• Home
  • Sumut
  • Pemkab Paluta Gelar Sosialisasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik
Kamis, 8 November 2018 | 00:23:41

Pemkab Paluta Gelar Sosialisasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Pemkab Paluta Gelar Sosialisasi Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik

aktualonline.com.PALUTA///Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Gelar Sosialisasi Penggunaan Bahasa Negara di ruang publik.

Bahasa Negara adalah kewajiban bagi masyarakat Indonesia.Terutama di Ruangan intansi  Pemerintah Maupun Perkantoran Swasta juga masyarakat umum Sebab Bahasa Indonesia adalah Salah Satu Jati Diri Bangsa Dan Negara.

Kebijakan penertiban penggunaan bahasa di tempat dan layanan umum diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Pasal 30 dan 36. Maka Sangatlah terapreriasi dengan terlaksananya acara sosialisasi agar penggunaan bahasa indonesia terjaga seutuhnya,

Hal ini di sampaikan  Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta H.Burhan Harahap SH Dalam Sambutannya yang dihadiri  Wakil Ketua DPRD paluta Basri Harahap dan jajaran OPD kabupaten Paluta yang di Gelar di Aula Kantor Bupati Rabu (7/11/2018).

Sementara Drs Marlin M.Hum Yang Di hadirkan sebagai Nara Sumber dari Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kemendikbud mengatakan di dalam intansi Pemerintahan masih banyak menemukan kesulitan dalam menertibkan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Salah satu penyebabnya, lanjut Marlin, mental pemakai bahasa yang belum memiliki kebanggaan untuk menggunakan bahasa negaranya.

"Ada istilahnya xenomania. Fenomena kesukaan yang berlebihan kepada sesuatu yang berasal dari asing, termasuk bahasa, itulah yang menyebabkan menurunya kesadaran untuk berbahasa Indonesia," ujarnya.

Lambat laun, tambah marlin, jika hal tersebut dibiarkan terus muncul di ruang publik, rasa kebanggaan masyarakat terhadap bahasa nasionalnya akan meluntur. "Ini berbahaya karena menyebabkan rasa nasionalisme masyarakat menurun. Bahasa Indonesia ini jati diri bangsa, maka harus diutamakan," katanya.

Untuk itu, dia berharap kegiatan Sosialisasi yang dihadiri oleh orang perwakilan dari instansi publik ini mampu memberi pemahaman dan sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik.

Hambatan lain, tambah Marlin dalam menertibkan penggunaan bahasa di ruang publik lantaran tidak adanya pemberian sanksi dan denda pada pasal tentang bahasa di UU No. 24 Tahun 2009.

Instansi atau dinas pemerintah serta pelaku dan pengembang usaha terhadap pelanggaran penggunaan bahasa ini sangat terabaikan dibsebabkan karena tidak adanya sanksi, hanya sebagian yang mengikuti imbauan dari Badan Bahasa," kata dia.

Martin menjelaskan di Beberapa  pemerintah daerah khususnya di sumatera utara Telah memberikan sanksi administratif, sehingga bisa mewajibkan instansi publik dan Intansi Pemerintahan untuk mengutamakan bahasa Indonesia di tempatnya masing-masing agar Bahasa Indonesia selalu Terjaga Dan Bermartabat juga terlihatnya kebanggaan dalam kebangsaan Serta di harapkan intansi pemda paluta Dapat menggunakan bahasa indonesia Terutama di Ruang Publik tutupnya/// S.Syaputra Harahap

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 15 November 2018 | 17:12:59
Kejatisu Gelar In House Training
Rabu, 14 November 2018 | 13:11:10
Jajaran Poldasu Ungkap 15 Kasus Narkoba
Senin, 12 November 2018 | 14:00:39
Polres Pelabuhan Belawan Basmi Pekat dengan Ops K2YD
Senin, 12 November 2018 | 13:58:34
Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top