• Home
  • Sumut
  • Lembaga Adat dan Budaya Paluta Gelar Sosialisasi Tutur Poda Bagi Naposo Nauli Bulung
Jumat, 5 Oktober 2018 | 11:18:27

Lembaga Adat dan Budaya Paluta Gelar Sosialisasi Tutur Poda Bagi Naposo Nauli Bulung

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Lembaga Adat dan Budaya Paluta Gelar Sosialisasi Tutur Poda Bagi Naposo Nauli Bulung
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Lemabaga Adat Dan Kebudayaan Kabupaten padang Lawas utara (Paluta) Menggelar Sosialisasi Tutur Poda bagi muda dan mudi / Naposo Nauli Bulung se Kabupaten Paluta dengan Tema Mewujudkan peran Aktif dalam menata dan menjaga lingkungan di kabupaten paluta.

Acara yang dihadiri Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten padang lawas utara  ( PMD)  Paerwakilan dari Dinas Prawisata,Dinas Pendapatan keuangan dan Aset Daerah,Para tokoh Adat Dari setiap kecamatan yang ada di paluta Serta Ratusan perwakilan naposo nauli bulung sekabupaten paluta yang di Gelar di Gedung Serba Guna Paranginan Kecamatan Padang Bolak Kamis (4/10/2018).

Ketua Adat dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas Utara H.Parlaungan Harahap dalam Sambutannya mengatakan perlunya Pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat dibangun dengan mengkedepankan para muda mudi/naposo nauli bulung Untuk pengembangan ekonomi masyarakat pelestarian dan kemandrian masyarakat Terhadap lingkungan menyangkut aspek nilai guna adat istiadat bagi tumbuh kembangnya di desa masing - masing untuk menjawab tantangan pemenu han kebutuhan ekonomi menyangkut aspek kebertahanan identitas sosial budaya ma syarakat yang menyokong pada integrasi nasional. Terutama yang  berkaitan dengan kemampuan masyarakat melaksanakan pengorganisasian potensi adat istiadat dan nilai sosial budaya secara otonom, mandiri dan profesional.

Potensi dan aset adat istadat dan nilai budaya masyarakat sangat besar, namun belum didayagunakan secara optimal. Khususnya dalam memberi fundamen ke arah pening katan ekonomi masyarakat secara nyata. Dengan demikian, pemberdayaan /Poda bagi naposo nauli bulung yang diharapkan sebagai Generasi Penerus dalam kelom pok masyarakat adat  dan budaya adalah hal penting guna menopang kehidupan masya rakat khususnya pengembang adat istiadat dan nilai budaya setempat. Dalam program tahun kedepan lebih difokuskan pada pemberdayaan ekonomi produktif kelompok pengembang seni budaya lokal yang di harapkan budaya yang ada di padang lawas utara dapat tampil secara nasional,ujarnya.

H.Parlaungan Harahap mengharapkanTerhadap Naposo Nauli Bulung Agar menjadi Pilar Utama sebagai Penerus program Pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat se kabupaten paluta bertujuan untuk melestarikan dan pengembangan adat istiadat dan nilai budaya  khususnya di bidang seni budaya yang ada di Kabupaten Paluta.

Dengan Tujuan Khusus Meningkatkan partisipasi Naposo dan nauli bulung untuk masya rakat dalam pengkajian potensi sosial budaya masyarakat (khususnya di bidang seni budaya lokal) sebagai modal sosial pembangunan, serta memetakan peluang dalam rang ka melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, evaluasi dan tindak lanjut serta pertanggungjawaban kegiatan pembangunan masyarakat pedesaan.

Mendukung pengembangan budaya nasional dalam mencapai peningkatan kualitas Ketahanan Nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tutupnya.///Sahnan Harahap


Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 11 Desember 2018 | 14:48:59
Kejatisu Bagi-Bagi Stiker Anti Korupsi
Selasa, 11 Desember 2018 | 01:29:48
Polda Sumut Musnahkan 130 Kg Sabu dan 159 Butir Ektasi
Senin, 10 Desember 2018 | 23:15:03
Kapolres Pelabuhan Belawan Buka Agas Jaya Cup
Minggu, 9 Desember 2018 | 23:18:42
Wakil Wali Kota Tutup Christmas Season 2018-2019
Minggu, 9 Desember 2018 | 01:11:41
Kopi Arabika Samosir Peroleh Sertifikat IG
BERIKAN KOMENTAR
Top