• Home
  • Sumut
  • Wakapolres Pelabuhan Belawan Kunjungi Gereja GKPI dan Bantu 25 Sak Semen
Senin, 21 Januari 2019 | 21:45:30

Wakapolres Pelabuhan Belawan Kunjungi Gereja GKPI dan Bantu 25 Sak Semen

Foto/Ist
Wakapolres Pelabuhan Belawan Kunjungi Gereja GKPI dan Bantu 25 Sak Semen

aktualonline.com.MEDAN ||| Kepala Kepolisian Resor Pelabuhan Belawan Polda Sumut AKBP H.Ikhwan Lubis SH MH melalui Wakapolres Kompol Taryono Raharja SH SIK Menyambangi Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI ) di Maden Lama Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan, Minggu (20/1) sekira pukul 10.00 WIB.

 

Dalam Kunjungannya,Wakapolres memboyong sejumlah penjabat utama Polres Pelabuhan Belawan,diantaranya Kasat Tahti Polres Pelabuhan Belawan Aqnes, Kanit PPA Iptu Sitty Halawa, Iptu J. Sitorus, Iptu  Simon P, Aiptu M. Situngkir, Aiptu F. Sitanggang, Aiptu D Lubis, Ipda D. Simbolon, Brigka P. Simatupang, 

Dalam kunjungannya,Waka Polres dan rombongan turut beribadah bersama masyarakat Umat Kristiani Jemaat GKPI Kelurahan Belawan Bahari.

 

Acara kebaktian di isi dengan Nyanyian Kidung Jemaat, Koor Muda mudi, Koor kaum Ibu-ibu, Koor Kaum Bapak, Petunjuk Hidup Baru, Pengakuan Iman, Berita Gereja/Doa Syafaat, dan Kotbah, dan mengumpulkan persembahan.

 

Adapun Thema yang diambil dalam kebaktian tersebut "Kuasa Allah yang Menghidupkan" Markus 1 : 21 - 28.

 

Pada waktu acara Berita Gereja berlangsung,Wakapolres Polres Pelabuhan Belawan Kompol Taryono Raharja berkesempatan dengan memberikan penyampaian apa maksud dan tujuan kedatangannya ke Gereja GKPI.

 

Wakapolres memperkenalkan diri di hadapan para Jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI).Taryono Raharja memperkenalkan diri dan rombongan tentang maksut dari kunjungannya serta menyampaikan "Pesan-Pesan Kamtibmas yang merupakan program Satgas Nusantara". 

 

Dalam isi materi penyampaiannya,Taryono Raharja berpesan agar para Jemaat Gereja GKPI yang hadir dapat Menetralisir situasi keamanan jelang Pilpres dan Pileg 17 April 2019 mendatang.

 

"Melalui kunjungan kami ini,Atas nama Kapolres Pelabuhan Belawan dan jajaran,saya selaku Wakapolres mengharapkan dukungan dan partisipasi dari Masyarakat untuk selalu bersinergi menjaga situasi Kamtibmas yang Aman,Nyaman dan penuh Toleransi sesama Umat beragama," Ungkap Taryono Raharja.

 

Sambung Taryono Raharja," Kami akan selalu lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dengan salah satunya melalui Mimbar Gereja dan kami akan selalu mencari masyarakat yang hidupnya Sangat Berkesusahan untuk diberikan Bantuan Tali Asih," Terangnya.

Berikutnya," Kami dari Kepolisian Polres Pelabuhan Belawan menghimbau supaya Masyarakat tetap tenang dalam melakukan aktivitas. Apabila ada Informasi mencurigakan mohon di laporkan kepihak berwajib, agar kita cepat mengantisipasi kemudian.Kami juga menghimbau para Jemaat Gereja agar jangan memakai barang yang berlebihan pada saat beribadah," Ucap Taryono Raharja.

Wakapolres berpesan, bahwa zaman Globalisasi ini kita tanpa keluar dari rumah dapat memesan dan melakukan transaksi dengan melalui HP itu dampak Positifnya.Namun,ada juga dampak Negatifnya.Yakni, disaat kita menerima dan kita rasakan berita tersebut adalah Hoax alias tidak sesuai Fakta kejadian.Dan ketika kita mendapat konten-konten berita atau menerima Share dari orang lain,harapan kami dari Kepolisian  agar di saring terlebih dahulu kalau kita ingin men-Sharenya lagi.

