• Home
  • Sumut
  • Kepala SDN No 101670 Aek Haruaya Diduga Selewengkan Dana BOS
Jumat, 14 September 2018 | 01:08:20

Kepala SDN No 101670 Aek Haruaya Diduga Selewengkan Dana BOS

BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diperuntukan bagi SD.Negeri 101670 Aek Haruaya Kecamatan Portibi, Kabupa ten Padang lawas Utara  diduga  digunakan tidak sesuai Juknis ( Petunjuk Tekhis) dan aturan yang berlaku. Hal ini terungkap setelah beberapa guru kelas menuturkan kepada wartawan aktual online.com Kamis (5/9/2018).

Tak tanggung-tanggung dana bos yang telah digelontorkan Pemerintah Pusat ke sekolah tersebut kurang lebih ratusan juta rupiah setiap tahun terindikasi diselewengkan.

Kondisi ini tentunya menimbulkan keberatan berbagai pihak di lingkungan sekolah dan masyarakat luas, karena dana bos terindikasi dialokasikan tidak sesuai dengan petunjuk tekhis dan peraturan Menteri Pendidikan RI No.51 Tahun 2011.

Sejumlah sumber yang berasal dari para wali siswa mengatakan, sejak sekolah tersebut dipimpin AS boru Harahap, sejumlah guru dan orang tua sangat resah.Bahkan sudah lama orang tua murid ingin mempertanyakkan kebijakan pihak sekolah terhadap penggunaan dana BOS di SDN itu. Hanya saja tak ada satupun orang tua murid yang berani memperotes kebijakan sekolah. Karena khawatir anak-anak mereka yang akan terkena dampaknya.

Meski mereka keberatan,namun tak berani melaporkan kepada pihak yang berwajib.
Berdasarkan laporan yang diterima ini menyebutkan,pengelolaan dana BOS di lingkungan sekolah SDN 101670, satu tahun ini rawan dikorupsi dan nyaris seluruh komponen pengelolaan dan penggunaan dana BOS terindikasi korupsi.

Buktinya hingga saat ini tidak ada perawatan rutin terhadap sarana sekolah seperti lantai, meja belajar, Alat Tulis (ATK) seperti spidol.alat kebersihan, Buku Belajar,Pasilitas Olahraga dan pengeras Suara(mix) sekolah.

Terus terang penggunaan dana BOS yang begitu banyak dihabiskan tanpa ada suatu perubahan di sekolah. Wajar orang tua murid curiga dan kita menduga LPJ yang di buat sarat dengan mark-up dan anggarannya beraroma Korupsi,ungkap sumber aktualonline..

Tak hanya itu saja, sambung sumber,terhitung telah 1 Tahun sekolah ini dipimpin As.boru Harahap  banyak permasalahan  yang timbul. Kasus Dugaan dana BOS ini yang paling memalukan Tidak tersedianya Toilet sekolah membuat para guru sangat kewalahan bila ingin buang air harus mencari tempat yang sunyi atau numpang ke toilet rumah warga dan anak murid kadang membuang hadasnya di belakang sekolah dan di samping sekolah telah menimbulkan aroma yang tidak sedap akibat air buangan anak murid ujar beberapa nara sumber.

Yang dulunya sebelum dia menjabat kepala sekolah toilet sekolah ini selalu terawat,Namun sangat disayangkan, atas dugaan kasus penyelewengan yang terjadi di sekolah itu tidak ada pihak atau elemen masyarakat yang terpanggil untuk melaporkannya ke pihak penegak hukum ujar beberapa guru tenaga pendidik.

Tolong Pak cari solusi terbaik dan mohon supaya sekolah kami ini mendapat perhatian yang serius dari Dinas pendidikan ujar beberapa guru kepada wartawan aktualonline.com.

Ketika dikonfirmasi terkait dugaan penyelewangan dana BOS tersebut, Kepala SDN 101670, Aek Haruaya ini selalu mengelak dan menghilang.

Beberapa guru SDN No 101670 ini membuat surat permohonan yang harus disampaikan kepada dinas terkait agar sekolah tempat mereka di tugaskan ini mendapat perhatian dan bantuan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paluta melalui Sekretaris Eva Sartika Siregar ketika diKomfirmasi Kamis (6/9/208) merasa geram setelah mendengar dan membaca permohonan beberapa guru kelas sehingga memerintahkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Jomson Siregar segera mensurve ke lapangan atas kebenaran apa yang di sampaikan para guru melalui wartawan aktual online.com dan segera menindak lanjutinya dalam waktu 3 hari.

Namun sampai berita ini ditayangkan Kamis (12/9) tidak ada informasi dari pihak Dinas terkait apa tindakan dan bagai mana hasil survei ke SDN yang bersangkutan.
Ini yang menjadi pertanyaan dan dugaan jangan-jangan ada dugaan oknum dari Dinas Pendidikan Paluta yang menjadi Sutradara atas dugaan penyelewengan penggunaan dana Bos ini.

Sementara Kabid Dikdas Jomson Siregar ketika di hubungi melalu tlp dan pesan whatsapp (WA) sejauh mana penangannya ditindak lanjuti, Kabid tidak membalas pesan yang dilayangkan aktualonline tersbut.

Pemkab Paluta dan institusi penegak hukum diminta segera menyahuti informasi yang disampaikan para wali murid dan sumber aktualonline sehingga kasus dugaan penyimpangan anggaran bantuan opersional sekolah (BOS) dapat terungkap dengan jelas di SDN No 101670 Aek Haruaya.///Sahnan Harahap

 

 

Editor : Zul

 


BERITA LAINNYA
Jumat, 21 September 2018 | 21:25:50
Bupati Paluta Sambut Kedatangan Rombongan Jemaah Haji
Jumat, 21 September 2018 | 11:55:19
Wakil Wali Kota Hadiri Deklarasi Bersama Pemilu Damai
Kamis, 20 September 2018 | 17:02:04
Merasa Permintaannya Diabaikan !!! Istri Bunuh Suami
BERIKAN KOMENTAR
Top