• Home
  • Sumut
  • Pemkab Paluta Gelar Bursa Inovasi Desa
Sabtu, 3 November 2018 | 00:17:21

Pemkab Paluta Gelar Bursa Inovasi Desa

aktualonline.com//Sahnan Harahap
Pemkab Paluta Gelar Bursa Inovasi Desa
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kemendesa PDTT dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar, serta infrastruktur desa.

Melalui Program Inovasi Desa (PID) Pemerintah kabupaten Padang lawas utara (Paluta) Gelar Bursa Inovasi Desa  Yang Di Hadiri Ratusan Para Undangan yang Di Dalamnya Termasuk Kepala Desa,Sekretaris Desa dan warga masyarakat ASN,Polri Dan TNI yang di gelar di Aula Gedung Serba Guna Pemda Paluta Kamis (1/11/2018).

Bupati Paluta Drs H.Bahrum Harahap melalui Asisten I pemkab Paluta Saripuddin Harahap Dalam SÓmbutannya Mengatakan Pada Bursa Inovasi Desa ini Sangatlah
diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Terkait dengan Program Inovasi Desa ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Telah menyusun pedoman lengkap Program Inovasi Desa, seperti SOP Percepatan Program dan SOP Program Inovasi dan Pengelolaan Pengetahuan Desa, dll.

Oleh karena itu, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, membuat langkah-langkah nyata guna mempercepat proses pemahaman dan pelaksanaan-pelaksanaan pembangu nan desa. Adapun  langkah-langkah nyata yang akan dilakukan dalam mengamanahkan UU Desa salah satunya dengan pola inovasi kegiatan, praktik-praktik cerdas atau pengetahuan dalam investasi dana di desa dan kegiatan-kegitan lain dalam pem bangunan desa telah tumbuh dari inisiatif masyarakat dan/atau Pemerintah Desa, mau pun Kecamatan.ujarnya

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H.Ihpan Siregar S.Sos mengatakan Percepatan Program Inovasi Desa (PID) sebagai langkah kebijakan yang diambil guna mempercepat proses pelaksanaan kegiatan dalam upaya agar proses pelaksanaan kegiatan dapat disesuaikan dengan siklus pembangunan desa yang dilandasi dari UU No.6 tahun 2014 tentang Desa, pada PP 43 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Desa, dan PP 47 Tahun 2015 tentang Perubahan PP 43 Tahun 2014.

Keberadaan Bursa Inovasi Desa (BID) diharapkan bisa menjadi solusi bagi pemerintahan desa (Pemdes) di Kabupaten paluta dalam memecahkan penyelesaian masalah dan rencana pembangunan yang ada di desa.

Terlebih saat ini adanya alokasi dana desa (ADD) bisa memicu desa untuk berinovasi sehingga tujuan dari pemdes itu sendiri bisa dirasakan masyarakat dan melalui BID juga diharapkan akan adanya inisiatif dan alternatif bagi Pemdes dalam rencana pembangunan salah satunya melalui ADD.

"Tujuan kegiatan ini adalah menjual kreasi dan inovasi yang sudah dilakukan oleh desa, yang mana bisa dicontoh ke dalam wilayah kita sesuai potensi masing masing yang dimiliki desa," tutupnya.

Sementara Kepala bidang (Kabid) Pengelolaan SDA  dan TTG Dinas PMD  Rosmalina Hasibuan S.Pd M.Si menjelaskan", dari kegiatan ini peserta Kades bakal menerima petunjuk terkait inovasi apa saja yang bisa dilakukan di desanya masing masing, diantaranya beberapa point menu bursa inovasi yang bisa dilakukan meliputi sumber daya manusia maupun lingkungan.

"Harapan kita melalui BID, apa yang akan dilakukan oleh kawan kawan kepala desa  dalam pembangunan selama ini maka di harapkan melalui  bursa inovasi ini nantinya bisa kita lakukan lebih maju lagi di wilayah kita terutama yang bernilai produktif sehingga bisa menghasilkan untuk desanya masing masing," harap kabid.

Ditambahkanya, Kepala desa merupakan Leader dan yang akan memberikan warna di desa. Untuk itu, kepala desa bisa benar benar memilah apa yang bakal dilakukan untuk memajukan serta membangun desanya supaya lebih baik lagi.

"Mau diapakan desa tergantung dari kepala desanya, jadi saya harapkan melalui kegiatan ini kades bisa benar benar memilah potensi apa yang bisa dikembangkan untuk dijadiakan sumber kegiatan baru yang bernilai ekonomi produktif," sudah saatnya diera sekarang pemdes itu bisa berdikari, berkreasi dan berinovasi yang tujuannya untuk desa itu sendiri.

Manfaatkan semua potensi yang ada dan kelola desa baik sehingga desa maju mandiri. Pemkab Paluta sendiri akan terus mensupport kemajuan pemdes.tutupnya///S.Syaputra Harahap

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 17 Desember 2018 | 15:54:42
Kapolda Sumut Siap Bantu Perayaan Natal PWI 2018
Senin, 17 Desember 2018 | 14:48:06
Kapolda Ajak Goweser Ciptakan Pemilu Damai
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:42:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:36:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
BERIKAN KOMENTAR
Top