Taryono Raharja juga mengharapkan," Baca yang benar sampai tuntas isi berita,awas isi berita berpotensi membuat keributan, Jangan di Share dibuang saja.Isi berita yang memprovokasi menggunakan sistem Adu Domba yang menjurus menimbulkan Ujaran Kebencian.Untuk kasusnya dapat dikenakan sanksi pidana UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) No.11 Tahun 2008 dengan ancaman pidana 5 Tahun Penjara," Jelasnya.

*Wakapolres juga menyampaikan tentang bahaya dari penyalahgunaan Narkoba.

Taryono Raharja mengatakan,Penyebab terjadinya peredaran Narkoba secara Signifikan yaitu ada 3 hal,Pertama Faktor Pribadi,Kedua faktor lingkungan, dan Ketiga Faktor konflik Keluarga dan sosial ekonomi masyarakat.

Untuk itu Taryono Raharja mengingatkan agar anak-anak di berikan kegiatan yang Positip. Yang akhirnya marilah kita saling peduli pada keamanan masing-masing Lingkungannya.Jumlah personil kami dari Polres Pelabuhan Belawan dan jajaran hanya berkisar 605 personil saja,untuk itu tanpa bantuan masyarakat mustahil kami dapat bekerja maksimal dengan pengawasan Wilayah Hukum mencapai 6 (enam) Kecamatan di 2 (dua) Kabupaten/Kota.

Terang Taryono Raharja,bila ada gangguan Kamtibmas,silakan hubungi kami ada hal yang mau di sampaikan kepada kami tentang pelayanan dan kami sangat berterima kasih sekali bisa menyampaikan sedikit pesan tentang Kambtimas jelang pilpres dan Pileg bulan April mendatang.

Dari pantauan Wartawan dilokasi Kebaktian, ada sekitar 200 Jemaat Gereja yang hadir dalam Ibadah Gereja tersebut.

Melihat Kondisi gedung Gereja dalam tahapan pembangunan, Wakapolres memberi bantuan secara Simbolis berupa semen sebanyak 25 Sak yang di terima langsung oleh Pendeta P. Silalahi dan Sekretaris Jemaat Sintua TH Pasaribu.

Usai Kebaktian acara di lanjutkan dengan ramah tamah dan makan bersama sekaligus ucapan rasa terimakasih yang di sampaikan oleh Sintua TH Pasaribu," Sangat berterima kasih atas Atensi Polres Pelabuhan Belawan. Biarlah semua ini rencana Tuhan, kami sangat mengharapkan kembali setelah selesai pemilu kita buat acara penyuluhan Narkoba bagi anak-anak Remaja Gereja ini," Harap Sintua TH Pasaribu

Pada kesempatan yang sama Pdt P Silalahi juga menyampaikan harapannya kepada Polres Pelabuhan Belawan dengan mengatakan," Rasa terima kasih atas bantuan yang telah di berikan bantuan.Semoga Bapak Kapolres dan Wakapolres dan seluruh jajaran semangkin di Cintai masyarakat dan senantiasa di Lindungi Tuhan serta semangkin sukses.Di berikan berkat yang berlimpah. Kami dari Jemaat Gereja GKPI titip salam buat Bapak Kapolres Pelabuhan Belawan," sebut Pendeta P Silalah.

Seluruh rangkaian acara kebaktian Jemaat Gereja GKPI dan di isi dengan penyambutan Wakapolres Pelabuhan Belawan dan rombongan berakhir tepat pada pukul 12.15 Wib.Berikutnya,Wakapolres dan rombongan beserta para Jemaat Gereja diabadikan dengan berfhoto bersama.Situasi  acara berjalan aman, lancar dan penuh Sukacita.||| Samsidar Saragih

 

 

 

Editor : Zul


BERITA LAINNYA
Kamis, 21 Februari 2019 | 11:40:00
Ribuan Nelayan Dilibatkan Bersihkan Laut Belawan
Kamis, 21 Februari 2019 | 00:07:33
Polisi Gerebek Rumah Pengedar Sabu di Medan Labuhan
BERIKAN KOMENTAR
Top