• Home
  • Sumut
  • Dirgahayu TNI ke 73 !!! Profesionalisme TNI untuk Rakyat dan Mantapkan Netralitas TNI Hadapi Pemilu
Senin, 8 Oktober 2018 | 12:33:56

Dirgahayu TNI ke 73 !!! Profesionalisme TNI untuk Rakyat dan Mantapkan Netralitas TNI Hadapi Pemilu

aktualonline.com/Samsidar Saragih
Dirgahayu TNI ke 73 !!! Profesionalisme TNI untuk Rakyat dan Mantapkan Netralitas TNI Hadapi Pemilu
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN///Sambutan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang dubacakan Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadillah pada perayaan HUT Ke-73 di Lanud Soewondo Medan, memberi beberapa penekanan untuk dipedomani para prajurit TNI. Salah satunya memantapkan netralitas TNI sebagai Individu maupun satuan dalam menghadapi pemilu.

 

" Saya memberi penekanan untuk dipedomani dan laksanakan para prajurit yaitu, perkokoh iman dan takwa pada Tuhan yang Maha Esa. Luaskan hati dalam beribadah, pertahankan soliditas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, mantapkan netralitas TNI sebagai individu maupun satuan dalam menghadapi pemilu dan jalani setiap tugas dengan ikhlas," jelas Pangdam.

 

Dalam kesempatan itu, Pangdam mengajak seluruh peserta upacara untuk sejenak memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha kuasa agar meringankan beban yang menimpa saudara-saudara yang di Palu, Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong. Provinsi Sulawesi Tenggara. Demikian pula derita mereka yang ada di Lombok. Semoga kekuatan dan ketabahan menyertai saudara-saudara kita dalam upaya memulihkan kembali kondisi sebagaimana sedia kala. Semoga pula apa yang telah kita lakukan bersama, baik dalam bentuk bantuan secara fisik maupun dukungan doa, dapat meringanka  musibah dan mempercepat upaya pemulihan, jelasnya

 

Dikatakan, TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurka  bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap. Apa yang dilaksanakan dilokasi bencana, baik pengerahan personel maupun alutsista,adalah sebagian dari benruk profesionalismeTNI. Oleh karenanya, sangat tepat apabila peringatan HUT ke-73 TNI tahun ini mengambil tema Profesionalisme TNI untuk Rakyat, katanya.

Tema singkat namun padat ini mengandung makna, bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi kesejahteraanya oleh negara, adalah semata-mata untuk seluruh rajyat Indonesia. Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok, yaitu menegakan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpa darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.

 

Selain menghadapi kompleksitas tantangan kedepan, seperti perang digital yang meliputi perang ekonomi, perang hukum, perang siber, perang opini dan bahkan perang mata uang yang terjadi akhir-akhir ini, justru terjadi di masa  damai. Di samping itu, bangsa Indonesia juga harus menghadapi gejolak alam, dan TNI sebagai satuan yang siaga di masa damai, harus membantu pemerintah menanggulangi bencana yang terjadi di berbagai daerah.

 

Pada 2018 ini saja, TNI telah terlibat dalam penanggulangan bencana di berbagai daerah. Seperti kejadian luar biasa gizi buruk di Asmat, Papua,letusan Gunung Agung di Bali, kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera, gempa bumi di Lombok, dan saat ini gempa bumi disertai tsunami di Palu- Donggala, Sulawesi Tenggara,tukasnya. ///Samsidar Saragih

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Selasa, 11 Desember 2018 | 14:48:59
Kejatisu Bagi-Bagi Stiker Anti Korupsi
Selasa, 11 Desember 2018 | 01:29:48
Polda Sumut Musnahkan 130 Kg Sabu dan 159 Butir Ektasi
Senin, 10 Desember 2018 | 23:15:03
Kapolres Pelabuhan Belawan Buka Agas Jaya Cup
Minggu, 9 Desember 2018 | 23:18:42
Wakil Wali Kota Tutup Christmas Season 2018-2019
Minggu, 9 Desember 2018 | 01:11:41
Kopi Arabika Samosir Peroleh Sertifikat IG
BERIKAN KOMENTAR
Top