• Home
  • Sumut
  • Dinas Kominfo Paluta Gelar FGD 2018
Selasa, 7 Agustus 2018 | 22:27:54

Dinas Kominfo Paluta Gelar FGD 2018

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Dinas Kominfo Paluta Gelar FGD 2018
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Dinas komunikasi dan informatika (KOMINFO) Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan publikasi kabupaten paluta Dalam Angka  2018 merupakan agenda rutin yang setiap tahunnya akan dilaksanakan oleh Dinas kominfo dan BPS kabupaten paluta serta akan melakukan penyusunan Daerah Dalam Angka (DDA) Dalam Angka 2018 hal ini di sampaikan Plt Dinas Kominfo Paluta Anwar sadat siregar SE.M.SI Yang di wakili kabid pemberitaan Julfikar Harahap S.pd.MM yang digelar di aula Dinas Kominfo Paluta Selasa (7/8/2018).

Discusion FGD ini dihadiri oleh kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Paluta Endhar beserta perwakilan stap BUMN Dan BUMD dan jajaran dinas kominfo paluta.

Julfikar mengatakanpertemuan gelar diskusi sangat penting yang membahas tentang DDA sebagai salah satu dokumen pendukung yang cukup penting dalam perencanaan daerah karena memuat berbagai macam informasi daerah terkait kondisi dan capaian pembangunan daerah terkini. DDA merupakan publikasi yang paling banyak dicari karena memiliki cakupan data yang luas yang dapat digunakan oleh pemerintah/sta keholder sebagai dasar penentuan target/sasaran pembangunan, bahan perencanaan dan evaluasi pembangunan, serta sebagai bahan penyusunan RPJMD. Bagi kalangan.

DDA dapat digunakan sebagai bahan penelitian untuk thesis, dan lain sebagainya.

Publikasi yang kedepannya akan diterbitkan secara rutin setiap tahun ini disusun menurut wilayah  administrasi  kecamatan berdasarkan hierarki ujarnya.

Sementara kepala badan statistik paluta Endar mengatakan DDA Provinsi memuat data-data level Kabupaten/Kota, DDA Kabupaten memuat data-data level Kecamatan, sedangkan DDA Kecamatan memuat data-data level Desa/Kelurahan.

Pada prinsipnya, DDA harus benar-benar menggambarkan kondisi daerah, terkini, terpercaya, lengkap sesuai keadaan daerah, dibutuhkan banyak pihak, mudah dibaca dan mudah diperoleh.

Namun permasalahan yang terjadi selama ini dimana pemasukan dokumen dari instansi yang bersangkutan yang belum 100 persen, konsistensi antar isian yang bermasalah, ketersediaan data yang tidak berkesinambungan, dan perubahan data antar waktu yang ekstrim.

Inilah yang perbaiki kedepannya Dari sisi diseminasi statistik, sudah dikembangkan berbagai inovasi pelayanan data diantaranya berbagai layanan data berbasis website dan pengembangan aplikasi layanan berbasis android.

Untuk data yang dirasakan banyak dibutuhkan oleh masyarakat umum namun belum pernah dimuat dalam DDA, BPS menyilahkan kepada instansi pemerintah apabila ada yang ingin memasukan data selain yang terdapat di DDA sekarang. Data tersebut bisa dikirimkan ke BPS Provinsi Sumatra utara dan dilengkapi dengan penjelasan serta Petunjuk Teknis dengan syarat data tersebut bersifat continue.tutunya.//Sahnan Harahap

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:42:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:36:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
Kamis, 13 Desember 2018 | 16:35:38
Jelang Mubes Pers Indonesia,FORWARD Nyatakan Bergabung
Kamis, 13 Desember 2018 | 12:38:13
Perayaan Natal Kejatisu Hikmad dan Meriah
BERIKAN KOMENTAR
Top