• Home
  • Sumut
  • Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018
Senin, 12 November 2018 | 13:58:34

Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Dinas Kesehatan Paluta Peringati HKN Tahun 2018
BERITA TERKAIT:

aktualonline.com.PALUTA///Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati pada tanggal 12 November setiap tahun merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk berfokus membangun diri, keluarga, masyarakat dan negara, khususnya di bidang pembangunan kesehatan.

Pada upacara peringatan  HKN ke-52 tahun 2018 yang bertema "Aku Cinta Sehat" dengan sub tema "Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita"

Acara Yang Di Hadiri Bupati Paluta Drs H. Bahrum Harahap ,Sekda Paluta H.Burhan Harahap SH.Asisten I Ketua DPRD Muklis Harahap S HI serta Koisi C Hj Khomariah Siregar, Para Kepala SKPD,Cmat,TNI dan POLRI,Siswa Dari Perwakilan Beberap Sekolah,Masyarakat Dan Segenap Intansi dinas Kesehatan Se Paluta,Yang Di Gelar Di Alun-Alun Kota Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Senin 12/11/2018.

Plt Kepala Dinas Kabupaten Paluta Dr.Sri Prihatin Harahap M.Kes Dalam Sambutannya mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke-52 kepada segenap jajaran kesehatan, para pemangku kepentingan, mitra kesehatan dan seluruh elemen masyara kat yang telah melaksanakan pengabdian dalam bidang kesehatan.

Dalam sambutannya Kadis menerangkan bahwa tantangan pembangunan kesehatan Indonesia saat ini adalah masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali.

Data Global Burden of Disease 2010 dan Health Sector Review 2014 menyebutkan bah wa kematian yang diakibatkan oleh penyakit tidak menular (PTM) yaitu Stroke menduduki peringkat pertama. Padahal tiga puluh tahun lalu, penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan. Pergeseran pola penyakit ini ditengarai disebabkan oleh perubahan gaya hidup masya rakat.

Pada dasarnya, Kesehatan Sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi.

Disamping itu, pembelajaran di era jaminan kesehatan nasional (JKN) melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan anggaran banyak terserap untuk membiayai pelayanan kesehatan peserta JKN masih didominasi pada pembiayaan kesehatan di tingkat lanjutan dibandingkan di tingkat dasar. Fakta ini perlu ditindaklanjuti karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara.

Pentingnya perubahan pola hidup masyarakat ke arah yang lebih sehat, mendasari program prioritas Pembangunan Kesehatan pada  dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Penanganan Kesehatan Terhadap Seluruh Elemen Masyarakat Melalui Tema Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.ujarnya.

Sementara Bupati Padang Lawas Utara H.Drs H.Bahrum Harahap Melalui Sekda Paluta H.Burhan Harahap SH Dalam Sambutannya mengatakan bahwa, peringatan Hari Kesehatan Nasional jatuh tanggal 12 November.

Dinas Kesehatan Kabupaten Paluta selalu melaksanakan kegiatan yang berupaya mengikut sertakan seluruh lapisan masyarakatnya.

"Dengan cara yang demikian ini, diharapkan tidak hanya petugas kesehatan yang merasakan keceriaan dan kebahagiannya. Namun, seluruh lapisan masyarakat pun bisa ikut merasakan dan mendapatkan manfaat dari kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan ini," ujarnya.

Ditambahkannya, semua kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan HKN ke-54 Tahun 2018 ini mengacu kepada tema yang diusung yaitu "Aku Cinta Sehat dengan sub tema Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita." pungkasnya.

Setelah Terlaksananya peringatan HKS Melalui Dinaskes Pemda Paluta Menyerahkan Tiga Mobil Puskesmas Untuk Mendorong Lancarnya Penanganan Kesehatan terhadap Masyarakat Kepada Puskesmas Kecamatan Padang Bolak,Puskesmas Kecamatan Padang Bolak Julu Dan Puskesmas Kecamatan Hulu Sihapas.serta Penyerahan Berbagai Hadiah Perlombaan Mulai Dari Lomba Pidato Tingkat Sekolah Dan Berbagai Menu Makanan Bergizi Dalam Memeriahkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2018./// S.Syahnan Harahap

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 17 Desember 2018 | 15:54:42
Kapolda Sumut Siap Bantu Perayaan Natal PWI 2018
Senin, 17 Desember 2018 | 14:48:06
Kapolda Ajak Goweser Ciptakan Pemilu Damai
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:42:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:36:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
BERIKAN KOMENTAR
Top