• Home
  • Sumut
  • Pemkab Paluta Peringatan Hari Pahlawan ke 73
Minggu, 11 November 2018 | 23:52:58

Pemkab Paluta Peringatan Hari Pahlawan ke 73

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Pemkab Paluta Peringatan Hari Pahlawan ke 73
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang demi mewujudkan kemerdekaan Negara yang jatuh pada tanggal 10 November 2018. Pemerintah kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Upacara memperingati Hari Pahlawan dengan tema Semangat Pahlawan Didadaku.

Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke 73 Tahun 2018 yang  dihadiri Bupati Paluta, Sekertaris Daerah (Sekda),H.Burhan Harahap SH, Para SKPD, Tokoh Agama, TNI-Porli, organisasi pemuda.Para Guru ,Siswa dan Siswi dan seluruh Pegawai Lingkup Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara. Yang di Gelar di Depan Kantor Bupati Paluta Sabtu 10 November 2018.

Bupati Paluta Drs.H.Bahrum  Harahap Yang Di Wakili Sekda Kab H.Burhan Harahap SH yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pidatonyan mengatakan memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2018 adalah salah satu bagian untuk mengenang jasa para pahlawan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia yang telah berjuang hingga titik darah penghabisan untuk sebuah kemerdekaan yang hingga saat ini kita semua bias menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia !, ujar Sekda.

Lanjutnya, Dalam semangat cinta tanah air, menjaga pusparagamnya dan kebhinekaan kita, para pendiri republik dan pahlawan pendahulu menuangkan sumbangan terbaiknya kepada kita semua. Pada 28 Oktober 1928, seluruh pemuda Indonesia meluluhkan ego-ego kedaerahan, kelompok, ras dan golongan untuk menyatakan dan berikrar sebagai satu tanah air Indonesia, bangsa Indonesia dan bahasa Indonesia.

Peristiwa Pertempuran 10 November, inspirasi dari RA Kartini, ikrar Sumpah Pemuda, lagu kebangsaan Indonesia Raya, keberanian dan berbagai karya cipta yang menggerakkan ruh pendahulu kita, berperan besar sebagai penanda estetik heroik , sebagai energi penggerak Arek-Arek Suroboyo yang dibantu dengan semangat solidaritas dan bela rasa oleh seluruh Rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Untuk itu, dalam semangat kebangsaan yang kita kenang hari ini adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit. Sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan bahwa "My Nationalism is Humanity". Sebuah nasionalisme yang ditegaskan dalam Pidato 1 Juni Lahirnya Pancasila bahwa nasionalisme hanya bisa hidup subur di dalam tamansarinya internasio nalisme. Internasionalisme dapat hidup subur jikalau berakar dalam buminya nasiona lisme.

Menyampaikan arahannya, Sekda mengatakan bahwa pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 ini harus dapat terlaksana dengan lebih baik dibandingkan Tahun-Tahun lalu, karena harus ada perubahan menjadi lebih baik disetiap Tahun.

Agar tema "Semangat Pahlawan Di Dadaku" pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 ini dapat benar-benar dirasakan tutup Sekda.

Selanjutnya Pemda Paluta Memberi Piagam Penghargaan Bagi Bebrapa Peteran Yang Telah Ikut Berjuang Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan RI///S.Syaputra Harahap

 

 

Editor : Zul

 


BERITA LAINNYA
Senin, 17 Desember 2018 | 15:54:42
Kapolda Sumut Siap Bantu Perayaan Natal PWI 2018
Senin, 17 Desember 2018 | 14:48:06
Kapolda Ajak Goweser Ciptakan Pemilu Damai
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:42:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:36:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
BERIKAN KOMENTAR
Top