• Home
  • Sumut
  • Pemkab Paluta Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat dan Aparatur Negara
Rabu, 31 Oktober 2018 | 23:57:25

Pemkab Paluta Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat dan Aparatur Negara

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Pemkab Paluta Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat dan Aparatur Negara
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Fokus Grup Diccussion.(FGD) Penyuluhan Hukum Langsung Masyarakat dan Aparatur Negara yang Di Hadiri Berbagai Intansi Pemerintah, Seperti Intansi Pemerintahan Desa baik Kepala desa Maupun sekretaris desa dan Perangkat desa Sekecamatan Padang Bolak kabupaten Paluta, Yang Di Gelar Di Aula Kantor Bupati Paluta Rabu (31/10/2018).

 

Penyuluhan Hukum Langsung  ini mengusung tema peningkatan peran bidang perdata dan tata usaha negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi guna mendukung program pembangunan nasional.

 

Ketua Panitia, Ali Wardana Pohan Yang Juga Sebagai Kabag Hukum Di Sekretariat Pemda Paluta mengatakan dalam kegiatan ini, Di Gelar Secara Bergulir Kepada Setiap  Intansi Pemerintahan Desa di Setiap Kecamatan Yang Ada Di Pemkab Paluta yang akan Mendatangkan Nara Sumber Dari Kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara dengan Tujuan Untuk meningkatkan pengetahuandan pendampingan hukum Bagi Lembaga Negara.Intansi Pemerintah, BUMN dan BUMD Sesuai dengan Hukum Yang Berlaku kata Ali Wardana.Pohan.

 

Dalam Pemantauan Wartawan Aktual online.com Kepala Bidang Perdata Dan Tata Usaha Negara (DATUN) kejaksaan Negeri Padang Lawas Utara Novriansyah SH  Sebagai Narasumber ini mengatakan,  ada lima  tugas  dan fungsi  Kejaksaan  di bidang  perdata dan tata usaha negara  (Datun) yakni penegakan hukum,  bantuan hukum,  pertimbangan hukum dan  tindakan hukum lain serta  pelayanan hukum.

 

Disebutkan, tiga   dari tugas dan fungsi  Kejaksaan  dibidang Datun dapat dimanfaatkan  oleh  pemerintah  daerah/BUMN/BUMD. Pertama,  Bantuan Hukum yaitu merupakan kegiatan kejaksaan  di bidang Datun untuk mewakili lembaga negara, instansi pemerin tah/ BUMN/ BUMD yang menghadapi masalah atau sengketa Datun, baik  melalui pengadilan  (ligitasi) maupun  di luar  pengadilan (non ligitasi).

 

Bantuan hukum  di luar pengadilan  dilaksanakan  kejaksaan dengan  berbagai cara yaitu  melalui negosiasi, mediasi, fasilitasi atau  arbitrasi. Ini berarti tidak semua sengketa Datun   harus diselesaikan  melalui  pengadilan karena pada intinya penyelesaian   yang terbaik adalah sifatnya "win win solution".

 

Kedua: Pertimbangan hukum yakni, merupakan  kegiatan   kejaksaan di bidang Datun ntuk memberikan   pendapat hukum (legal opinion) dan atau  pendampingan  (legal assistance) di bidang Datun atas dasar permintaan dari lembaga negara, instansi pemerintah maupun  BUMN/BUMD serta   audit hukum (legal audit).

 

Ketiga:  Tindakan Hukum yaitu kegiatan kejaksaan yang  dikategorikan sebagai  bantuan hukum, penegakan hukum, pertimbangan hukum dan pelayanan hukum. Kegiatan ini dapat  dimanfaatkan  dalam penyelesaian masalah atau sengketa  melalui cara  non litigasi  atau alternatif dispute resolution (ADR).ujar Novriansyah.

 

Ditegaskannya, tugas dan kewenangan  Kejaksaan di bidang Datun dengan kuasa khusus tersebut diatur dalam pasal 30 ayat 2 Undang Undang No 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan  RI jo pasal  24 ayat 2  Perpres No 38 Tahun 2010   tentang  Organisasi  dan tata  kerja Kejaksaan RI yang menyatakan; "lingkup bidang Datun  sebagaimana dalam ayat 1 meliputi   penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum  dan  tindakan hukum lain kepada negara atau pemerintah, meliputi  lembaga /badan  negara, lembaga/instansi  pemerintah pusat dan daerah, badan usaha milik negara (BUMN) dan BUMD di bidang Datun untuk menyelamatkan,  memulihkan kekayaan  negara, menegakkan kewibawaan  pemerintah dan negara serta  memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat".tutupnya Seraya memberikan himbauan supaya masyarakat mengenali Hukum Serta menjauhkan Hukuman//S.Syaputra Harahap

 

 

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 16 September 2019 | 00:32:37
Kota Medan Kembali Raih Penghargaan WTN
Senin, 16 September 2019 | 00:00:21
HUT ke I Rey Kafe Meriah Dihadiri Anggota DPRD Kota Medan
BERIKAN KOMENTAR
Top