• Home
  • Sumut
  • Seminar Nasional dan Kongre PEI ke VIII Tahun 2018 Sukses
Kamis, 8 November 2018 | 15:57:45

Seminar Nasional dan Kongre PEI ke VIII Tahun 2018 Sukses

aktualonline.com/Samsidar Saragih
Seminar Nasional dan Kongre PEI ke VIII Tahun 2018 Sukses
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.MEDAN////Seminar Nasional Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) merupakan salah satu agenda acara tahunan yang dilaksanakan oleh PEI secara bergilir di seluruh kota di Indonesia dimana pada kesempatan tahun 2018 ini memiliki tema" Peran Ergonomi dalam Ekonomi Digital dan Global" yang diselenggarakan oleh Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja, Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara. Adapun acara dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 9 November 2018 bertempat di hotel Madani , Medan.

Pembicara Utama dalam acara Seminar Nasional dan Kongres PEI ke VIII ini, Prof. Ravindra Goonetileke, PhD (Hong Kong University of Science& Technology). Prof.Rahim Matondang, MSc (TI FT USU,Guru besar- Teknik Industri). Dr. Fahrur Azwar (Kemente rian Tenaga Kerja dan Transmigrasi), dan Ir. Bengris Pasaribu, MM (UX Master PT Telekomunikasi Indonesia Tbk).

Tujuan seminar adalah agar para Ergonom seluruh Indonesia dapat ikut berkonstribusi dalam upaya perubahan pola pikir sistem digital dan global yang sangat berkaitan erat dengan " fit to the job to the man" dan suasana kerja yang terwujud secara " EASNE" -efektif, aman, sehat, nyaman dan efesien".

Acara Seminar Nasional PEI berbarengan dengan pelaksanaan Kongres PEI ke VIII yang didahului oleh Workshop " Design Thinking for Product and Service Design" oleh Prof. Ravi Goonetileke,PhD dan workshop" Join Riset dan Penulisan Jurnal Internasional Ergonomi" oleh Ir. Markus Hartono,S. T. M.Sc, Ph.D, CHFP; Dr. Eng Lusi Susanti, M. Eng dan Dr. Eng Listiani Nurul Huda, MT.

Keseluruhan peserta yang berpartisipasi pada acara ini berkisar 150 orang para staf pengajar dan mahasiswa berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan para praktisi perusahaan.

Topik-topik makalah yang difrentasika  mencakup bidang : Macroergonomics, Cognitive Ergonomics and Human-Computer Interaction, Service Ergonomics, Strategies in Ergonomics, Ergonomics Product and System Design, Environmental Ergonomics, Industrial Ergonomics, Legal Aspects in Ergonomics, Ergonomics Agriculture, Aging and Disabilities dan Ergonomics Safety and Health.

Seminar Nasional dan Kongres PEI ke VIII ini dapat terlaksana dengan sukses berkat partisipasi dan bantuan dari berbagai pihak. Panitia mengucapkan terima kasih kepada para pembicara utama dan Workshop, pemakalah, peserta, dan para sponsor ( IPI Group, Evergreen, Bank Sumut, IndoCafe dan Telkom Indonesia yang telah membantu terselenggaranya Acara ini", ucap Ketua Panitia Dr. Eng. Listiani .Nurul Huda,MT.

Ketua Perhimpuna  Ergonomi Indonesia 2015-2018, Past President of SEANES (Sout heast Asian Network of Ergonomics Society), Yassierli, ST. MT.PhD.CPE menerangkan, saya melihat ada beberapa domain penelitian dimana saat ini kita belum banyak berperan. Pertama, ergonomi dalam Disaster Management. Indonesia adalah negara rawan bencana. Beberapa pertayaan yang harus dijawab diantranya: Bagaimana disain alarm bahaya, rute evakuasi, tenda darurat, dll. Kedua, rancangan fasilitas dan peralatan ergonomis untuk para difabel.

Setelah Asian Para Games 2018 baru baru ini,kita disadarkan bahwa terdapat 10% masyarakat Indonesia yang memiliki disabilitas tertentu yang juga berhak mendapat fasilitas dan kesempatan yang sama dengan yang lain. Ketiga, peran ergonomi (kognitif) dalam revolusi industri 4.0.

"Semoga berbagai paper yang dipresentasikan di seminar nasional PEI tahun ini sudah  mulai menjawab isu-isu tersebut, dan dilanjutkan dengan diskusi diskusi sesame Ergo-ers yang mengarah kepada sinergi dan kolaborasi menuju Indonesia yang lebih baik. Saya mengucapkan terima kasih kepada Panitia yang telah bekerja keras sehingga Seminar Nasional dan Kongres PEI ke-VIII 2018 ini dapat terlaksana dengan baik", ujar Yassierli, ST, MT, PhD. CPE.

Selanjutnya pemberian cindra mata kepada para pembicara dan penghargaan kepada ketua panitia dan seksi fhoto bersama.///Samsidar Saragih

 

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 15 November 2018 | 17:12:59
Kejatisu Gelar In House Training
Rabu, 14 November 2018 | 13:11:10
Jajaran Poldasu Ungkap 15 Kasus Narkoba
Senin, 12 November 2018 | 14:00:39
Polres Pelabuhan Belawan Basmi Pekat dengan Ops K2YD
Senin, 12 November 2018 | 13:58:34
Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018
BERIKAN KOMENTAR
Top