• Home
  • Sumut
  • Kebun Raya Aek Natonang Miliki Potensi Unggulan Dengan Danau yang Luas
Senin, 6 Agustus 2018 | 01:29:28

Kebun Raya Aek Natonang Miliki Potensi Unggulan Dengan Danau yang Luas

aktualonline.com/Parjo N
Kepala PKT Kebun Raya LIPI lakukan studi kelayakan lokasi dan audiensi Kebun Raya Aek Natonang
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.SAMOSIR///Kepala PKT (Pusat Konservasi Tumbuhan) Kebun Raya-LIPI Didik Widyatmoko melakukan study kelayakan lokasi Kebun Raya Aek Natonang di Aek Natonang Kecama tan Simanindo yang didampingi Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan beberapa kepala SKPD Sabtu (04/08).

Study kelayakan Lokasi dan Audiensi ini dilakukan sebagai tindak lanjut kerjasama antara Pemkab Samosir dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI) untuk menjadikan Aek Natonang menjadi bagian dari Kebun Raya Samosir.

Rencana Kebun Raya Samosir ini akan menjadi Kebun Raya unggulan karena memiliki danau yang luas dan pandangan yang bagus.

Sebelum melakukan diskusi pihak LIPI dan pihak Pemkab Samosir meninjau langsung ke lapangan, melihat bentuk tanah dan jenis tumbuhan.Didik Widyatmoko menyampai kan kepada pihak Pemkab untuk melakukan penanaman tanaman endemis karena modal utama sebuah kebun raya adalah jenis tanamannya.

Rencana Kebun Raya Aeknatonang ini memiliki luas 105 Ha dengan daratan 65 Ha dan 40 Ha berupa perairan, pengalihan tanahnya sudah diserahkan kepada Pemkab Samosir untuk disertifikasi selanjutnya dilakukan proses perencanaan dan studi kelayakan (AMDAL).

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan kepada LIPI untuk bekerjasama dan membantu Pemkab Samosir mewujudkan terbentuknya Kebun Raya Aek Natonang di Samosir.Kebun raya ini juga sebagai tempat konservasi tumbuhan akan juga mendukung Pariwisata di Samosir apalagi dengan ditetapkan Presiden Danau Toba sebagai Kawasan Parawisata Strategis Nasional.

Pemkab Samosir berjanji akan mendukung secara serius untuk pembentukan Kebun Raya ini,akan menganggarkan perencanaan nya di P. APBD 2018 tetapi masih memohon bantuan dari pusat karena terbatasnya anggaran Kabupaten.

Diakhiri acara Bupati Samosir menyerahkan ulos sebagai lambang kebanggaan suku batak kepada tamunya.Hadir dalam acara tersebut Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Kepala Dinas Pertanian Erkanus Simbolon,Inspektur Waston Simbolon, Kepala Dinas PU Pantas Samosir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sudion Tamba,Kepala Dinas Pariwisata Ombang Siboro, Kepala Dinas Catatan Sipil Lemen Manurung dan Kepala Dinas Perizinan Resman Simbolon.///ParjoN

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00:30:10
Wali Kota Serahkan Penghargaan 12 ASN Pemko Medan
Kamis, 16 Agustus 2018 | 13:13:47
Wali Kota Kukuhkan 44 Paskibraka Kota Medan 2018
Kamis, 16 Agustus 2018 | 13:09:40
2 Waria Rampok Salesman di Hotel Istana
Rabu, 15 Agustus 2018 | 22:55:09
PAC PDIP Kecamatan Portibi Gelar Turnamen Bola Volly
Selasa, 14 Agustus 2018 | 23:10:33
Dinas PU Perbaiki Tanggul Jebol di Medan Labuhan
BERIKAN KOMENTAR
Top