• Home
  • Sumut
  • Pemkab Paluta Gelar Lomba Balita Sejahtera Indonesia Tahun 2018
Kamis, 9 Agustus 2018 | 23:01:40

Pemkab Paluta Gelar Lomba Balita Sejahtera Indonesia Tahun 2018

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Pemkab Paluta Gelar Lomba Balita Sejahtera Indonesia Tahun 2018

aktualonline.com PALUTA///Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara   (Paluta) gelar Lomba Balita Sejahtera Indonesia 2018 dalam rangka menata anak sejak dini sesuai bakat,Keterampilan dalam menciptakan generasi yang lebih baik dan kwalitas sesuai niatnya.

 

Penyelenggaraan Lomba Balita Sejahtera Indonesia tingkat Kabupaten ini di hadiri ibu istri bupati paluta Hj Siti Aisyah Bahrum Harahap,Beberapa kepala dinas.camat sekabupaten paluta dan  masyarakat perwakilan dari berbagai kecamatan yang digelar di Gedung Aula Pemkab Paluta Kamis (9/8/2018).

 

Acara tersebut diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari berbagai kecamatan mulai  dari peserta  kelompok umur 6 tahun ke bawah.

 

Hadir dalam acara LBSI 2018  kadis Bappeda Kabupate paluta mewakili  Bupati Tk Palit Hasibuan Kepala Dinas Pemdes Ihpan Siregar.

 

Kepala Dinas Bappeda Paluta Tk Palit Hasibuan mewakili Bupati Paluta Drs H.Bahrum Harahap dalam sambutannya mengatakan para peserta LBSI harus memenuhi prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan. Diantaranya, memiliki akte kelahiran KSK dan surat nikah orang tuanya, perkembangan anak normal, mempunyai catatan pemantauan balita dibuktikan dengan buku BKIA dan bertempat tinggal di Kabupaten Paluta dibuktikan dengan KTP orang tua.

 

Leih lanjut dikatakannya,bahwa pembangunan berbagai keterampilan adalah pembangunan manusia seutuhnya dan untuk merealisasikannya ada 6 hal yang harus diperhatikan yakni, kualitas hidup, metode yang digunakan, sarana dan prasarana, anggaran yang cukup, mengoptimalkan sumber daya yang ada serta adanya bimbingan dari orang tua,ujarnya.

 

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Hj.Siti Aisyah Bahrum Harahap menyampaikan kepada orangtua peserta lomba Balita Sejahtera Indonesia Kabupaten Paluta 2018 bahwa perhatian orang tua dalam tumbuh kembang anak akan dapat menghasilkan balita yang tanggap, tangguh dan sehat yang diharapkan oleh keluarga.

 

"Ada 4 unsur didalam tubuh manusia yang bisa membuat manusia bahagia, sukses dan sejahtera. Diantara unsur itu adalah rohani , akal, jasmani dan akhlak", Tutur Hj. Aisyah. Dijelaskan,bahwa untuk mendidik rohani adalah dengan ibadah. Untuk mendidik dan mengembangkan akal anak, yang harus dipenuhi adalah dengan mengembangkan ilmu.

 

"Penuhi otak anak dengan ilmu pengetahuan dan makanan yang bergizi", tuturnya. Sementara untuk mendidik jasmani anak, orangtua harus memahami dunia anak. Di contohkan bahwa anak yang sehat adalah anak yang tidak bisa diam.

"Anak yang berlari-lari, teriak mengekspresikan hatinya adalah sehat, jangan disebut anak nakal!, itulah dunia anak dunia bermain, itu biasa. Asal selanjutnya orangtua yang harus mengarahkan", jelas Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Ibu Hj siti Aisya Bahrum Harahap.

 

Persoalan yang sangat mendasar bahwa anak bisa menjadi anak yang handal dan berkwalitas kalau pembiasaan sejak kecil sudah dilakukan oleh orang tua dengan memberikan teladan yang baik kepada anaknya. "Insyaaaloh apabila rohaninya bagus, akalnya berkembang dengan baik, jas maninya juga sehat, akhlaqnya dikembangkan dengan kebiasaan yang baik, saya yakin generasi Indonesia kedepan adalah generasi yang tangguh", pungkasnya.///Sahnan Harahap

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Rabu, 17 Oktober 2018 | 23:20:13
Kapolrestabes Sambut Jamaah Haji Kota Medan
Rabu, 17 Oktober 2018 | 13:28:18
PKS Rombak Susunan Pengurus Wilayah Sumatera Utara
BERIKAN KOMENTAR
Top