• Home
  • Sumut
  • Desa Pananggangan I Kecamatan Nainggolan Dinobatkan Jadi Kampung KB
Kamis, 6 Desember 2018 | 00:23:40

Desa Pananggangan I Kecamatan Nainggolan Dinobatkan Jadi Kampung KB

Foto/Ist
Desa Pananggangan I Kecamatan Nainggolan Dinobatkan Jadi Kampung KB

aktual online.com SAMOSIR///Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga mencanangkan Desa Pananggangan I Kecamatan Nainggolan menjadi kampung KB, Selasa (4/12). Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Samosir disaksikan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Desa Pananggangan I.

Kepada warga Desa Pananggangan I, Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga menjelaskan  bahwa pencanangan kampung KB tidak bermaksud untuk membatasi jumlah anak akan tetapi untuk merencanakan jarak kelahiran anak. Dengan menjaga jarak kelahiran, maka anak dan ibu akan lebih sehat.  Tentunya, kebutuhan ekonomis anak juga akan lebih baik, termasuk masalah kesehatan dan pendidikannya. Pola asuh anak berdampak pada masa depan, pola asuh yang baik akan melahirkan generasi-generasi yang pintar , berkualitas, dan mampu bersaing kedepan.

Lebih lanjut dikatakan, dengan dicanangkannya Desa Pananggangan I menjadi kampung KB, maka desa tersebut akan mendapat pendampingan dari Dinas terkait termasuk PKK. Pendampingan dalam hal delapan fungsi keluarga sebagai pedoman dalam rumah tangga dan bentuk bantuan lainnya dari Dinas-dinas terkait. Dengan demikian akan tercipta peningkatan ekonomi masyarakat, tutur Wabup.

Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga secara utuh dan terintegrasi yang diselenggakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Untuk itu Wabup meminta peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk bahu-membahu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kampung KB. Sebagai miniature pelaksanaan program KB, Kampung KB diharapkan dapat memadukan program pembangunan lainnya seperti, pendidikan, kesehatan dan ekonomi lainnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Managam Togatorop mengatakan dengan dicanangkan Desa Pananggang I menjadi kampung KB, maka pencanangan kampung KB sudah selesai di Kabupaten Samosir. Sebanyak 21 Desa telah dicanangkan pada tahun 2018 di Kabupaten Samosir.////ParjoN

 

 

 

Editor : Zul

Wabup Samosir Secara Simbolik Serahkan Bantuan Bibit Jagung Hybrida Pada Koptan

*Juang Sinaga : Tetap Semangat Bekerja Agar Tercipta Masyarakat yang Mandiri,Makmur dan Sejahtera

aktuaalonline.com.SAMOSIR/// Wakil Bupati Juang Sinaga secara simbolik memberikan bantuan bibit jagung hybrid kepada 112 Kelompok Tani (Koptan), Rabu (5/12).Bantuan bibir jagung sebanyak 61.200 KG tersebut bersumber dari dana APBN Kementerian Pertanian RI T.A 2018 diberikan kepada kelompok tani  dilaksanakan di Aula Dinas Pertanian Kec. Parbaba.

Dalam laporannya Kadis Pertanian Erkanus Simbolon menyampaikan Pemberian bantuan Bibit Jagung ini merupakan yang kedua, Sebelumnya telah mendapat Alokasi bantuan pengembangan Budidaya Jagung seluas 4.975 HA.

Adapun pengembangan pembangunan pertanian di Samosir khususnya di bidang tanaman pangan dan holtikultura berupa ;- Pengembangan tanaman Jagung Hibrida seluas 4.975 (TP Provinsi), - Penerapan Budidaya Jagung Hibrida (Benih Pusat) seluas 4.080 HA, - Pengembangan Tanaman padi sawah non Hibrida seluas 1.160 HA, - Pengembangan tanaman padi gogo seluas 1.985 HA, - Pengembangan tanaman kedelai seluas 186 HA, Pengembangan Bawang Merah seluas 50 HA, - Pengembangan Bawang Putih seluas 10 HA.

Sementara Wakil Bupati Juang Sinaga dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya pemberian bantuan yang bersumber dari dana pusat di harapkan kepada para petani agar memanfaatkan dengan baik, terus bekerja agar tercapai masyarakat Samosir yang Makmur, Mandiri, dan Sejahtera.

Dan kepada para ketua kelompok tani agar selalu berkordinasi dengan PPL agar bisa tercapai hasil yang memuaskan dan tidak terkendala dalam meningkatkan hasil produktivitas di bidang pertanian. Tetap semangat bekerja keras semoga Tuhan memberkati dalam melaksanakan peningkatan pertanian di Kabupaten Samosir.///ParjoN

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Senin, 17 Desember 2018 | 15:54:42
Kapolda Sumut Siap Bantu Perayaan Natal PWI 2018
Senin, 17 Desember 2018 | 14:48:06
Kapolda Ajak Goweser Ciptakan Pemilu Damai
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:42:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
Sabtu, 15 Desember 2018 | 00:36:52
Satlantas Polrestabes Medan Bakar 80.495 SIM Kadaluarsa
BERIKAN KOMENTAR
Top