kalau dugaan penyalahgunaan dana proyek tersebut tidak ditemukan bukti sama sekali,

"Inilah yang menjadi ke kecewaan saya kalau memang itu benar seharusnya pihak kejari mengadakan jumpa pres dan membuat pemberitahuan kepada saya sebagai pelapor," kata Sartika Siregar.

Berdasarkan hasil temuan dari beberapa alat kesehatan yang semestinya diadakan, terbukti banyak item tidak didatangkan.

Hal ini tidak sesuai dengan spesifikasi.Akibatnya diduga telah merugikan negara Ratusan juta Rupiah ungkapnya kepada Jurnalis aktualonline.com,Rabu 4 Juli 2018 di Gunungtua Padang Lawas Utara.

Menurut Sartika kepada penyidik Kejari  pihaknya sudah minta pengelola proyek dan rekanan untuk menukar jenis barang yang tidak sesuai spesifikasi dan membeli barang yang belum ada, namun sampai saat ini ternyata tidak digubris," ujarnya.

Sartika mengatakan, hingga saat ini, penyidik Kejaksaan belum menetapkan tersangkakepada mereka yang dinilai bertanggung jawab telah melanggar Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 juncto Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012, yakni tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah, khususnya Pasal 89 ayat 1 huruf b.

Berdasarkan dokumen yang diperoleh, rekanan pemenang lelang proyek pengadaan alat kesehatan itu adalah  Direktur utama RSUD Paluta Dr A.Sitorus. tahun 2016 ujarnya.

Sementara Kepala Unit Intel Kejari Gunungtua Sutan Sinomba SH ketika di temui aktualonline.com di ruangannya membenarkan telah menerima laporan terkait  3 item proyek pengadaan alat kesehatan RSUD Paluta.

Prosesnya sedang berjalan dan kami sudah meminta keterangan orang-orang yang diduga terkait dengan proyek itu," ucap Sutan.

Dia menjelaskan,pihaknya sudah meminta pihak untuk menggelar dan melakukan penyelidikan atas dugaan penyelewengan dana proyek tersebut dan kalau memang dugaan itu benar akan kita tindaklanjuti  karena telah merugikan Negara,tuturnya.

Sutan juga membantah kalau pihaknya telah mengirim surat pernyataan kepada pihak RSUD Paluta seperti yang dinyatakan  oknum OKP  kepada pihak pelapor Sartika Siregar.

Kita akan tetap peroses  namun kita banyak menangani laporan dia (Sartika Siregar-red) akan tetapi semua itukan punya tahapan karena kita punya keterbatasan personil " proses hukum pada saat ini sedang berjalan,"tutupnya///Sahnan Harahap

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 15 November 2018 | 17:12:59
Kejatisu Gelar In House Training
Rabu, 14 November 2018 | 13:11:10
Jajaran Poldasu Ungkap 15 Kasus Narkoba
Senin, 12 November 2018 | 14:00:39
Polres Pelabuhan Belawan Basmi Pekat dengan Ops K2YD
Senin, 12 November 2018 | 13:58:34
Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top