• Home
  • Sumut
  • Pemkab Samosir Tuding Pidato Ketua DPRD Pembohongan Publik
Rabu, 9 Januari 2019 | 22:39:13

Pemkab Samosir Tuding Pidato Ketua DPRD Pembohongan Publik

aktualonline.com/Parjo N
Pemkab Samosir Tuding Pidato Ketua DPRD Pembohongan Publik

aktualonline.com.SAMOSIR///Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Samosir, Rohani Bakkara menuding bahwa pidato Ketua DPRD Samosir, Rismawaty Simarmata telah menimbulkan perdebatan dan kegaduhan di tengah-tengah masyarakat Samosir.

Pasalnya, salah satu isi pidato Ketua DPRD Samosir menyampaikan, pada HUT Samosir yang ke-15, Samosir ibarat gadis yang masih remaja yang ditimpa kebodohan dan kemiskinan. Maka Samosir akan menuju liang lahat.

Dia melanjutkan, pihaknya juga sangat menyesalkan karena pidato tersebut juga menyebutkan bahwa lebih dari seperempat penduduk Samosir memiliki kecerdasan yang lebih rendah dari pada umur 12 tahun di Kota Pematang Siantar. Bahkan, isi pidato tersebut juga mengatakan bahwa dari tahun 2014 ke tahun 2017 jumlah penduduk miskin meningkat sebesar tiga belas persen dan garis kemiskinan meningkat sebesar dua puluh dua persen.

Selain itu juga disampaikan, dari tahun 2015 sebesar 0,4 persen menuju 0,61 persen pada tahun 2017 angka kemiskinan mengalami peningkatan. Atau dengan kata lain indeks keparahan kemiskinan di Kabupaten Samosir meningkat sebesar lima puluh persen.

Padahal, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Samosir ditegaskan, selama dua tahun terakhir yakni tahun 2017 dan tahun 2018 angka kemiskinan di Samosir mengalami penurunan. Dengan rincian sebagai berikut, tahun 2017 angka kemiskinan di Samosir sebesar 14,27 persen dan tahun 2018 angka kemiskinan di Samosir menjadi 13,38 persen. Sehingga dapat disimpulkan, pada tahun 2018 angka kemiskinan di Samosir mengalami penurunan sebesar 1,34 persen.

"Oleh karena itu atas nama Pemkab Samosir, pihaknya membantah dan menuding bahwa pidato Ketua DPRD Samosir merupakan pembohongan publik. Sekaligus perlu diklarifikasi kembali, karena disampaikan pada saat paripurna istimewa HUT Kabupaten Samosir ke-15 di Gedung DPRD Samosir,"katanya kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (9/1).

Hal senada juga dibenarkan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Ir Rudy Harlon Harianja bahwa Ketua DPRD Samosir menyampaikan angka kemiskinan di Samosir mengalami peningkatan. Namun, pihaknya tidak mengetahui sumber data yang dibaca kan tersebut dan bahkan Ketua DPRD Samosir juga tidak pernah menanyakan terkait angka kemiskinan itu kepada BPS Samosir.

Diakuinya, usai mendengar pidato tersebut pihaknya juga langsung menemui Ketua DPRD Samosir untuk meluruskan isi pidato itu. Serta memberikan beberapa jilitan kertas tentang angka kemiskinan di Samosir selama beberapa tahun terakhir.

"Sekali lagi perlu ditegaskan, bahwa angka kemiskinan di Samosir mengalami penurunan sebesar 1,34 persen, yang dibandingkan pada tahun 2017 sebesar 14,72 persen,"kata Kepala BPS Samosir.

Sebelumnya, pada paripurna istimewa HUT Kabupaten Samosir ke-15 di gedung DPRD Samosir, Kecamatan Pangururan Senin (7/1) lalu. Ketua DPRD Samosir, Rismawaty Simarmata membacakan dan menjelaskan data tentang peningkatan angka kemiskinan di Kabupaten Samosir. Yang pada saat itu hadir, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Wakil Bupati, Juang Sinaga, FKPD Samosir, anggota DPRD Samosir, pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, tokoh pemekaran Samosir, LSM dan insan pers serta seluruh tamu undangan yang hadir.///ParjoN

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 17 Januari 2019 | 13:37:12
Museum Negeri Sumut Hampir Capai Taraf International
BERIKAN KOMENTAR
Top