• Home
  • Sumut
  • Dinas Lingkungan Hidup Paluta Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2018
Sabtu, 1 Desember 2018 | 00:25:23

Dinas Lingkungan Hidup Paluta Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2018

aktualonline.com/Sahnan Harahap
Dinas Lingkungan Hidup Paluta Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2018

aktualonline.com.PALUTA ///Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) memperingati hari lingkungan hidup Sedunia tahun 2018 mengangkat tema: "Kendalikan sampah plastik" sebagai perwujudan komitmen bersama seluruh pihak dalam upaya mengatasi bahaya sampah plastik di Belahan dunia, juga di indonesia khususnya di Kabupaten Paluta.

Acara dihadiri Sekdakab H.Burhan Harahap SH Berbagai Tokoh masyarakat kabupaten Paluta, Pimpinan SKPD,Camat.TNI/Polri sera Utusan beberapa Kepala Sekola,Guru dan Murid Se-kabupaten Paluta yang Di Gelar Di Aula Hotel Mitra Indah Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara Jum'at 30/11/2018

Tema ini mengandung arti motivasi kerja sekuat tenaga untuk atasi sampah, juga kerja yang sistematis dalam mengurangi sampah, mengolah sampah, dan melakukan pengelolaan sampah berkelanjutan melalui kegiatan daur ulang serta upaya bersama kolaborasi semua pihak, pemerintah/pemda, masyarakat dan dunia usaha yang kedepannya semoga Pemkab Paluta dapat mewujudkannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paluta Mara Hamid Harahap dalam sambutannya,menguraikan sumber utama sampah plastik berasal dari kemasan makanan dan minuman, kantong belanja, serta pembungkus barang lainnya. Dari total timbunan sampah plastik, yang telah dilakukan diperkirakan baru 10-15% saja, selain itu 60-70% ditimbun di tempat pembuangan akhir (TPA), dan 15-30% belum terkelola dan terbuang ke lingkungan, terutama ke lingkungan perairan seperti sungai, danau
Disebabkan TPA kita Belum maksimal Penyediaannya.

Dalam pengelolaan sampah plastik berkelanjutan, terdapat beberapa prinsip utama yang harus diterapkan, yaitu melaksanakan re-design kemasan dengan cara mengurangi kemasan atau wadah sekali pakai dan meningkatkan agar dapat diguna ulang atau didaur ulang.

Selain itu, tindakan yang mendesak adalah mengurangi timbunan sampah plastik dan sumbernya dengan cara menghindari dan membatasi penggunaan kemasan, bungkus, dan kantong belanja plastik sekali pakai, memanfaatkan kembali kemasan atau kontainer plastik untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain, kemasan dan wadah plastik yang memang di-design sebenarnya dapat didaur ulang, 

Dari setiap kepemimpinan, setiap elemen kelembagaan dalam masyarakat sehingga timbunan sampah dapat dibatasi sekecil mungkin Semoga Pemda Paluta kedepannya dapat mengatasi dan mendaur ulang menjadikan lowongan kerja bagi masyarakat dalam mengurangi pengangguran. tutup kadis.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta H.Burhan Harahap SH  dalam sambu tannya mengatakan, langkah-langkah persuasif dalam gerakan dengan dukungan masyarakat dan pemda/ pemerintah, penanganan sampah di Indonesia Khususnya Di Kabupaten Paluta melalul bak sampah merupakan modal sosial yang Tentu saja juga telah berkembang ragam inovasi para profesional dunia usaha.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan mengeluarkan regulasi terkait pengelolaan sampah plastik yaitu pengurangan kantong belanja plastik di sektor ritel meliputi toko modern, pusat perbelanjaan dan pasar rakyat. dan pelaku usaha jasa makanan dan minuman (hotel, restoran, dan cafe) serta rencana aksi terpadu penanganan sampah plastik di darat dan Sungai.

Sekda menegaskan melalui momentum hari lingkungan hidup sedunia diharapkan dapat menambah semangat untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan, khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai bagian daripada iman.

Dengan lingkungan yang bersih dari sampah, dapat meningkatkan kenyamanan dalam beribadah, dan perilaku ini agar terus berlanjut hingga menjadi suatu kebiasaan dan budaya,kepada lingkungan sekitarnya, tutupnya.

Dalam memeriahkan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paluta Memberikan beberapa piala terhadap beberapa juara pada berbagai perlombaan ditingkat sekolah mulai dari tingkat PAUD sampai ketingkat Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Padang Lawas Utara yang Diserahkan langsung Sekda dan beberapa kepala dinas serta diakhiri doa bersama///S.Syahputra Harahap

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 17 Desember 2018 | 15:54:42
Kapolda Sumut Siap Bantu Perayaan Natal PWI 2018
Senin, 17 Desember 2018 | 14:48:06
Kapolda Ajak Goweser Ciptakan Pemilu Damai
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:42:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:36:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
BERIKAN KOMENTAR
Top